Kenalan dengan Mahesa, Mahasiswa UI yang Berhasil Jadi Atlet Internasional Cabor Sepatu Roda!

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:08
Dok. laman UI

Barijani Mahesa Putra, mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat asal UI yang berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional cabor sepatu roda.

HAI-Online.com - Nama atlet Barijani Mahesa Putra mencuat setelah dirinya berhasil membawa pulang banyak penghargaan cabor sepatu roda.

Selain prestasi dari luar kampus, Mahesa juga berprestasi di dunia akademik.

Ini terbukti, Mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) ini menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi UI 2022 tingkat program vokasi.

Mahesa juga akan mewakili UI dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional program Diploma 2022. Tahapan ini meliputi seleksi wilayah dan seleksi Nasional.

Sebelumnya, Mahesa bersaing dengan belasan peserta lain di ajang Mahasiswa Berprestasi UI Tingkat Program Vokasi dan menjadi finalis 3 besar.

Dari ketiga finalis, mereka bersaing kembali di tingkat UI buat raih gelar Mahasiswa Berprestasi Utama UI Tingkat Program Vokasi.

Baca Juga: UI Bersama Universitas Pertamina Gelar Program Flash Track, Kuliah S1-S2 Cuman 5 Tahun!

Juara 1 diraih Barijani Mahesa Putra, dan diikuti Stephanie Nuriani Janice (Juara 2), dan Saskia Dyra E. P. (Juara 3).

Mahesa mengungkapkan, pencapaiannya ini jadi bentuk validasi diri dan pembuktian kalau atlet juga bisa berprestasi di akademik.

“Stigma yang mengatakan bahwa atlet hanya dapat berprestasi di bidang non akademik menjadi motivasi saya untuk menghapuskan stigma tersebut,” ucapnya dengan bangga, melansir dari laman UI.

Mahesa tercatat sebagai atlet sepatu roda DKI Jakarta dengan berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional.

Beberapa prestasi yang diraihnya, antara lain Juara 1 Team Time Trial (TTT) 10 km Putra dalam PON XX Papua 2021; Juara 1 Sprint 500M+D Putra dalam PON XX Papua 2021; Juara 1 3000m Rellay JIRTA Friendly Competition 2021; dan lainnya.

Di tingkat internasional, Mahesa juga menyumbangkan dua medali emas dan satu perak pada Malaysia Open 2013; satu medali perak dan satu medali perunggu pada Malaysia Open 2015; dan satu medali emas pada Half Marathon 21km di New York, Amerika Serikat pada 2018.

Ia juga beberapa kali mewakili Indonesia dalam kompetisi sepatu roda, seperti World Roller Games di Barcelona, Spanyol pada 2019 dan World Championship di Heerde, Belanda pada 2018.

Nggak cuman jadi mahasiswa berprestasi, tahun ini Mahesa terpilih jadi salah seorang atlet sepatu roda yang bakal berkompetisi ke Asian Games Hangzhou tahun depan. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya