Nyaris DropOut Karena Nunggak SPP, Bernard Wibowo Kini Sukses Berkarya di Dunia Digital

Jumat, 30 Desember 2022 | 08:01

Bernard Wibowo review makanan

HAI-Online.com- Siapa sangka seseorang yang dulu hampir putus sekolah karena sering menunggak bayaran SPP, kini bisa menjadi terkenal.
Yap, sejak bergelut di dunia digital dan membuat konten iseng, nasib seseorang bisa berubah drastis lho.
Pengalaman ini dirasakan juga oleh Bernard Wibowo, seorang selebgram, sekaligus entrepreneur muda di Batam.
Baca Juga: Cuma Pake Tweet, Greta Thunberg Ngebuktiin Betapa Mudahnya Ngerusak Ego Besar Andrew Tate
Sebelum mencapai titik kesuksesannya sekarang, pria yang akrab disapa penggemar sebagai 'Koko' ini dulunya mengaku pernah putus kuliah.
Menjadi selebgram dengan puluhan ribu followers itu adalah kisah yang berbanding terbalik dengan apa yang pernah dialami sewaktu ia masih kecil. Orang tua berpisah hingga harus mengalami kesulitan ekonomi.
Masalah finansial ini berlangsung lama karena Koko Bernard merasakannya sampai kuliah.
Diakuinya, semasa itu ia sempat terputus di tengah jalan karena tidak ada biaya untuk melunasi pembayaran SPP, sehingga pendidikan yang sempat ditempuhnya di STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) mau tidak mau harus ia relakan.
Meski pedih, hal tersebut justru memperkuat mentalnya yang saat itu ia manfaatkan sebagai modal berkarier. Hingga berhasil mengubah hidupnya yang dulu susah, kini banyak disambangi rezeki.
Mulanya, Bernard mengawali karier sebagai selebgram Batam pada 2012. Di waktu bersamaan itu ia juga merupakan karyawan di perusahaan berinisial PT YHS.
“Dulu iseng aja sih. Udah gitu nggak aktif juga karena sibuk kerja. Waktu itu kan Instagram lagi hits, yang penting punya akunnya aja dulu di HP,” ujarnya.
Bukan sekadar menjadi selebgram biasa, Koko Bernard merupakan seorang yang multitalenta. Ia mampu mengelola secara mandiri dua akun Instagram sekaligus. Dengan masing-masing followers sebanyak 126 ribu dan 24 ribu.
Pengikut terbanyak di akun pribadinya yaitu @bernard_huangg, dan satunya lagi khusus untuk konten-konten kuliner di @deliciousbatam.
Selama perjalanan itu, dia bertemu dengan Novi Mingcentia di tahun 2019 yang kimi menjadi pasangan hidupnya. Bersamanya, Bernard dikaruniai dua putri cantik. Menikah tidak menghalanginya menjadi selebriti internet.
Baca Juga: Selain Musisi, Ini Pilihan Profesi Buat Lo yang Mau Kerja di Industri Musik
Ketekunannya menjadi selebgram Batam cukup banyak memberinya kesempatan bertemu dengan orang-orang baru yang inspiratif dan positif. Mulai dari food blogger dan masih banyak lagi content creator lainnya yang terkenal di Instagram.
Bermodalkan 10 tahun pengalaman berkecimpung di dunia digital tersebut, Bernard mulai beralih dari selebgram ke pengusaha. Ia memutuskan menjadi entrepreneur muda Batam dengan mengelola coffee shop pribadinya yang bernama Mr. B Coffee.
Meski baru dibangun sekitar bulan Januari 2022, kafenya itu terus mengalami perkembangan. Namun yang nggak ak kalah penting baginya dari perjalanan ini adalah, kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di dunia digital yang penuh dengan peluang.
“Wah, potensi dunia digital ini luar biasa besar. Tapi harus ditopang dengan kemauan yang besar juga, untuk terus belajar dan tidak berhenti berkarya pastinya,” serunya lagi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya