3 Alasan Kenapa Potong Rambut di Barbershop Lebih Mahal Dibanding Tukang Cukur Biasa!

Senin, 31 Oktober 2022 | 16:05
Jimmy Rod's Barbershop

Alasan kenapa potong rambut di barbershop mahal

HAI-ONLINE.COM – Sebagian dari lo pasti penasaran kenapa potong rambut di barbershop itu lebih mahal daripada tukang pangkas biasa?

Yap, kalo dibandingin sama tempat pangkas rambut “biasa”, tentu harga jasa di barbershop lebih mahal, tapi kita kayaknya harus setuju kalo itu sebenernya sebanding dengan apa yang lo terima.

Terkadang, di kota besar biaya yang bisa lo keluarin buat sekali potong rambut di barbershop merogoh kocek sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000an ke atas.

Sedangkan kalo lo datang ke tukang cukur biasa cuma sekitar Rp 35.000an.

Baca Juga: Aneh Banget! Elon Musk Bikin Parfum dengan Aroma Rambut Terbakar!

Dilansir melalui Kompas, ternyata hal itu nggak cuma terjadi di Indonesia sob, di luar negeri pun begitu.

Dikutip melalui Byrdie, ada beberapa alasan yang bikin harga potong rambut di barbershop bisa lebih mahal disbanding tempat cukur biasa.

Kapster yang Berpengalaman

Biasanya, tukang cukur di barbershop itu mempekerjakan para kepster yang nggak asal-asalan.

Bahkan di sejumlah negara ada persyaratan pendidikan atau pelatihan tertentu untuk bisa mengisi posisi pekerjaan sebagai kapster tersebut.

Nah, dalam menempuh pendidikan itu pun waktunya nggak sebentar lho.

Di beberapa negara ada yang membutuhkan waktu tempuh pendidikan selama 15 bulan, untuk belajar serba-serbi tata rias dan potongan rambut.

Ada juga yang mengharuskan si kapster untuk terus memperbaharui lisensi atau sertifikat mereka.

So, dari sana lo bisa paham kalo itu semua butuh biaya yang nggak sedikit untuk mempertahankan kualitas jasa yang mereka kasih buat lo.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Rambut Lo Rontok! Salah Satunya Karna Sering Keramas!

Tempat dan Konsep

Kalo lo perhatiin, sebagian besar barbershop itu punya tempat yang nyaman dengan beragam konsep menarik.

Balik lagi, itu semua butuh biaya. Jadi pemilik barbershop nggak cuma mikirin gaji pegawainya aja, tapi juga mikirin untuk maintenancedan sewa tempat mereka agar para customer selalu merasa lengkap dan nyaman.

Alat Pangkas yang Nggak Murah!

Salah satu alasan lainnya adalah karena mereka di barbershop itu menggunakan alat-alat pangkas rambut khusus, yang bahkan punya standar tertentu.

Alat-alat tersebut biasanya termasuk mesin cukur, gunting rambut, piasu rambut, sisir, sikat khusus dan aksesoris lainnya.

Berdasarkan hasil wawancara Kompas bersama seorang kapster di barbershop bilangan Jakarta, ia menyatakan kalo sebuah gunting rambut berukuran kecil aja harganya bisa mencapai Rp 15 juta.

“Satu gunting ini Rp 15 juta, fungsinya ya cuma buat ngasih tekstur pada rambut. Kalo rambut digunting sama ini hasilnya juga nggak kayak pake gunting biasa,” jelas seorang kapster yang enggan disebutkan namanya itu.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Gondrong Versi Virzha: Anti Mahal dan Anti Ribet!

Yap, demi mempertahankan kualitas, para owner dari barbershop itu kadang total banget berinvestasi dengan alat mereka yang harganya nggak main-main!

So, lo timpotongrambut di mana nih? Barbershop atau tukang pangkas biasa?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya