Rekomendasi 5 Lagu Rock Bertema Akrab Famili di Hari Keluarga Nasional!

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:00
Pixnio

Rekomendasi 5 lagu rock bertemakan keluarga spesial memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022

HAI-ONLINE.COM –Ada yang bilang ILY dalam circle‘family’ berarti‘i love you’atau bisa diartikan menjadi ‘fam, I love you’.

Yap, bertepatan dengan hari ini, tanggal 29 Juni 2022 yang diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional, HAI bakal ngasih rekomendasi 5 lagu rock/alternatif yang bertemakan 'keluarga' spesial buat lo!

  1. Funeral for a Friend – Into Oblivion (Reunion)
    Baca Juga: Jemput Anak-anaknya Sekolah, Chris Hemsworth Sembunyi di Balik Pohon!

Nah di posisi nomor 5 ada band emo veteran asal Wales, UK, Funeral for a Friend yang punya hits‘Into Oblivion’dari album ‘Tales Don’t Tell Themselves’rilisan tahun 2007.

Punya nada yang uplifting namun sedikit melow, lagu ini menceritakan seorang laki-laki yang sedang berada jauh dari rumah dan merindukan keluarganya. Dia merasa takut kalo setelah lama nggak pulang banyak yang akan berubah di rumahnya terutama pasangan dan anaknya.

Namun ternyata setelah lama nggak pulang, dia tetap merasakan kehangatan yang dirasakannya dalam keluarga yang dia anggap sebagai ‘rumah’.

Hal ini dapat terlihat dalam penggalan lirik‘Home, I’m home, it never changes, same old faces, same old places’.

  1. Alice in Chains – Brother
Dari judulnya aja kelihatan kalo lagu ini menceritakan tentang hubungan saudara laki-laki yang kadang-kadang yah, sama-sama gengsi!

Lagu yang diambil dari EP akustik Alice in Chains tahun 1992,‘Sap’ini diciptakan oleh gitaris sekaligus vokalis kedua, Jerry Cantrell.

Dalam catatan boxset Alice in Chains,Music Bankdi tahun 1999, Jerry menceritakan tentang makna lagu ini dan hubungannya dengan adik laki-lakinya, David Cantrell dan perannya sebagai abang.

“Orang tua kami berdua bercerai dan gue adalah anak tertua dan kami punya saudari Cheri di tengah.

"Waktu lo masih kecil rasanya nggak mungkin lo mau nongkrong sama adik laki-laki lo yang lebih muda empat tahun.

"Lo mungkin akan turun tangan kalo ada yang mau macem-macem atau menendang bokongnya, tapi di luar itu lo nggak mau tahu.

"Gue rasa gue terlalu keras sama dia, apalagi tanpa kehadiran bokap. David nggak punya siapa-siapa, akhirnya dia tinggal bareng bokap dan kami nggak ketemu satu sama lain selama 6 atau 7 tahun, lagu ini menceritakan tentang itu.

"Dan mirip ‘Rooster’yang gue tujukan ke bokap gue untuk membangun jembatan (hubungan), lagu ini juga sama,” ujar Jerry menceritakan tentang lirik ‘Brother’.

Baca Juga: Jarang diketahui Orang, Ini Versi Asli 5 Lagu Band Lain yang Pernah Dicover Nirvana!

  1. Metallica – Dyers Eve

Sedikit berbeda dengan track-track di atas,track pamungkas dari album keempat Metallica, ‘… And Justice for All’bertajuk ‘Dyers Eve’ini menceritakan tentang kebingungan dan kemarahan sang vokalis James Hetfield saat melihat dunia luar setelah kehilangan sosok kedua orang tuanya ketika masih remaja.

Melansir dari wawancara Papa Het (sebutan fans Metallica untuk James) dengaRolling Stone,salah satu nomor Metallica paling kenceng dan nge-thrash ini menyiratkan kesedihan dan kerisauannya.

“Lagu ini mengibaratkan hidup gue yang seperti berada dalam kepompong, dan lalu sekarang gue sendirian, dan dunia luar membuat gue kaget dan takut! (Dulu) gue nggak tahu bagaimana caranya menghadapi kekejaman dunia.

"Gue nggak tahu caranya menghadapi kesedihan, kemiskinan, dan konfrontasi. Gimana caranya caranya hidup sendiri setelah bokap kabur dan nyokap meninggal dunia,” terang frontman Metallica ini.

  1. Dropick Murphys – Cruel

Selanjutnya ada nomor melow dari gerombolan Celtic/Irish punk, Dropkick Murphys, ‘Cruel’yang menceritakan tentang kehidupan seseorang yang bermula dari yang nggak tahu apa-apa pas kecil dan mendapatkan penuh kasih sayang orang tua lalu lambat laun banyak masalah yang dihadapi pada saat bertambah dewasa.

Namun walaupun begitu, dalam lirik chorus-nya, lagu ini menggambarkan keluarga tetap saja keluarga meski apapun yang terjadi, secuek dan segila apapun mereka, dalam kondisi suka maupun duka.

they were cruel, they were ignorant, they were beauty, they were kind, they were patient, they were virtue, they were crazy, they were mine!”

Baca Juga: Keluarga Cemara 2 Bakal Jadi Tontonan Super Relate Buat Lo yang Anak Tengah, Ini Alasannya

  1. The Cranberries – Ode to My Family

Dan di posisi pertama ada band pop/rock asal Irlandia, The Cranberries dengan track pertama dari album kedua, ‘No Need to Argue’berjudul‘Ode to My Family’yang dari judulnya bisa kita tebak maknanya yaitu sebuah lagu untuk keluarga.

Melansir dari wawancaranya denganSongfactsdi tahun 2017, mendiang vokalis, Dolores O’ Riordan mengungkap bahwa lagu ini bercerita tentang pilihan yang diilihnya untuk mengejar karir sebagai rock star dan beberapa miskomunikasi yang dialaminya dengan orang tuanya mengenai pilihan hidup yang dia jalani.

Dolores juga menambahkan kalo lagu ini adalah ‘terapi’ baginya. Ia menulis lagu ini pada saat The Cranberries sedang dalam tur di Amerika.

Dalam perjalanannya, dia merasa jauh dari orang tua dan orang terkasihnya lalu membuatnya merasa kesepian. Dan dari rasa kesepian ini melahirkan lirik dari lagu hits The Cranberries ini.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya