Ada Thor x Ondel-ondel di Terowongan Kendal Jakarta

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:30

Mural di Terowongan Kendal Jakarta suguhkan visual dewa petir dan Ondel-ondel.

HAI-Online.com- Merespon film Thor terbaru, Love and Thunder yang rilis pada 2022 ini, pihak Jakarta Experience Board (JXB) dan Disney Indonesia berkolaborasi membuat interaksi mural pertarungan Thor di Terowongan Kendal, Jakarta.
Yap, kalo kamu sedang berjalan-jalan di Terowongan Kendal yang berlokasi di jalan Tanjung Karang No.5, RT.11/RW. 20, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, kamu bakal bisa menikmati pemandangan baru tersbeut tepat di bawah terowongan jalan raya Sudirman.
Ada Thor yang tengah bertarung melawan musuh barunya, Gorr. Nah, pertarungan yang berlangsung sengit di mural tersebut menampilkan background Ondel-ondel Jakarta.
Baca Juga: Nggak Mau Bedain Fans Baru dan Lama, Metallica: Lo Semua Boleh Jadi Keluarga Kita!
"Mural ini hadir dalam rangka mendukung program HUT DKI yang ke-495 Jakarta Hajatan, nah PT Jakarta Tourisindo / Jakarta Experience Board (JXB) berkolaborasi bersama Disney Indonesia membuat mural sepanjang 4x30 meter ini," ujar Gumilar Ekalaya, kepala bidang Ekonomi Kreatif DKI Jakarta di acara peluncuran, Kamis (7/7/2022).
Dijelaskan Manael Sudarman, selaku Direktur Usaha JXB di acara yang sama, hasil kolaborasi mural di Terowongan Kendal ini diharapkan dapat menjadi bentuk aktivasi ruang publik dan upaya beautifikasi kota dengan menghadirkan karya seni yang dapat dinikmati warga Jakarta.
Nah, karya mural di Terowongan Kendal ini dibuat oleh artist Nano Warsono yang karya-karya muralnya sudah bertebaran di Amerika dan Eropa.
Nggak sendirian, Nani juga berkolaborasi dengan mural artist Ismanto Wahyudi dibantu beberapa seniman dan komunitas yang tergabung di Kita Art Friend.
Yang seru, karya mural Thor di Terowongan Kendal ini juga diinfus teknologi visual berbasis QR Code di mana publik bisa scan barcode dan mendownload aplikasi sehingga dari kamera android pengunjung akan bida merasakan digital visual yang interaktif.
"Karena kita tahu, banyak orang tidak terlepas dari mobile phone mereka, makanya pengguna yang lewat di Terowongan Kendal bisa download QR code untuk mendownload aplikasi dan melihat visual interaktif digitalnya," terang Abdes Prestaka, founder Kita Art Friends di acara yang sama.
Nah, gambar mural yang bergerak itu akan menampilkan dua visual. Pertama di dunia Asgard yang ada monas dan patung Selamat Datangnya serta sinar tulisan Dirgahayu DKI akarta. Ada juga bahtera yang ditarik bajaj yang dapat bergerak.

Dunia Asgard baru di mural Terowongan Kendal DKI

Di pertempuran Thor dan Gorr juga ada ondel-ondel sebagai latar mereka. Dua ondel-ondel Jakarta dapat bergerak di antara petir yang memancar
Buat kamu yany mau coba, saat ini baru tersedia di android aja nih aplikasinya, tapi yang lewat Terowongan ini pun tetap bisa menikmati visual mural yang megah.
Dipasang sejak 1 juli, pelukisan mural ini diemrjakan selama 3-4 hari dan akan dipasang sampai dengan pertengahan Juli 2022. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya