3 Penulis Lagu yang Puluhan Hits-nya Sukses Mencapai No. 1 Pada Tangga Lagu, yang Ketiga Pasti Banyak yang Nggak Kenal

Senin, 27 Juni 2022 | 17:05
secretsofsongwriting

Paul McCartney and John Lennon as a songwriter

HAI-ONLINE.COM - Musik udah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga bisa dibilang kita juga jadi sering menilai lagu-lagu yang kita denger. Bisa dipasikan kalo lo lebih memilih dengerin lagu yang enak, kan? Lagu-lagu bagus dan enak itu tentu lahir dari para penulis lagu yang bisa dibilang hebat, hingga sukses mencapai No. 1 pada tangga lagu yang ada dengan puluhan hit-nya.

Kesuksesan yang diraih oleh lagu-lagu ciptaan mereka agaknya udah bukan hal yang mengagetkan lagi sih, jadinya malah wajar aja. Nah,kali ini HAI mau ngasih tau lo 3 penulis lagu yang sukses dengan puluhan hit-nya nih!

Paul McCartney

Ada sebanyak 129 lagu yang ditulis oleh McCartney, termasuk 32 lagu dengan The Beatles, 21 dengan Wings, dan 36 sebagai solois atau bagian dari duo/grup, yang mana udah masuk chart di UK Official Singles Chart sejak didirikan pada 1952.

McCartney juga pernah bekerja sama bareng Kanye West dan Rihanna dan karya itu berhasil mencapai No. 18 di tangga lagu pada tahun 2015. Dari lagu-lagunya, 33 udah mencapai No. 1 di Inggris, termasuk 'Mull of Kintyre' dan 'Ebony and Gading'.

Baca Juga: Wajib Lihat, Paul McCartney Duet Virtual Bareng John Lennon!

McCartney juga menulis lagu dengan sesama Beatle yaitu John Lennon, yang masih memegang rekor lagu No. 1 terbanyak di tangga lagu Inggris dan AS.

Sir Paul McCartney adalah entertainer pertama yang menyiarkan live music ke Stasiun Luar Angkasa Internasional saat doi menyanyikan 'Good Day Sunshine' dan 'English Tea' untuk astronot Bill McArthur dan Valery Tokarev pada 13 November 2005.

John Lennon

Lenon merupkan sosok yang bertanggung jawab atas lagu utopis 'Imagine', yang mana sukses dengan 32 hit No. 1 AS dan sebanyak 29 hit No. 1 di Inggris, dengan jumlah sedikit di bawah daripada Paul McCartney.

Baca Juga: Ngaku Fans Berat John Lennon, Kurt Cobain: Hidupnya adalah Penjara, Gue Tau Rasanya!

Sebagai sebuah band, The Beatles yang terdiri dari Lennon, McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, mereka memiliki hit No. 1 terbanyak di AS sebanyak 19, dan di Inggris sebanyak 15 hit hingga saat ini. Band ini juga masih memegang rekor minggu terbanyak di No.1 pada tangga lagu AS sejumlah (132 minggu) dan di Inggris 174 minggu.

Max Martin

Kalo kata pepatah, "No man is a island". Yap, itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan posisi Karl Martin Sandberg aka Max Martin ini.

Mungkin bisa dibilang sedikit banget dari lo semua yang tau namanya, tapi kayaknya semua orang tau musik ciptaannya, kayak yang ditunjukkan dalam 'I Don't Care' Ed Sheeran (duet dengan Bieber) dan 'Beautiful People' (bersama Khalid). Beberapa yang lainnya juga ada 'That’s the Way It Is' (Céline Dion), 'Baby One More Time' (Britney Spears), 'Can’t Stop the Feeling!' (Justin Timberlake), 'So What?' (Pink), 'I Want It That Way' (Backstreet Boys), 'Since U Been Gone' (Kelly Clarkson), dan 'All You Had to Do Was Stay' (Taylor Swift).

Baca Juga: Ed Sheeran Menang dari Gugatan Hak Cipta: “Ini Ngerusak Industri Penulisan Lagu!”

Sejak kemunculannya di akhir 90-an, songwriter-producer asal Swedia ini juga sukses banget meraih 23 hit Billboard Hot 100 No. 1, yang mana lebih dari siapa pun kecuali John Lennon (29) dan Paul McCartney (32).

Martin disebut sebagai master of "hooks" dengan keyakinannya kalo baik bait ataupun chorus harus mempunyai itu. Doi juga punya reputasi sebagai super-kolaboratif dan bergerak mengikuti zaman.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya