Simak 5 Tips Cepat Dapat Kerja buat Fresh Graduate, Salah Satunya Jangan Terlalu Selektif!

Kamis, 15 September 2022 | 19:45
iStockphoto

Ilustrasi mencari kerja

HAI-Online.com - Baru lulus dan lagi cari kerja? Nah, kali ini Dosen Fakultas Hukum UM Surabaya, Samsul Arifin kasih tips agar cepat dapat kerja buat fresh graduate.

Menurut Ari, ada 5 tips agar cepat dapat kerja khususnya buat fresh graduate. Simak kelima tipsnya berikut ini:

Pertama, membangun dan memperbanyak relasi. Semakin banyak relasi, bakal muncul komunikasi di dalamnya yang membahas terkait kegiatan.

“Kondisi seperti ini akan lebih memungkinkan seseorang untuk mendapat banyak informasi dari pada sekadar membaca lowongan pekerjaan di koran atau di berita,” tuturnya dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (15/9/2022).

Kedua, kenali kemampuan diri lo. Setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Potensi menjadi energi yang tersimpan, tinggal bagaimana mahasiswanya dapat mengasah dan mengubahnya jadi kemampuan diri.

Ketiga, jangan terlalu selektif. Nggak sedikit para fresh graduate terjebak dalam kondisi stagnasi karena menunggu pekerjaan yang mereka impikan.

Baca Juga: Jangan Ketipu, Berikut 7 Ciri Lowongan Palsu Buat Fresh Graduate!

“Apapun itu, ambilah, selain menambah wawasan dan pengetahuan baru, paling nggak menjaga pengetahuan dan kemampuan agar tetap terasah dan nggak tumpul,” ujarnya.

Keempat, jangan gampang tergoda sama hal yang instan.

Kondisi seperti ini diperparah dengan semakin banyaknya anak muda yang membagi kesuksesannya di media sosial, dan mendorong anak muda lainnya untuk mencapai kesuksesan secepat dan sedini mungkin.

Yang kelima, nggak ada istilah gagal. Pengetahuan dan mentalitas seseorang itu punya pengaruh besar terhadap kehidupan.

“Yang harus dibangun adalah mindset bahwa proses jatuh bangun yang dihadapi adalah suatu kenikmatan dan mau atau nggak harus dihadapi,” pungkasnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya