Kesal dengan Calo, 3 Band Rock Ini Punya Cara Jitu Buat 'Ngusir' Calo dari Konser Mereka

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:15
Gretty Images

Cara Rage Against The Machine mengatasi calo dalam penjualan tiket konsernya

HAI-ONLINE.COM - Kadang makin ke sini untuk mendapatkan tiket konser idola kita jadi semakin sulit, entah karena pihak ketiga dari vendor yang buruk dalam meng-handle tiket, keberadaan calo atau yang suka beli tiket borongan dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, sebenernya ada beberapa musisi atau band yang punya caranya sendiri dalam mengatasi hal tersebut di penjualan tiket konser mereka.

Dengan metode unik mereka sendiri, beberapa musisi mengambil langkah yang lebih ekstrem, seperti menjual tiket secara mandiri, menawarkan tiket konser langsung kepada penggemar mereka hanya dengan $5, dan lainnya.

Itu semua dilakukan dengan harapan tiket konser dapat dengan mudah diaskses oleh semua penggemar secara merata dan adil.

Baca Juga: Dari Jual Tiket Kosong, Ini Dia 3 Fakta Menarik Lain Dari Perhelatan Konser Kolaborasi

Kali ini HAI bakal kasih tau nih, yang dilakukan oleh 3band ini untukmengatasi calo serta menghindari kesulitan dalam penjualan tiket konser mereka untuk para penggemar!

Radiohead

RichFury/GettyImages

Radiohead

Pada 2012, Radiohead bekerja sama dengan organisasi fan-to-fan, Ticket Trust, yang menawarkan band dan penggemar ethical alternative sebuah platform untuk penjualan tiket sekunder atau sebagai pihak ketiga.

Band ini juga menyebutkan janjinya kalo setiap penggemar yang membeli tiket melalui toko merchandise mereka sendiri, nanti terdapat poin yang bisa ditukar dengan face value melalui Ticket Trust, kalo diperlukan.

Rage Against The Machine

Kevin Winter

Rage Against The Machine

Saat tur reuni Rage Against The Machine mulai dijual pada tahun 2020, calo tiket bak punya ladangnya sendiri.

Namun, Tom Morello punya rencana yang akhirnya mampu mencegah sekitar 85% calo tiket.

Baca Juga: Rage Against the Machine Angkat Bicara Tentang Hak Aborsi Di AS

Rage Against The Machine menawarkan tempat duduk premium dengan tarif lebih tinggi, di mana hasilnya nanti bakal diberikan kepada badan amal lokal.

Nggak disangka kalo hanya dalam 48 jam mereka berhasil mengumpulkan lebih dari $3 juta.

Foo Fighters

Justin Sullivan

Foo Fighters

Foo Fighters mengadakan kampanye #BeatTheBots, yang mana itu merupakan jalan mereka melawan calo tiket online untuk Sonic Highways Tour 2014 mereka.

Band ini menghadirkan pre-sale secara langsung di lokasi pop-up box office, di kota-kota di mana mereka bakal main di seluruh negeri.

Baca Juga: Nggak Suka Karyanya Di-cover, Tapi Prince Kasih Pengecualian Untuk Foo Fighters. Kok Bisa?

Karena hal itu, para penggemar jadi punya kesempatan untuk bisa membeli tiket secara langsung, ekslusif, dengan penambahan 1, 2, atau 4.

"Penggemar yang muak dengan Scalper-BOTS yang diprogram untuk menghalangi antrian online dan membeli tiket secara borongan untuk dijual lagi, bakal punya kesempatan pertama untuk bisa dapetin tiket show di sini," ujar Foo Fighters dalam sebuah siaran pers saat itu.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya