Viral Tweet Risiko Buang Ingus Terlalu Keras, Emang Bener Bahaya?

Sabtu, 19 November 2022 | 18:05
Flickr

Risiko membuang ingus terlalu keras

HAI-ONLINE.COM -Sebuah utas yang membagikan soal risiko dan bahaya membuang ingus terlalu keras viral di media sosial Twitter, emang bener bahaya ya?

Cuitan ini ditulis oleh akun @Lqrqs pada Kamis (17/11/2022) pagi.

"Guys hati2 kalo lagi flu dan hidung mampet, jgn dipaksa blowing your nose ya. Bakteri dan virusnya bisa nyebar ke kuping trs radang dan infeksi," tulisnya.

Baca Juga: Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Ini Penyebab Hidung Keluarkan Ingus Saat Makan Pedas

Sampai dilarikan ke UGD!

Ia juga menceritakan pengalaman keluarganya yang harus dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) karena pada dini hari mengeluhkan telinganya yang sakit.

Saat diperiksa, dokter mengatakan bahwa gendang telinga tersebut berwarna merah khas radang yang diikuti dengan adanya cairan menyerupai dahak.

Beberapa warga Twitter pun turut berkomentar dan sebagian dari mereka baru ngeh soal bahaya mengeluarkan ingus dengan paksa. Dan ada juga yangmengaku pernah mengalami pengalaman serupa.

"Beberapa waktu lalu, ingusku nyumbat telinga sampe literally budeg. Alhasil dibawa ke THT dan disedot tuh ingus pake selang dr gendang telinga (disobek). Jadi kalo pilek emang harus dikeluarin ingusnya. Jgn dibiasain disedot2," balas salah satu netizen.

Penjelasan dokter

Dilansir dari Kompas.com,Dokter spesialis THT di RSCM Brawijaya Hospital Antasari Natasha Supartono membenarkan bahwa mengeluarkan ingus terlalu keras bisa berbahaya.

"Ya, membuang ingus terlalu keras dapat memberikan beberapa dampak negatif," ujar Natasha.

Terdapat beberapa risiko berbahaya yang bisa terjadi saat seseorang memaksa ingus keluar dengan paksa atau terlalu keras.

Baca Juga: Nggak Cuman Asal Panjangin Brewok, No-Shave November Juga Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Cowok!

"Mimisan atau perdarahan akibat mengeluarkan ingus terlalu keras bisa terjadi di hidung karena tekanan yang terlalu kuat.Kemudian, infeksi pada telinga bisa terjadi karena virus atau bakteri yang ada di hidung bisa kemungkinan berpindah ke telinga tengah menyebabkan infeksi telinga.

Sementara kerusakan pada gendang telinga umumnya dikarenakan adanya tekanan yang terlalu kuat sehingga mempengaruhi tekanan di telinga tengah dan menyebabkan cedera.

Wah, ngeri juga ya sob! Setelah tahu risikonya, kita harus lebih hati-hati lagi ya kalo mau buang ingus! Plus buang di tempatnya ya, jangan di tempat umum!

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya