Kim Jong Un Sebut Vaksin Covid buat Korut Sebagai 'Ramuan Cinta Abadi'

Selasa, 31 Mei 2022 | 16:00
via Kompas TV

Kim Jong Un

HAI-ONLINE.COM - Akhirnya Korea Utara memulai program vaksinasi Covid-19 setelah sekian lama. Menurut Radio Free Asia (RFA), saat ini pemerataan vaksin ini hanya diperuntukkan bagi para tentara.

Uniknya, negara ini menyebut suntikan vaksin Covid-19 ini sebagai ‘Immortal Potion of Love’ atau yang diterjemahkan menjadi ‘Ramuan Cinta Abadi’. Dan yang memberi nama nyeleneh ini adalah nggak lain dan nggak bukan adalah sang pemimpin, Kim Jong Un.

Melansir dari Insider, Korut sudah mempromosikan kampanye vaksinasi bagi tentara yang tengah bekerja pada proyek konstruksi prioritas tinggi di Pyongyang.

Ini menjadi pendistribusian vaksin dalam jumlah besar yang pertama oleh rezim pemerintahan Korea Utara.

Baca Juga: Guru Tari dan Murid yang Belajar Tarian Disko Ditangkap Rezim Kim Jong-un, Bisa Kena Hukum Mati

Namun, penerapan ‘ramuan cinta abadi’ ini nampaknya nggak terlalu membuat masyarakat senang karena mereka belum bisa mendapatkannya.

“Mereka memainkan pesan propaganda politik yang keras ketika tentara disuntik dengan vaksin dari China,” tutur seorang pejabat pemerintah kota Pyongyang kepada RFA yang memberi keterangan dengan anonim demi keamanan.

Selain itu, warga Korut juga menjuluki vaksin ini sebagai ‘vaccination of love from the Highest Dignity’ atau vaksinasi cinta dari Yang Mulia.

Untuk jenis vaksinnya sendiri masih belum diketahui namanya, melainkan dapat dipastikan vaksin ini berasal dari China.

Kim Jong Un dan Korut mengakui kasus Covid-19 pertamanya pada 12 Mei kemarin setelah ia mengkritik jajarannya karena tanggapan buruk negara terhadap virus ini. Melansir dari RFA, sampai saat ini, tercatat lebih dari 3,2 juta kasus demam dan 69 kematian.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya