Program Pre-University UI Dibuka! Cocok Buat Pelajar SMA yang Kepo Rasanya Kuliah di UI!

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:05
Kompas.com

Universitas Indonesia (UI)

HAI-Online.com - Universitas Indonesia (UI) resmi buat program Pre-University (Pre-U) 2022 untuk siswa SMA/SMK, lulusan SMA yang lagi gap year mahasiswa S1-S2.

Adapun program Pre-U UI ini tujuannya agar peserta lebih paham prodi yang bakal dipilih nanti ketika kuliah di UI.

Caranya, lo tinggal ikut kuliah online untuk Mata Kuliah (MK) yang dipilih waktu Pre-U dan dapat credit earning atau SKS.

SKS ini bisa jadi tabungan lo di program Pre-U, sehingga ketika lo diterima di UI, lo nggak perlu ambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U.

Tapi dengan catatan ya, program ini cuman bisa di credit earning-kan pada jenjang siswa sekolah seperti SMA/SMK dan lulusan S1.

Direktur CIL UI, F. Astha Ekadiyanto menjelaskan, peserta program Pre-U bisa ikut kegiatan perkuliahan online lewat Center For Independent Learning (CIL) UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya.

"Sejak program Pre-U dibuka, respon calon peserta sangat antusias dengan adanya program Pre-U ini. Total sekitar 800 peserta yang saat ini sedang mengikuti program tersebut,” ujar Astha dilansir dari Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Mahasiswa FIK UI Bikin Permen Canggih untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Cara daftar program Pre-University UI

Astha menambahkan, pendaftaran Pre-U UI dibuka tergantung dari mata kuliah yang ditawarkan dan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik.

Peserta Pre-U yang sudah mengumpulkan mikro-kredensialnya hingga maksimal 3 tahun dapat mengikuti seleksi masuk UI ke program studi yang diminati.

Ketika diterima jadi mahasiswa UI, maka lo bakal memperoleh pengakuan atas mikro-kredensialnya lewat sistem credit earning/Satuan Kredit Semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya.

“Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan peserta program Pre-U sehingga saat diterima berkuliah di UI nggak perlu mengambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U. Misalnya, peserta mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dari Fakultas Psikologi dengan bobot SKS 3,” terangnya.

“Mata kuliah Pre-U yang ditawarkan melalui CIL UI bakal terus bertambah, sehingga total SKS yang ditabung mencapai hingga 50 persen dari total SKS yang yang menjadi syarat kelulusan program studinya,” ujarnya.

Tata cara ikut Pre-U Program University, yakni:

  1. Calon peserta mengunjungi website CIL untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre- U melalui laman https://cil.ui.ac.id/
  2. Pada website CIL, calon peserta bisa mendapatkan informasi berupa daftar mata kuliah yang tersedia sebagai mata kuliah Pre-U (Mata Kuliah Pre-U diawali dengan kata Pre-U sebelum judul mata kuliah) https://cil.ui.ac.id/marketplace/
  3. Calon peserta mengunduh dan mengisi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U yang terdapat di tajuk/headline website CIL (Surat tersebut hanya bisa ditujukan untuk program Pre-U).
  4. Calon peserta mendaftar di website ILISt dengan cara klik tombol daftar di sebelah tombol “Download surat penyelenggaraan Pre-U”.
  5. Pada saat calon peserta mengklik tombol daftar, calon peserta akan memasuki website CIL https://cil.ui.ac.id/marketplace/login kemudian, lakukan pembuatan akun ILISt dengan ‘Daftar Sebagai Mahasiswa Non-UI’.
  6. Calon peserta mengisikan nama, alamat email, password, nama Universitas/PT (untuk nama universitas/PT mohon untuk memilih _Umum_(Non- Mahasiswa)) dan klik buat akun.
  7. Setelah membuat akun, calon peserta bisa langsung melakukan login dengan akun yang telah dibuat.
  8. Untuk melakukan pendaftaran program Pre-U, calon peserta perlu mengisikan info profil terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendaftar sebagai peserta dari program Pre-U.
  9. Setelah calon peserta mengisikan info profil, klik program MBKM UI yang terdapat pada sebelah kiri, kemudian klik pada menu bagian ‘Pertukaran Mahasiswa’ untuk melakukan pendaftaran Mata Kuliah Pre-U.
Pada saat pendaftaran Mata Kuliah Pre-U, dimohon untuk mengunggah berkas pendaftaran Pre-U yang sebelumnya sudah diisi lalu klik kirim berkas pendaftaran.

Jika peserta sudah melakukan pendaftaran sebagai peserta Mata Kuliah Pre-U, CIL UI akan memberikan akun idols.ui.ac.id sebagai kelas pembelajaran Pre-U.

Informasi selengkapnya tentang program Pre-U bisa lo lihat di website CIL pada tautan cil.ui.ac.id.

Kira-kira lo tertarik nggak? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya