Lembaga Sensor Film: Disney Belum Daftarkan Lightyear untuk Disensor

Kamis, 16 Juni 2022 | 18:00
Disney/Pixar

Lightyear belum didaftarkan untuk disensor oleh Lembaga Sensor Film

HAI-ONLINE.COM -Lembaga Sensor Film (LSF) menyebutkan bahwa pihak Disney masih belum mendaftarkan film terbarunya, Lightyear untuk disensor sebelum tayang di Indonesia.

Setelah perilisannya pada 16 Juni secara internasional, Lightyear mendapatkan penolakan di beberapa negara di Asia karena terdapat adegan ciuman sesama jenis yang ada di film.

"Sekarang filmnya belum dikirim oleh mereka ke LSF karena kan kalau disensorkan ke LSF itu harus lengkap, selain gambarnya lengkap juga harus ada subtitle," ujar Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto, melansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Film Lightyear Nggak Bakal Tayang di Sejumlah Negara, Termasuk Indonesia

Rommy menjelaskan bahwa pihak Disney sempat mengirimkan file film Lightyear ke LSF namun belum lengkap. Kemudian LSF memberikan catatan agar Disney menghapus adegan ciuman sesama jenis karena dianggap kontroversial.

"Ya LSF hanya memberikan catatan agar adegan itu dihilangkan karena audiens di Indonesia masih sensitif dengan adegan seperti itu," papar Rommy.

"Jadi nggak ada catatan macam-macam, 'lo enggak boleh tayang ya kalau ada adegan ini, lo boleh tayang kalau ada adegan ini', nggak juga," sambungnya.

Maka dari itu, LSF masih beum bisa memberikan keputusan dan izin penayangan Lightyear di Indonesia.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya