Nggak Menyerah! Juan Lexie, Pelajar SMA Anak Tukang Becak Akhirnya Meraih Medali Karate di O2SN 2022

Selasa, 13 September 2022 | 12:34
Juanlexsi

Nggak Menyerah! Juan Lexie, Pelajar SMA Anak Tukang Becak Akhirnya Meraih Medali Karate di O2SN 2022

HAI-Online.com- Pelajar itu pernah gagal namun ia tak berhenti dan selalu mencoba lagi hingga meraih apa yang diimpikannya.

Yap, adalah seorang Juan Lexsie, pelajar SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara yang resmi menjadi pemenang ajang talenta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA yang dihelat pada Kamis (8/9/2022).

Juan Lexsie diumumkan sebagai peraih medali Perunggu cabang olahraga (cabor) Karatekategori putra.

Perasaan haru menyelimuti Juan karena ia sebelumnya mengikuti O2SN tahun 2020 dan 2021 namun belum berkesempatan meraih medali.

Baca Juga: Dilanda Covid-19, Ribuan Pelajar di Hong Kong Mundur dari Sekolah karena Pembatasan
Kegagalan yang dialaminya di O2SN tahun 2020 dan 2021 sempat membuat siswa asal Medan ini ingin menyerah dan menitikkan air mata.

Namun, karena dukungan kedua orangtua dan pelatihnya, Juan terus tidak menyerah dan memilih untuk melanjutkan perjuangannya hingga akhirnya bisa mencapai salah satu mimpinya yaitu menjadi juara di ajang talenta O2SN.

“Mama selalu menguatkan dan bilangtidak apa-apa kita coba lagi, kita buktikan pemain kata dari Sumatera Utara bisa juara,” ujar Juan seperti dikutip dari laman resmi Pusprenas.

Motivasi yang diberikan oleh orangtuanya setiap hari, membuat Juan membulatkan tekad untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi.

Ia juga tidak mau ayahnya yang bekerja sebagai tukang becak dan ibunya bekerja sebagai petugas kebersihan direndahkan oleh orang lain.

Diketahui bahwa ayah Juan telah bekerja sebagai tukang becak sejak ia masih duduk di bangku kelas 6 SD. Penghasilan yang diperoleh ayahnya itu pun tidak tetap, namun masih mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dibantu belikan baju karate oleh teman ibu

Prestasi Juan di ajang O2SN merupakan hasil kerja keras latihan yang dilakukannya sejak duduk di bangku kelas 4 SD.

Awal kecintaannya pada Karate, dimulai dari Ibunya yang menyarankan Juan dan adiknya untuk mengikuti Perguruan Shindoka di Tembung untuk mengisi waktu luang.

Pada awalnya mereka tidak langsung bisa berlatih karena keadaan ekonomi yang kurang mampu.

Namun, teman Ibunya dengan baik hati membayarkan dan membelikan mereka baju karate. Sejak saat itu, mereka sangat rutin berlatih.

Berbagai kendala kerap datang menghampiri Juan, salah satunya ia sempat mengalami kecelakaan saat pulang dari sekolahyang menyebabkan mata kakinya bergeser sebelum kompetisi pada tahun 2018.

Hal tersebut membuat Juan tidak bisa mengikuti latihan dan pertandingan selama sebulan. Selama persiapan O2SNtahun 2022 pun terdapat kendala yang datang mulai dari terkilir dan kelelahan.

Baca Juga: Menurut Survei, Masih Banyak Anak Muda yang Belum TahuTentang Penyakit TBC
Saat pembuatan video pun, Juan harus mengulang rekaman video berkali-kali karena bisingnya suara kereta yang berada di dekat tempat pembuatan video.

Perjuangannya selama beberapa tahun akhirnya membuahkan hasil. Juan berhasil memperoleh medali perunggu di lomba yang telah diikutinya sejak kelas 10.

Siswa kelas 12 ini menangis dan digandeng oleh Kepala Sekolahnya saat pengumuman juara. Ia sangat tidak menyangka bisa meraih juara di tahun ini.

Raihan prestasi Juan

Tidak berhenti di sini, siswa yang memiliki hobi berenang dan bernyanyi ini akan terus berlatih untuk bisa mewakili Indonesia di ajang karate dunia.

Juan bilang, Ia sangat ingin membanggakan Indonesia di ajang Internasional.

Ke depannya, siswa yang menjadi ketua OSIS ini ingin mengambil Jurusan Olahraga agar bisa bekerja di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) atau membuka sebuah klub Olahraga.

Selain memperoleh juara di ajang talenta O2SN, Juan juga pernah berhasil meraih prestasi di berbagai ajang lain di antaranya: Juara 1 KOSN Tingkat Provinsi tahun 2020; Juara 1 Kejuaraan UNHAN RI-Multisport Championship tahun 2021; Juara 2 Virtual Kejuaraan Shindoka Jawa Barat tahun 2021; Juara 1 KOSN Tingkat Provinsi tahun 2021.

Pada tahun 2022 Juan juga pernah meraih Juara 2 Kejurnas KarateAntar Pelajar dan Mahasiswa Tingkat Nasional Esa Unggul tahun 2022; Juara 1 FORKI Deli Serang menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara tahun 2022; Juara 1 O2SN Tingkat Provinsi tahun 2022; Juara 1 Kejurkab Deli Serdang 2022; Medali Perunggu O2SN Tingkat Nasional tahun 2022; dan Juara 1 KoPSI tingkat sekolah SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun 2021.

Baca Juga: Experience Room Bertema Cyberpunk Animatrix Hadir di Lippo Mall Puri JKT

Dari pengalamannya, Juan berpesan kepada semua orang yang saat ini sedang berjuang untuk jangan kalah dengan kekalahan.

“Pesan saya, kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Jangan pernah menyerah, ingat ada orang tua yang harus dibanggakan, jangan pernah mendengar apa kata orang lain. Dan jangan pernah lupa untuk berdoa. Kunci sukses adalah usaha dan berdoa,” tutup Juan. (*)

Editor : Al Sobry