Bingung Milih Gadget? Simak dan Ikuti Nextren Editorial Choice 2022!

Kamis, 15 Desember 2022 | 16:51
Press Release

nextren Editorial Choice 2022

HAI-ONLINE.COM – Udah penghujung tahun 2022 nih, saatnya buat lo untuk memilih gadget dan teknologi yang pas dan nggak ketinggalan jaman pastinya!

Bingung milihnya? Tenang, lo nggak perlu bingung karena redaksi nextren akan menentukannya dari Nextren Editorial Choice 2022.

Mulai dari smartphone, laptop, alat pembersih udara, sampai ke kendaraan listrik semua diterima redaksi nextren untuk diuji dan dibuatkan konten untuk pembaca maupun penonton setia nextren.

Nggak cuma gadget yang canggih, kali ini nextren juga merambah ke produk untuk end user.

Baik itu dalam bentuk Internet of Things (IoT), perabotan rumah tangga, perangkat keamanan, sampai dengan ke kendaraan listrik.

Baca Juga: Nggak Harus Selebgram, Kamu Juga Bisa Dapat Centang Biru di Akun Instagram!

Untuk itu, berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini redaksi nextren nambahin kategori pilihan untuk memudahkan pembaca dan penonton untuk menyimaknya.

Apa aja sih kategorinya? Simak di bawah ini!

  1. Kategori Laptop
Pada kategori ini, redaksi nextren kedapatan cukup banyak produk laptop dari berbagai macam vendor.

Hal ini disebabkan karena setelah pandemi, pekerja-pekerja ataupun anak sekolah membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan memiliki mobilitas tinggi.

Nggak heran kalo para produsen laptop langsung memberikan banyak variasi dengan laptop yang ditujukan untuk pasar yang beragam

Untuk itu, redaksi nextren memilah-milahnya ke dalam beberapa kategori yaitu untuk kebutuhan bisnis, lalu untuk kebutuhan hybrid yang artinya bisa untuk kerja maupun entertainment, dan untuk kebutuhan gaming yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

  1. Kategori Tablet
Sama kayak laptop, tablet juga cukup naik daun karena pandemi memaksa kita buat bisa kerja dari mana aja.

Namun bukan hanya untuk bekerja, tablet juga bisa digunakan untuk multimedia maupun untuk mengembangkan kreativitas kita untuk berkarya tanpa kerepotan dengan membawa-bawa perangkat komputer.

Itu sebabnya kenapa para pelajar yang masih di bangku sekolah juga sangat menggemari perangkat tablet untuk mendukung proses belajar mereka.

Dalam kategori ini, nextren membagi ke dalam dalam beberapa kriteria yaitu untuk pelajar, tablet yang harganya ekonomis, dan tablet kelas atas yang bisa digunakan untuk multimedia.

Baca Juga: Mirip Mini Laptop, Ngedit Konten Pakai Galaxy Z Fold4 5G Jadi Lebih Nyaman dan Fleksible

  1. Kategori IoT
Kalau tahun lalu, kategori ini berdiri sendiri. Namun, kali ini kategori ini terbagi dalam 3 bagian, yaitu Wearables, Smarthome, dan TWS.

Mengingat semakin mainstream-nya wearables dalam bentuk smart watch maupun smart band, maka kategori ini akan berisi produk wearables yang terbagi dalam kriteria fitur yang lengkap dan wearables yang memiliki desain keren.

Kemudian ada TWS yang juga semakin banyak menggantikan earphone berkabel maupun headset berkabel. Untuk kategori TWS ada kriteria yang dilihat dari performanya yang mantap, lalu dilihat dari desainnya yang keren dan ringan, lalu juga dilihat dari segi harganya yang ekonomis.

Terakhir pada kategori ini adalah kategori smarthome. Seiring dengan semakin banyaknya produk-produk untuk rumah yang berbasis teknologi maka dari itu redaksi nextren akan memilih berdasarkan kriteria keamanan, produk untuk isi rumah (home), dan perabotan rumah tangga (appliances).

  1. Kategori Aksesoris
Kebutuhan masyarakat akan aksesoris juga tentunya meningkat seiring naiknya permintaan gadget.

Untuk itu, redaksi nextren membagi kategori ini dalam beberapa kriteria, yaitu drone yang sudah menjadi hobi sekaligus melengkapi pembuatan konten. Kemudian ada gimbal yang sangat membantu proses pembuatan video dan foto dengan gadget.

  1. Kategori Smartphone
Kategori ini nggak mungkin dilupakan, karena kebanyakan dari produk-produk gadget masih mendominasi pasar.

Redaksi nextren membagi kategori ini ke dalam beberapa kriteria yang cukup beragam dibanding yang lain.

Mulai dari kriteria hape 5G yang digadang-gadang sebagai konektivitas masa depan, lalu ada kriteria yang mengusung hasil video yang mantap, kemudian ada kriteria yang mengedepankan sisi perangkat lunaknya (software Operating System) dalam antar muka, lalu kriteria ketahanan baterai yang awet, hasil kamera dengan foto yang keren, kriteria flagship yang menjadi andalan masing-masing merek, dari segi harga yang ekonomis, di kriteria kelas menengah, dan hape dengan spesifikasi gaming yang mantap.

  1. Kategori Special Mention
Untuk kategori ini, kita akan memilih produk-produk yang pernah direview oleh nextren yang mungkin tidak mendapatkan tempat di kategori-kategori di atas.

Meski demikian, kategori ini diangkap penting karena merupakan bagian dari masa depan dalam dunia teknologi.

  1. Kategori Pilihan MakeMac
Karena MakeMacjuga merupakan bagian dari redaksi nextren, redaksi MakeMac juga ingin menyampaikan beberapa produk dari Apple dan pendukung pihak ketiganya yang terpilih sebagai produk pilihan MakeMac tahun ini.

Baik itu dari iPhone flagship tahun ini, iPhone dengan best value tahun ini, iPad, Macbook, TWS, sampai dengan aksesoris untuk iPhone maupun MacBook.

Harapan dari Redaksi nextren

Dengan terpilihnya produk-produk ini, redaksi berharap dapat membantu pembaca dan penonton nextren untuk menentukan pilihannya dalam memilih gadget.

Dengan pemilihan dan seleksi yang pastinya nggak sembarangan, ada perumusan dan standar penilaian sendiri yang mereka gunakan untuk menentukan produk terpilih.

“Meskipun masih ada faktor subyektivitas yang menentukan. Khususnya subyektivitas dari mata pengguna (end user). Karena menurut kami, angka besar namun jika tidak mengacu ke kegunaan bagi si pengguna maka angka tersebut tidaklah relevan,” ujar redaksi nextren dalam rilisan persnya.

“Secara garis besar, ada dua hal yang menentukan pilihan redaksi. Yaitu, produk tersebut pernah direview oleh redaksi nextren. Sehingga jika ada produk yang tidak pernah kami review, maka produk tersebut dengan berat hati tidak bisa masuk dalam pilihan.” imbuhnya.

Kemudian ketentuan terakhir adalah produk tersebut masih dapat dibeli di tahun 2022 ini. Sehingga produk-produk yang sudah discontinued ataupun ghoib di pasaran maka nggak akan bisa masuk dalam pemilihan.

Penasaran siapa aja yang terpilih dari masing-masing kategori? Nantikan pengumumannya secara live lewat Chat Tech nextren di Instagram, Facebook, maupun YouTube nextren mulai dari tanggal 19 sampai 23 Desember 2022.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya