Universitas Katolik Parahyangan Buka Beasiswa Tanpa Tes Buat Maba 2023! Ini Syaratnya

Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:00
UNPAR

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) buka beasiswa tanpa tes buat mahasiswa baru di 2023.

HAI-Online.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung buka beasiswa tanpa tes buat calon maba 2023 lewat seleksi program Penelusuran dan Kemampuan (PMDK).

Di program PMDK ini, calon mahasiswa bisa dapat beasiswa hingga 50 persen biaya awal masuk kuliah di Unpar.

Buat lo yang tertarik lanjutin pendidikan di Unpar, lo masih bisa daftar, karena pendaftarannya masih dibuka sampai 11 November 2022.

Melansir dari laman Unpar lewat Kompas.com, calon mahasiswa yang lolos seleksi PMDK bakal dapat beasiswa sampai 50 persen biaya awal masuk kuliah.

Biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya SKS (Satuan Kredit Semester), dan sumbangan solidaritas.

Syarat daftar beasiswa PMDK Unpar

Program seleksi PMDK Unpar tahun akademik 2023/2024 dilakukan online, lo harus isi atau melengkapi formulir isian di laman pmb.unpar.ac.id.

Seleksi PMDK ini ditujukan buat siswa/I kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia tahun ajaran 2022/2023.

Baca Juga: Unpar Buka Pendaftaran KIP Kuliah Buat Maba 2022, Bebas Biaya Sampai Lulus

Di jalur seleksi lain peserta bisa pilih sampai 3 pilihan prodi, tapi di seleksi PMDK, peserta cuman bisa pilih 1 prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang ada di Unpar.

Selain itu, pendaftaran PMDK cuman bisa satu kali.

Nah, kalo lo mau daftar, syaratnya berikut ini:

  1. Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai kelas XI (nilai teori dan praktik) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
  2. Jika terdapat 2 nilai (Nilai Wajib dan Peminatan) dalam satu Mata pelajaran, hanya diinput nilai Mata Pelajaran Wajib
Bagi lo yang bakal pilih prodi berikut, jangan lupa perhatikan syarat khusus nya ya.

  • Prodi Arsitektur: mengirimkan hasil gambar sesuai petunjuk soal dan ketentuan.
  • Prodi Teknik Kimia: Tidak Buta Warna (dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata).
  • Prodi Hubungan Internasional: Untuk setiap uraian/motivasi/testimoni ditulis dalam Bahasa Inggris.
Berkas yang harus lo siapin buat daftar PMDK Unpar

Kelengkapan berkas pendaftaran yang harus lo unggah meliputi:

  1. Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah; legalisir rapor yang di-upload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput peserta
  2. Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa yang bersangkutan benar siswa SMA kelas XII (kelas 3 (tiga) SMA) pada tahun akademik 2021/2022 dan menyatakan jurusan SMA yang bersangkutan.
  3. Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, saat daftar ulang harus sudah punya penyetaraan Ijazah (setara SMA)
  4. Untuk siswa berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas 1 hingga kelas 3.
  5. Uraian/Motivasi (motivation letter) “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
  6. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke Program Studi Teknik Kimia.
  7. Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur) dan hasil penulisan paper sesuai ketentuan yang diberikan.
Baca Juga: 17 Tahun Berlalu Akhirnya Reuni, Ini Alasan Tom DeLonge Dulu Keluar dari blink-182: Gue Mau Mengubah Dunia

Program seleksi PMDK ini calon mahasiswa nggak dipungut biaya pendaftaran.

Buat lo para siswa yang mau daftar, lo cuman perlu ikuti ketentuan yang berlaku sesuai yang tertera di laman pmb.unpar.ac.id. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya