Empat Jalur Masuk Unpas Masih Dibuka Nih, Catat Infonya!

Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:25
HAI

Ilustrasi Mahasiswa

HAI-Online.com - Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pasundan (Unpas) masih di buka nih, dan sekarang udah masuk gelombang II.

Beragam pilihan jalur baik lewat nilai rapor, prestasi, ujian tulis, sampai bantuan KIP Kuliah, Unpas tawarkan di sini.

Jalur yang bisa lo pilik yakni PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), USM (Ujian Saringan Masuk), KIP Kuliah, dan Kedokteran.

Adapun pendaftarannya bisa lewat online di situs https://situ2.unpas.ac.id/spmbfront/home.

Begini tata cara pendaftaran dan jadwal seleksinya:

  1. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)
Baca Juga: Sepeda Motor Elektrik Pedesaan Unpas Sabet Juara 3 EV Design Competition

Jalur PMDK ini yakni jalur tanpa tes. Calon mahasiswa bisa daftar dengan nilai rapor dan sertifikat prestasi.

Jalur PMDK dibagi dua, yaitu PMDK tingkat universitas dan PMDK tingkat fakultas.

Buat daftar jalur PMDK, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman https://pmb.unpas.ac.id/pmdkunpas/ atau langsung datang ke masing-masing fakultas.

  1. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)
Periode pendaftaran jalur USM gelombang II dibuka dari 25 April – 2 Juli 2022.

Calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur USM gelombang II wajib mengikuti ujian tertulis online pada 3 Juli 2022.

Khusus bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS), wajib mengunggah portfolio/hasil karya.

Calon mahasiswa bisa pilih dua prodi dengan biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah. Formulir yang dapat dipilih ada peminatan IPA, peminatan IPS, dan peminatan IPC (campuran).

  1. KIP Kuliah
Pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan secara mandiri lewat situa kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau KIP Kuliah mobile apps.

Setelah daftar di web KIP Kuliah, selanjutnya calon mahasiswa harus mendaftarkan diri di web Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unpas di laman https://situ2.unpas.ac.id/spmbfront/ mulai 8 Juni – 3 Agustus 2022.

Kalau sudah daftar di SITU PMB Unpas, calon mahasiswa wajib mengirimkan berkas sebagai persyaratan tes tertulis, wawancara, dan bukti daftar ulang yang ditujukan kepada Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpas, Lt. 1 Jalan Tamansari No 6-8, Bandung, 40116.

Baca Juga: Fakultas Vokasi UKI Bakal Adakan Mata Kuliah Krypto untuk Belajar Aset Digital

Berkas dapat dikirimkan mulai 10 Juni – 3 Agustus 2022 pukul 09.00 – 15.00 WIB lewat jasa ekspedisi apapun.

Berkas persyaratan yang diperlukan bisa diakses di situs https://www.unpas.ac.id/pendaftaran-kip-kuliah-dibuka-cek-panduan-dan-persyaratannya/.

Tes tertulisnya bakal dilaksanakan online pada Minggu, 14 Agustus 2022. Calon mahasiswa yang lolos tes tertulis wajb mengikuti tes wawancara pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

  1. Kedokteran
PMB jalur Kedokteran gelombang II dibuka dari 18 Mei – 30 Juni 2022. Selain mengikuti ujian tertulis, pendaftar jalur Kedokteran wajib mengikuti tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) atau tes psikologi yang ditujukan untuk menilai kepribadian dan psikopatologi.

Khusus Fakultas Kedokteran, terdapat agenda pertemuan orang tua (open house) pada 8 Juli 2022 dan wawancara pada 9 Juli 2022. Perlu diketahui, kuota penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran masih dibatasi untuk 50 orang. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya