UI Bersama Universitas Pertamina Gelar Program Flash Track, Kuliah S1-S2 Cuman 5 Tahun!

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:00
Pixabay/nikolayhg

Ilustrasi kuliah

HAI-Online.com - Universitas Pertamina (Uper) bersama Universitas Indonesia (UI) membuka program flash track.

Lewat program ini, mahasiswa bisa dapat gelar S1 dan S2 dengan kuliah selama 5 tahun.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dewi Hanggraeni mengungkapkan, program ini terbuka buat mahasiswa FEB Uper.

“Program ini merupakan program percepatan belajar. Mahasiswa FEB bisa dapat gelar sarjana dari UPER sekaligus gelar Magister Ilmu Administrasi dari UI, dengan kuliah selama lima tahun. Jadi ada efisiensi masa studi hingga satu tahun,” terangnya, melansir dari Kompas.com.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Chandra Wijaya menyebut kalau program flash track ini menjadi kali pertama UI melakukannya dengan kampus dalam negeri.

Selain tujuannya buat mencetak lulusan yang dapat terjun di dunia usaha dan industri, lewat program ini Chandra juga berharap bisa terjalin hubungan yang baik antara kedua institusi.

Baca Juga: Calon Mahasiswa Diseleksi Tanpa Tes untuk Masuk Universitas Pertamina

“Untuk meningkatkan kualifikasi lulusan dengan keunggulan dan kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing kampus,” ujar Chandra.

Program percepatan belajar ini tujuannya buat meningkatkan jumlah lulusan S2.

Pasalnya, survei CareerBuilder membeberkan, dalam lima tahun terakhir, ada 32 persen perusahaan yang meningkatkan persyaratan pendidikan untuk bekerja.

Lewat survei yang sama, 1 dari 4 perusahaan ini mempekerjakan lulusan bergelar Master (S2) untuk posisi yang sebelumnya diisi oleh lulusan Sarjana (S1).

Program yang dimulai Tahun Akademik 2022/2023 ini kasih kesempatan mahasiswa FEB Uper untuk ambil Credit Earnings Program (CEP) di semester tujuh.

“Mereka kemudian bakal dapat mentoring dan pembekalan mengikuti seleksi masuk UI. Lalu mahasiswa bisa langsung melanjutkan pendidikan magister di UI tanpa melalui matrikulasi lagi,” terang Dewi.

Dewi melanjutkan, selama jadi mahasiswa di Uper dan UI, para pendaftar program flash track tetap bisa ikut berbagai program unggulan dari kedua kampus.

“Misalnya di Uper, mereka masih bisa daftar program beasiswa, ikut pertukaran pelajar ke luar negeri, magang di industri, dan program unggulan lainnya,” jelasnya.

Muncul dari dunia industri, Uper nggak cuman unggul dari segi kurikulum, tetapi juga dalam menghadirkan pengalaman praktis bagi mahasiswa.

Baca Juga: Nggak Mau Harimu Buruk, Bikin Deh Porsi Sarapan Ideal Menurut Dosen Gizi IPB

Selain praktikum di laboratorium, rutin juga kuliah pakar dari para praktisi, kunjungan industri ke fasilitas milik Pertamina Group, dan magang industri baik di Pertamina Group maupun perusahaan lainnya.

Para mahasiswa juga terbiasa belajar dengan berbasis proyek (project based learning), ikut ajang inovasi dan kewirausahaan, serta dilibatkan dalam proyek penelitian para dosen.

“Sehingga, program flash track ini bisa jadi penyempurna kualifikasi lulusan UPER untuk dapat bersaing di bursa kerja nantinya,” pungkas Dewi.

Selain program flash track dengan UI, Uper juga buka program sejenis dengan sejumlah kampus kenamaan mancanegara, seperti Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia, University of Nantes (Université de Nantes) Prancis, dan Malaysia Multimedia University.

Saat ini, Universitas Pertamina kembali buka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei-Juni Tahun Akademik 2022/2023.

Universitas Pertamina (Uper) juga sediakan beasiswa sampai Rp 23 miliar. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya