Setelah 20 Tahun Dirilis, Simak 3 Fakta Album By The Way Red Hot Chili Peppers!

Kamis, 14 Juli 2022 | 13:05
Warner Bros

3 fakta menarik tentang album By The Way milik Red Hot Chili Peppers

HAI-Online.com-AlbumBy The Way telah menginjak usia 20 tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 2002. Album ini juga jadi kejutan bagi band Red Hot Chili Peppers (RHCP) karena mampu mengantarkan mereka ke pendengar yang lebih luas.

Dilansir dari Kerrang, album ini berhasilmenjadi inspirasi bagi banyak band baru. Lagu-lagu hits di albumBy The Way jugamampu mengisi puncak tangga musik Inggris dan Amerika.

Di balik kesuksesannya, ada cerita menarik tentang album ke-8 band asal Los Angeles ini.

Yuk kita simak 3 fakta menarik tentang albumBy The Waymilik Red Hot Chili Peppers!

Baca Juga: 3 Fakta Album 'Unlimited Love' Red Hot Chili Peppers yang Sukses Banget Di Pasaran!

1. Awal Pertengkaran Frusciante dan Flea

Album ini jadi penanda awal pertengkaran John Frusciante dan Flea. Dua personil ini berselisih saat tengah menggarap materi lagu di albumBy The Way.

Hampir semua materi dan konsep album dikerjakan olehFrusciante sendiri. Inilah yang membuat Flea, sebagai personil awal RHCP, tersinggung karena nggak diajak terlibat banyak.

“Gue ngerasa apa yang dia lakuin nggak perlumasukan dari gue,” ungkap Flea dikutip dariSPIN, "Gue ngerasa nggak diterima untuk mengekspresikan diri secara alami.Dan begitu gue mulai memiliki perasaan itu, gue menutup diri dan agak menarik diri dari prosesnya, dan itu bukan perasaan yang menyenangkan.”

Setelah masa-masa sulit doi dan Frusciante, Flea sadar apa yang sebenarnya terjadi. Menurutnya, doi sama sekali nggak nyalahinFrusciante atas pertengkaran yang terjadi.

“Gue nggak nyalahin John untuk saat itu, [waktu itu] gue cuma nggakbahagia aja di band," imbuh Flea.

Baca Juga: Ketagihan Main Film, Flea Red Hot Chili Peppers Tawarkan Diri jadi Karakter Popeye

2. Konsep Musik Berbeda

"Gue ingin membuat album Red Hot Chili Peppers yang nggak terdengar seperti Red Hot Chili Peppers," ungkap Frusciante dalam bukuThe Red Hot Chili Peppers: An Oral/Visual History.

Untuk pertama kalinya, John Frusciante merasa pembuatan album By The Waynggak ngikutin benang merah musik RHCP sebelumnya.

John Frusciante jadi dalang yang menggarap penuh konsep album By The Waydan mengubah haluan bermusik RHCP.Ketika menggarap album ini, Frusciante banyak terinspirasi dengan musik era 60-an dan 80-an seperti The Beach Boys,The Beatles,dan Erasure.

Album ini jadi transisi musik punk-funk RHCP ke arah yang lebih harmonis dan santai.

Baca Juga: Sukses dengan Album 'Unlimited Love', Red Hot Chili Peppers Bagikan Lagu Baru!

3. Masa Bahagia John Frusciante

Meskipun album ini jadi titik awal pertengkaran doi dan Flea, menurut Frusciante album ini adalah album terpuas yang pernah doi kerjakan.

"Gue lebih bangga dengan album ini daripada apa pun yang pernah gue lakukan,"kataFrusciante kepada Louder setelah merilis album.

Di masa penggarapan album ini, Frusciante punyakreativitas yang dominan di antara personil lainnya. Bahkan materi yang diciptakan Frusciante mengantarkan nuansa musik RHCP yang lebih beragam.

“Seperti Californication, menulis By The Way telah menjadi salah satu masapaling bahagia dalam hidup gue,” katanya kepadaTotal Guitarsaat itu.

Momen ini sekaligus menjadi kesempatan Frusciante untuk terus menulis lagu dan meningkatkan skill bermain gitarnya.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya