5 Musisi Rock yang Nggak Cuma Bisa Nyanyi, Tapi Juga Jago Ngelukis!

Rabu, 06 Juli 2022 | 20:05
Bauer Griffin

Marilyn Manson dalam pamerannya berjudul 'The Path of Misery' di Antiguo Colegio de San Indefonso, Meksiko.

HAI-ONLINE.COM -Nggak cuma bisa nyanyi, beberapa musisi ini juga pernah jago dalam hal melukis. Sebagai seorang seniman, main musik dan melukis bisa jadi hal yang menyenangkan bagi mereka.

Beberapa di antaranya, pernah membuat pameran karya seni di berbagai acara di tampat-tempat tertentu seperti museum. Musisi-musisi ini bahkan sampai mengumpulkan arsip karya-karya lukisnya menjadi katalog seni atau buku seni.

Nah siapa aja nih kira-kira musisi tersebut? Ini dia, 5 musisi yang nggak cuma bisa nyanyi aja, tapi juga jago saat ngelukis!

Baca Juga: 5 Musisi dengan Aksi Panggung yang Bikin Lo Geleng-geleng Kepala

Bob Dylan

Nggak puas dengan menjadi penyanyi ikonik, Bob Dylan menyalurkan hobi lainnya menjadi seorang pelukis dan pematung ternama.

Pameran seni tunggal pertama Bob Dylan berjudulRetrospectum, dibuka di Modern Art Museum Shanghai dan dikunjungi oleh lebih dari 100.000 orang dalam tiga bulan pertama. Ini menjadikan Bob Dylan sebagaisesuatu yangpenting dalam dunia seni visual kontemporer.

Karya-karya Bob Dylan yang beragam akhirnya dikumpulkan dalam bukunya berjudulDrawn Blankpada tahun 1994.SeriDrawn Blankkemudian dipamerkan di Museum Kunstsammlungen di Chemnitz, Jerman.

David Bowie

Selain seorang musisi, David Bowie dikenal sebagai seorang seniman visual. Menurutnya, melukis adalah bagian penting dari proses bermusik.

Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times di tahun 1998, David Bowie mengatakan bahwa nggak semua teks di pikirannya tertuang menjadi lagu, tapi juga menjadi sebuah lukisan.

"Jadigue akan pergi dan mencoba menggambar atau melukis suara dari musiknya.Dan seringkali, sebuah gambar lanskap menjadi hasilnya.”

Baca Juga: Film Dokumenter David Bowie

Paul Simonon

Bassis grup band punk The Clash, Paul Simonon, semasa kecilnya pernah memiliki kamar tidur yang di dindingnya dihiasi oleh lukisan ayahnya.

Paul Simonon juga pernahmengambil kuliah seni hingga akhirnya harus kandas karena bergabung dengan band The Clash.

Setelah band itu bubar, Paul Simonon kembali ke dunia seni dengan mengerjakan beberapa karya dari cat minyak hingga instalasi konseptual dan patung.

Paul McCartney

Setelahgrup legendaris pop-rock asal Inggris, The Beatles, menyatakan bubar, Paul McCartney menyapa para penggemarnya dengan sebuah buku berjudul 'Paul McCartney: Paintings' di tahun 1999.

Karya lukis Paul McCartney banyak mengandung tekstur semangat eksprsionis abstrak.Karya-karya yang kompleks, terpahat, dan sangat berlapis ini penuh dengan humor dan kehidupan, tapi juga mengandung melankolis tersendiri.

Baca Juga: Marilyn Manson Kembali Bantuin Kanye West Garap Album 'Donda 2'

Marilyn Manson

Anti-rockstar modern, Marilyn Manson, diam-diam adalah seorang pelukis yang nggak kalah gokil dengan lagu-lagunya.Selama 20 tahun terakhir, dia menciptakan karya besar dan sangat menakutkan yang sama provokatifnya dengan liriknya.

Marilyn Manson pernah melangsungkan debut pamerannya pada tahun 2002 lalu. Menjelang pamerannya, Marilyn Manson mengatakan kepadaRolling Stone,"Mereka mungkin mengharapkangue untuk melukis dengan kotoran saya sendiri atau sesuatu."

Karya-karya Manson terdiri dari pilihan surealis dan potretpesakitan dan mayat.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya