Setelah Sekian Tahun, 3 Kasus Orang Hilang Ini Malah Berhasil Dipecahkan YouTubers!

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:10
Recovery Team ‘Adventures With Purpose’

Kasus orang hilang, Carey Mae Parker Sejak 1991 yang dipecahkan oleh kelompok Youtuber penyelam

HAI-ONLINE.COM - Untuk lo ketahui, ternyata banyak juga kasus orang hilang yang udah berlalu selama tahunan bukannya dipecahkan oleh polisi, tapi malah oleh penyelam sukarelawan dari YouTube, yang mana adalah YouTubers.

Dengan menggunakan peralatan yang cukup basic, kayak alat pancing ikan, mereka bisa membantu lembaga penegak hukum dan membantu para keluarga dengan menyelesaikan kasus kehilangan yang terjadi.

Walau beberapa dari tim itu nggak suka dikategorikan sebagai YouTuber, banyak dari mereka yang cuma didanai oleh monetisasi YouTube, donasi, penjualan merchandise dan sesekali dari reward payment yang diterima.

YouTube kayak jadi salah satu sarana yang memungkinkan bagi mereka untuk membiayai pekerjaan luar biasa itu.

Baca Juga: 5 Film Tentang Orang Hilang Ini Bikin Lo Mendadak Pengen Jadi Detektif

HAI bakal kasih tau kalian nih, 3 kasus orang hilang yangberhasil dipecahkan oleh para YouTubers penyelam ini!

Ryth Hemphill, Hilang Sejak 2005

Miriam Ruth Hemphill, dari Oak Ridge, Tennessee, berusia 84 tahun saat dia menghilang 22 Juli 2005. Tiga bulan sebelumnya, purinya ditemukan tewas dan kematiannya dianggap bunuh diri.

Bill Hemphill mengatakan kepada polisi kalo istrinya Ruth udah ninggalin catatan tentang kematian putri mereka, dan doi juga menemukan kliping koran yang dipotong istrinya tentang seseorang yang mengemudi ke danau.

Bill ngerasa yakin saat itu kalo istrinya udah mati, dengan mengendarai mobilnya ke salah satu danau di daerah itu.

Polisi setuju kalo skenario ini kemungkinan besar bener, tapi banyak pencarian yang nggak menemukan tanda-tanda Ruth atau mobilnya.

Baca Juga: 5 Kasus Plagiarisme Lagu Rock yang Bikin Heboh, Oasis Hingga Radiohead Pernah Kena!

Kasus ini cukup menarik perhatian Jeremy Sides, dengan channel YouTube "Exploring with Nug."

Nah, dia berhasil menjelaskan, bahwasannya dia baru aja pergi ke sana dan mulai menyorot sungai sampai akhirnya menemukan beberapa mobil bukti.

"Kita mulai nemuin beberapa mobil dan yang ketiga kita temuin adalah miliknya (Ruth)," jelas Jeremy.

Jeremy menemukan kendaraan Melton Hill Lake, dan waktu ditarik keluar, sisa-sisa tubuh manusia ada di dalamnya. Jeremy bilang kalo doi cuma mau bantu kasus lama yang nggak selesai-selesai untuk keluarga terkait.

"Seneng rasanya bisa ngebantu orang. Selalu ada dalam darah gue untuk pengen melampaui diri gue sendiri untuk ngebantu orang lain," tutupnya.

Jed Hall, Hilang Sejak 2018

Pada waktu dini hari tanggal 22 Januari 2018, Matthew Jed Hall yang berusia 16 tahun dilaporkan hilang dari Air Terjun Idaho.

Jed meninggalkan catatan dibelakang yang menunjukkan kalo doi kayaknya mencoba bunuh diri.

Namun, sebuah jurnal pun ikut ditemukan, yang berisi rincian rencana untuk kabur dari rumah.

Walaupun pencarian saat itu masih berlagsung, kepergiannya tetap nggak terpecahkan selama lebih dari 4 tahun. Hebatnya, kasus lama itu bisa terselesaikan dalam waktu 20 menit oleh YouTuber Adventures with Purpose (AWP).

"Kita dateng ke sini kayak kita dateng ke semua kasus. Kita nentuin apakah seseorang hilang tanpa kendaraan atau dengan kendaraan.

"Kita berspesialisasi dalam sonar karena penegak hukum nggak punya kemampuan. Dengan ping ponsel, lokasi terakhir yang diketahui, lokasi yang sering dikunjungi, dll, itulah cara kita untuk menelusuri kasus ini," jelas penyelam AWP Doug Bishop.

Menggunakan ping ponsel sebagai titik awal, AWP mulai mencari area Snake River. Hanya dalam 20 menit kemudian, mereka berhasil menemukan kendaraan Jed di bawah air sekitar 2,5 meter (8 kaki), kira-kira 68.5 meter (75 yard) dari jalur perahu.

Baca Juga: Sempat Dilaporkan Hilang, Aktor Jackass, Bam Margera Ditemukan Polisi!

Departemen Kepolisian Air Terjun Idaho kemudian mengkonfirmasi kalo mereka secara positif udah mengidentifikasi kalo sisa-sisa manusia yang ditemukan di bagian belakang kendaraan adalah milik Jed.

Carey Mae Parker, Hilang Sejak 1991

Ibu tiga anak asal Texas, Carey Mae Parker, baru berusia 23 tahun saat dia menghilang tanpa jejak pada Maret 1991. Setelah lebih dari 30 tahun, misteri kepergiannya akhirnya terpecahkan pada Februari 2021, saat AWP menemukan kendaraannya terendam di perairan Danau Tawakoni.

Jalan ditutup, dan bagian dari kendaraan yang hancur ditemukan dari dalam air, sesuai dengan deskripsi mobil Parker. AWP kembali ke danau beberapa bulan kemudian dan melakukan grid search, menemukan sisa kendaraan, serta sisa-sisa bagian manusia.

Mereka juga menemukan beberapa item pakaian dan sepeda anak. Adik Parker, Patricia Gager, menjelaskan kalo pada hari dia menghilang, Carey berencana membeli sepeda untuk ulang tahun ke-6 putranya.

"Dia masih harus diidentifikasi melalui DNA, tetapi gue nggak punya alasan lain untuk percaya kalo itu bukan dia," jelasnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya