Dari Tenet sampai Naruto! Ini 5 Film Bertemakan Multiverse

Rabu, 11 Mei 2022 | 20:10
HAI

Ilustrasi alam semesta paralel atau multiverse

HAI-Online.com -Rilisnya film baru Marvel Cinematic Universe, Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang mengambil tema multi semesta, realitas paralel, dan universe alternatif membuat konsep multiverse menjadi perbincangan yang hangat.

Konsep multiverse atau multi semesta menawarkan hipotesis yang merujuk pada kemungkinan adanya realitas lain diluar alam semesta yang kita tinggali saat ini dan memungkinkan ada versi lain dari diri kita secara nggak terbatas.

Sebenarnya konsep ini sudah pernah dimunculkan oleh film-film yang muncul sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Baca Juga: Rombongan Pesepatu Roda di Jalan Gatsu Ternyata Atlet Pelajar, Polisi Beri Sanksi Represif

Siap-siap jelajah alam semesta lain! Karena HAI akan ngasih rekomendasi 5 film bertemakan multiverse buat lo!

  1. The Butterfly Effect (2004)
Film ini merupakan karya sutradara Erick Bress dan J. Mackye Gruber yang dibintangi oleh Ashton Kutcher, Amy Smart, hingga Eric Stoltz.

The Butterfly Effect mengambil tema scince-fiction yang berpusat pada konsep time travel dan realitas alternatif.

Melalui buku harian yang dibacanya, seorang pria bernama Evan (Aston Kutcher) yang ingin mengubah hidupnya di masa kini melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Spoiler Alert! Alasan 'Karakter Ini' Nggak Muncul di Doctor Strange 2

  1. Another Earth (2011)
Film bertemakan multiverse selanjutnya adalah Another Earth yang dibintangi oleh aktor William Mapother.

Seperti judulnya, film ini mengisahkan dua calon mahasiswa yang mengalami kecelakaan tragis setelah mereka mendeteksi adanya planet yang mirip dengan bumi.

Meskipun mengusung cerita dunia paralel yang bertempo lambat, Another Earth juga memberikan banyak pelajaran hidup yang dapat dipetik untuk direnungkan.

Baca Juga: 5 Film dan Series MCU yang Wajib Lo Simak Sebelum Nonton Doctor Strange 2!

  1. Coherence (2016)
Siapa bilang film bertemakan dunia paralel atau multiverse harus mengambil latar atau setting tempat yang banyak? Coherence membuktikannya dengan hanya mengambil lokasi di sebuah perumahan.

Film ini dibintangi Emily Baldoni dan Alex Manugian dan menceritakan pengalaman aneh dan menegangkan dalam sebuah pesta makan malam.

Mereka bertemu dengan orang asing yang memberikan kontak misterius dan bertemu dengan versi lain dari mereka dari alam semesta yang lain!

  1. Road to Ninja: Naruto the Movie (2012)
Terkenal sebagai anime dengan konsep dunia ninja atau shinobi, ternyata Naruto juga pernah mengangkat tema multiverse dalam salah satu filmnya.

Road to Ninja: Naruto the Movie berfokus pada pengalaman aneh yang dialami Naruto dan Sakura yang dijebak oleh Tobi ke dalam desa Konoha yang sangat berbeda dengan tempat mereka berasal.

Betapa kagetnya Naruto ketika ia bertemu dengan kedua orang tuanya yang sudah meninggal saat ia lahir, Minato dan Kushina di realitas ini.

Di sini, jinchuriki rubah ekor sembilan ini harus menghadapi varian jahat darinya yang ingin menghancurkan dunia bernama Menma!

  1. Tenet (2020)
Sutradara Christopher Nolan memang terkenal dengan film-film sci-fi keren yang digarapnya seperti Inception, Interstelllar, dan yang terbaru Tenet.

Film ini menceritakan sebuah organisasi rahasia bernama sama dengan judul film yang bekerja secara tertutup untuk memanipulasi lajur aliran waktu.

Hal ini dilakukan Tenet untuk mencegah malapetaka dan kecelakaan yang akan terjadi di masa depan. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya