Album Nimrod Bagi Billie Joe Armstrong: Proses Belajar untuk Berhenti Peduli dengan Aturan Punk Rock!

Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:05
NME

Album Nimrod bagi Billie Joe Armstrong

HAI-ONLINE.COM - Album Nimrod yang dirilispada 14 Oktober 1997sebenernya adalah bentuk dari bagaimana Billie Joe Armstrong belajar untuk berhenti peduli dengan aturan punk rock yang ada.

Baru-baru ini, Green Day merilis sebuah box set untuk merayakaan 25 tahun album Nimrod, yang diisi dengan koleksi demo,live setyang direkam di Electric Factory, Philadelphia.

Waktu Armstrong nulis Good Riddance (Time of Your Life) pada 1993, ia nggak tau apa yang harus dilakukan dengan itu.

Baca Juga: Populer di Awal 2000an, Ini Dia Rekomendasi Lagu Rock dari J-Rocks: Mesti Banget Lo Ulik, Kalo Sanggup

Lagu itu sendiri berasal dari pesta yang berlangsung di rumah Berkely, seorang cowok "aneh" dengan kuncir kuda dan gitar akustik menurut deskripsi Armstrong kepada Rolling Stone, dan itu tentu dirasa nggak cocok olehnya dengan musik yang dibuat Green Day.

FYI, pada waktu itu, Green Day juga masih dalam penggarapan album Dookie.

Waktu mereka tiba di waktu penggarapan album kelima Nimrod di tahun 1997 itu, mereka ngerasain perasaan yang beda.

Legenda punk rock asal Amerika itu ngerasa siap untuk nyoba bikin sesuatu yang baru, dengan mengambil beberapa risiko dan keluar jauh dari zona nyaman mereka.

"Gue pikir orang-orang mungkin bakal benci banget, bakal nggak suka," Armstrong mengakuinya baru-baru ini dikutip dari Loudersound.

Nimrod mungkin bukanlah eksplorasi paling sukses atau ikonik dari Green Day, tapi itu bisa dibilang yang paling penting.

Baca Juga: Rayakan Anniversary ke-25 Album Nimrod, Green Day Luncurkan Lagu yang Belum Pernah Dirilis!

Popularitas mereka mungkin sedikit menurun saat album Warning (2000), tetapi Nimrod ngasih mereka dasar yang mereka butuhkan untuk terus maju dan nyoba apa aja, termasuk opera rock dan musikal Broadway.

"Kalo sekarang gue lihat ke belakang, pada Nimrod dan Warning, kita kayaknya ngedorong diri kita ke arah yang beda," jelas Armstrong baru-baru ini kepada NME.

Loudersound

Album kelima Green Day, Nimrod

"Tanpa itu semua, sebenernya nggak bakal ada American Idiot atau 21st Century Breakdown. Ini tentang mencoba untuk ngedorong diri ke hal-hal yang baru setiap saat," tambahnya.

Nimrod emang nggak sesuksed Dookie, tapi karya mereka itu terjual lebih banyak daripada Insomniac, dan Good Riddance (Time of Your Life) sukses menjadi hit di seluruh dunia.

Lebih penting lagi, bagi Armstrong hal itu menjadi dasar bagi Green Day untuk menjelajahi jalan baru yang bergerak maju, serta sebagai proses belajar untuk berhenti peduli terhadap peraturan punk rock yang ada.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya