Kenang Album By The Way, John Frusciante: Ini yang Bikin Gue Ribut Sama Flea!

Kamis, 14 Juli 2022 | 11:05
metalheadzone.com

Album By The way jadi penanda pertengkaran John Frusciante dan Flea.

HAI-ONLINE.COM –John Frusciante pernah mengaku bahwa album By The Way adalah momen di mana doi ribut dengan Flea. Perselisihan dua personil band Red Hot Chili Peppers (RHCP) ini terjadi saat masa penggarapan albumBy The Way.

John Frusciante masih berusia 18 tahun sejak bergabung bersamaRHCP menggantikan gitarisHillel Slovak.AlbumMother's Milk di tahun 1989 jadi penandaFrusciante berkarir bersama band asal Los Angeles itu.

Salah satu periode yang paling melelahkan bagi RHCP adalah ketika pembuatan albumBy The Way.Proses penggarapan album inidianggap sebagai titik pertengkaran antara John Frusciante dan Flea.

"By The Way, adalahwaktu yang menegangkan bagigue dan Flea,” kataJohn Frusciante saat diwawancara SPINdi tahun 2006.

“Kami bener-bener nggak bertemu langsung dan bener-bener nggak memahami satu sama lain," tambahnya.

Baca Juga: 3 Fakta Album 'Unlimited Love' Red Hot Chili Peppers yang Sukses Banget Di Pasaran!

John Frusciante mengaku saat menggarap album ini, doi cukup egois untuk mengambil penuh konsep musikalitas RHCP di album itu.

Menurut doi, konsep ini benar-benar nggak mau ngikutin benang merah dari apa yang sudah dibangun oleh RHCP.

"Gue punya semacam konsep, dan konsep gue untukBy the Waycukup egois, karenanggak banyak berhubungan dengan asal muasal kami," katanya.

Bahkan secara jujur,Frusciante juga bilang kalau doi nggakterlalu suka dengan musik funk atau blues.

Perselisihandi album ini juga diakui Flea dalam artikel yang sama ditulis oleh SPIN.Yang membuat Flea kesal justru bukan karena konsep dariFrusciante, tapi karena sikapFrusciante yang tertutup.

Baca Juga: Ketagihan Main Film, Flea Red Hot Chili Peppers Tawarkan Diri jadi Karakter Popeye

“Gue ngerasa apa yang dia lakuin nggak perlumasukan dari gue,” ungkap Flea, "Gue ngerasa nggak diterima untuk mengekspresikan diri secara alami.Dan begitu gue mulai memiliki perasaan itu, gue menutup diri dan agak menarik diri dari prosesnya, dan itu bukan perasaan yang menyenangkan.”

Setelah masa-masa sulit doi dan Frusciante, Flea sadar apa yang sebenarnya terjadi. Menurutnya, doi sama sekali nggak nyalahinFrusciante atas pertengkaran yang terjadi.

“Gue nggak nyalahin John untuk saat itu, [waktu itu] gue cuma nggakbahagia aja di band," imbuh Flea.

AlbumBy The Wayakhirnya dirilis pada tahun 2002 dan mendapatkan banyak penghargaan dengan lagu-lagu hits seperti 'By The Way', 'The Zephyr Song', dan 'Can't Stop'.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya