Universitas Airlangga (Unair) - Sumber Ilmu Pengetahuan di Surabaya

Minggu, 01 Maret 2015 | 04:40
Hai Online

Universitas Airlangga Unair Sumber Ilmu Pengetahuan di Surabaya

Sejarah Universitas Airlangga memang panjang, namun berkat perjalanan itu kampus berlogo burung Garuda tunggangan Wisnu sedang membawa guci berisi air "Amrta" ini membuat Unair disebut sebagai sumber ilmu pengetahuan di kota Pahlawan, Surabaya.

Sejarah Universitas Airlangga berawal dari cikal-bakal lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT), masing-masing didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1913 dan 1928. Setelah masa pergolakan kemerdekaan sempat terganggu kelancarannya, namun pada 1948 pemerintah pendudukan Belanda mendirikan Tandheelkunding Instituut yang merupakan cabang Universiteit van Indonesie Jakarta dan membuka kembali NIAS dengan nama Faculteit der Geneeskunde yang juga sebagai cabang Universiteit van Indonesie Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia baru resmi membuka Universitas Airlangga Surabaya yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia (1954). NamaAirlanggadiambil dari nama raja yang memerintah Jawa Timur pada 1019 hingga tahun 1042 yaituRakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewaatau dikenal dengan nama Prabu Airlangga.

Simbol Universitas Airlangga adalah burung Garuda tunggangan Wisnu yang membawa guci berisikan air "Amrta" yakni air kehidupan abadi. Simbol ini melambangkan Universitas Airlangga sebagai sumber ilmu yang senantiasa kekal.

Bendera Universitas Airlangga berwarna kuning dan biru. Warna kuning melambangkan keagungan, biru melambangkan ksatria dan jiwa yang mendalam. Warna-warna itu diambil dari warna selubung yang menutupi patung Wisnu pada upacara pendirian Universitas Airlangga oleh Presiden Pertama Republik Indonesia pada tanggal 10 Nopember 1954.

Resmi di Hari Pahlawan

Peresmian Universitas Airlangga dilakukan oleh Presiden RI pertama, Dr. Ir. Soekarno, yang bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan yang ke-9, tanggal 10 November 1954. Secara legal pendiriannya ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah No. 57/1954.

Pada saat diresmikan Universitas Airlangga terdiri atas lima fakultas, yaitu :1. Fakultas Kedokteran

2. Fakultas Kedokteran Gigi yang semula merupakan cabang dari Universitas Indonesia;

3. Fakultas Hukum, yang semula merupakan cabang dari Universitas Gadjah Mada;

4. Fakultas Sastra, yang berkedudukan di Denpasar, yang pada tahun 1962 fakultas ini memisahkan diri dari Universitas Airlangga untuk menjadi bagian dari Universitas Udayana;

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang berkedudukan di Malang, dan pada tahun 1963 memisahkan diri dari Universitas Airlangga menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Malang, yang sekarang telah berubah menjadi Universitas Negeri Malang (UM).

Sejak didirikan, Universitas Airlangga terus berkembang dengan melahirkan beberapa fakultas baru. Sehingga total ada 13 fakultas di Unair antara lain :1. Fakultas Kedokteran (FK)

2.Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

3. Fakultas Hukum (FH)

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

5. Fakultas Farmasi (FF)

6. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)

7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

8. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)

9. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

10. Fakultas Psikologi (FPsi)

11. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

12. Fakultas Keperawatan (FKP)

13. Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK)

Lokasi Kampus Unair

Dengan 13 fakultas tersebut di atas ditamnbah program pascasarjana, kampus Unair pun tersebar menajdi tiga bagian di Surabaya, serta dua kampus di daerah lainnya :

Kampus Adi Jalan Prof. Dr. Moestopo 47. Di kampus ini terdapat Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

Kampus Bdi Jalan Dharmawangsa Dalam 4-6. Di kampus ini terdapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Program Pascasarjana.

Kampus Cdi Mulyorejo, Surabaya Timur. Di kampus ini terdapat Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Keperawatan (FKp), dan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK)

Kampus Banyuwangi, kampus PDD (Pendidikan Di luar Domisili) yang bertempat sementara di Gedung SMAN 1 Giri, Banyuwangimulai 2014. Di Kampus ini terdapat 4 program studi, yakni S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kedokteran Hewan, S1 Budidaya Perairan dan S1 Akuntansi.

Kampus Jakartaterletak di Graha STR Kemang, Jakarta Selatan ini khusus dibuka untuk Program Studi Magister Hukum, Magister Kenotariatan serta Sains Hukum dan Pembangunan.

Alamat korespondensi:

Kantor Manajemen Universitas AirlanggaKampus C Mulyorejo, Surabaya - 60115, IndonesiaTelp. 031-5914042, 5914043, 5912546, 5912564, 5915551Fax. 031-5981841, 5939934e-mail : sekretaris_ua@unair.ac.id

Editor : Hai

Baca Lainnya