Siap-siap Merinding! 10 Film Horor Ini Bisa Memicu Adrenalin

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:40

The Silence Of The Lambs

HAI-Online.com - Kali ini bukan bahas soal film yang mendengar suara-suara aneh yang keluar dari dinding, atau kucing lo yang menatap ke satu sudut seolah-olah hidupnya bergantung sama itu; beberapa hal ini emang menakutkan sih, tapi, film horror yang bagus itu antara sisi seram sama menghiburnya seimbang.

Dari yang klasik kayak The Exorcist dan The Shining sampai The Conjuring atau Hereditary akan meramaikan daftar film horor buat lo para pengamat film horor.

Sepuluh film ini nggak cuman horor aja tapi juga mencakup semua genre kayak slasher, thiller psikologis, sampai fiksi ilmiah, serta misteri yang menegangkan.

The Exorcist (1973)

Syuting yang ditandai dengan kecelakaan dan rilis yang penuh kontroversi, bahkan kerusuhan ini, film The Exorcist beneran membuka jalan dalam sejarah industri film.

The Exorcist mengisahkan seorang gadis berusia 12 tahun yang telah dirasuki oleh iblis dan ingin segera mengusir iblis tersebut.

Dengan premis yang mengerikan, akting yang hebat, dan kejutan yang nggak ketebak, The Exorcist masih menjadi salah satu film horor paranormal terbaik setelah 50 tahun sejak dirilis.

The Shining (1980)

The Shining mencakup semua hal-hal yang menyeramkan dan penuh tumpah darah, lalu si kembar yang menyeramkan, sampai panggilan untuk pembunuhan.

Serta, soal kuburan tua yang bagus di bawah sebuah hotel yang berada tepat di tengah-tengah tempat yang sangat terpencil.

Baca Juga: Diadaptasi dari Novelnya Sendiri, Stephen King Ngaku Nggak Suka 5 Film Horror Ini

The Shining bakal bikin lo nggak bisa tidur dan muncul kecurigaan soal kondisi kesehatan mental pasangan lo.

Poltergeist (1982)

Ketemu sama keluarga Freeling yang bahagia dengan tiga anak. Mereka lalu pindah ke komunitas dengan kehidupan pinggiran kota yang menawan. Dan kalo nggak salah, mereka justru tinggal tepat di atas tanah pemakaman.

Film ini dipuji karena secara konsisten menakutkan, serta Poltergeist ini dianggap sebagai film horor klasik paranormal.

Halloween (1978)

Halloween adalah film slasher independen yang disutradarai John Carpenter. Plot film ini berpusat di seputar Michael Myers, seorang pasien mental yang membunuh saudara perempuannya pada malam Halloween, ketika dia berusia enam tahun.

Setelah 15 tahun dihabiskan di sanatorium, Michael melarikan diri hanya untuk meneror kota kecil Haddonfield, sekali lagi. Sekarang, Halloween mungkin nggak sepopuler waktu dirilis, tetapi film itu mendapat penggemar serta pujian dari para kritikus sinema kontemporer.

Carrie (1976)

Berangkat dari buku Stephen King pertama yang diterbitkan, Carrie langsung sukses setelah dirilis. Buku yang ditulis oleh si master horor itu disutradarai Brian De Palma yang legendaris (Mission: Impossible, Scarface).

Carrie nggak hanya mengerikan, tetapi juga menakutkan buat ditonton. Film ini juga pernah menjadi salah satu nominasi untuk Academy Awards.

Pet Sematary (1989)

Pet Sematary adalah film horor supernatural yang diadaptasi dari novel yang sama karya Stephen King.

Film ini mengisahkan sebuah keluarga dengan dua anak kecil dan kucing peliharaan, mereka pindah ke rumah baru di sebuah kota kecil bernama Ludlow di Maine.

Di sana terdapat kuburan hewan peliharaan kecil yang menyeramkan yang terbukti nggak biasa, dan tepat di belakang rumah mereka di hutan. Ceritanya sendiri campuran antara pengetahuan zombie dan thriller psikologis yang kasar.

Friday The 13th (1980)

Friday The 13th merupakan film slasher independen yang mengisahkan sekelompok konselor kemah remaja yang dibunuh satu per satu oleh seorang pembunuh berantai yang nggak dikenal ketika mencoba membuka kembali sebuah perkemahan musim panas yang ditinggalkan.

Meskipun film indie, Friday The 13th sukses besar di box office dan membuat film ini nggak bisa diragukan dilihat dari segi kualitas sinematografinya yang superior, skor yang bagus, dan pertunjukan yang luar biasa yang dilengkapi dengan kekerasan yang sangat bebas, yang penting untuk genre slasher.

Baca Juga: Diadaptasi dari Novelnya Sendiri, Stephen King Ngaku Nggak Suka 5 Film Horror Ini

Jaws (1975)

Jaws adalah film thriller yang diangkat dari novel tahun 1974 karya Peter Benchley. Dalam film ini hiu putih besar dengan selera daging manusia meneror pengunjung pantai di kota resor musim panas.

Nafsu makannya menjadi sangat buruk sehingga sebuah tim yang terdiri dari seorang kepala polisi, ahli biologi kelautan, dan pemburu hiu profesional berangkat untuk menghentikannya sebelum terlambat.

Menariknya, Jaws, setelah dirilis, menyebabkan satu kasus neurosis sinematik yang diketahui, menjadi terkenal di komunitas medis bersama The Exorcist karena menyebabkan reaksi stres pada pemirsanya.

The Silence Of The Lambs (1991)

The Silence Of The Lambs adalah film thriller horor psikologis yang terus digemari para pencinta film dan kritikus.

Film ini menjadi satu-satunya film yang memenangkan Academy Awards di semua dari lima kategori teratas - Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

Ketika dirilis kembali pada tahun 1991, para kritikus memuji suasana tegang, cerita cerdas, dan penampilan luar biasa dari Anthony Hopkins dan Jodie Foster, yang masing-masing memerankan Hannibal Lecter dan Clarice Starling.

The Conjuring (2013)

Kisah ini berawal pada 1971, Carolyn dan Roger Perron pindah bersama keluarganya ke rumah pertanian Rhode Island yang bobrok.

Dari situ hal-hal aneh mulai terjadi di sekitarnya dengan meningkatnya teror mimpi buruk. Dalam keputusasaan, Carolyn menghubungi penyelidik paranormal terkenal, Ed dan Lorraine Warren, untuk memeriksa rumah tersebut.

Apa yang ditemukan Warrens adalah seluruh area yang dihantui setan yang sekarang menargetkan keluarga Perron ke mana pun mereka pergi.

Untuk menghentikan kejahatan ini, Warrens harus mengerahkan semua keterampilan dan kekuatan spiritual mereka untuk mengalahkan ancaman spektral ini pada sumbernya yang mengancam untuk menghancurkan semua orang yang terlibat. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya