Nggak Mau Menipu Penonton, Lokasi Asli Desa Penari Tetap Disamarkan, Namun Lokasi Syuting KKN di Desa Penari Dijelaskan!

Selasa, 10 Mei 2022 | 08:19

Gapura Desa Penari

HAI-Online.com-FilmKKN di Desa Penari(2022) lagi hype dan jadi omongan lantaran kisahnya diangkat dari kejadian nyata.

Yang terbaru, film produksi MD Picture ini tekah mencetak prestasi baru, yakni tembus tiga juta penonton dalam 9 hari penayangan perdananya.

Sedikit mengingat bagaimana kisah nyata viral yang diangkat jadi film layar lebar ini pertama kali heboh pada 2019 silam. Awalnya, kisah ini diceritakan oleh akun Twitter @SimpleMan yang bikin threads dua sisi peserta KKN di desa berbau mistis yang dirahasiakan.

Baca Juga: Mirip 'KKN di Desa Penari', Postingan Reddit Ini Bakal Diadapatasi Ke Film Horor Netflix Saking Seremnya

Bahkan dalam thread-nya itu, si akun pria simpel juga tidak menuliskan nama maupun lokasi pasti dalam kisah KKN di Desa Penari aliasdisamarkan.

Meski beberapa orang berhasil mengungkap inisial kota tempat kejadian nyata itu ada di kota B alias Banyuwangi, Jawa Timur, namun masih banyak yang lebih penasaran lagi dengan tempat spesifik yang katanya katanya telah menghilang itu.

Oleh sebab itu, Manoj Punjabi selaku produser film KKN di Desa Penari tak mau membuat penonton tertipu dengan mengklaim bahwa filmnya mengambil gambar di desa yang sama.

Dalam sebuah video dari kanal YouTube ESGE Entertainment pada 2019, Manoj mengungkap produksi film KKN di Desa Penari melakukan syuting di Yogyakarta m

"Kami syutingnya di DIY dan sekitarnya, Gunung Kidul dan lain-lainnya. Kami syuting di sana di sekeliling kota Yogyakarta yang diambil lokasinya," tuturnya.

Meski bukan di lokasi sebenarnya, Manoj meyakinkan latar tempat syuting film ini dibuat semirip mungkin dengan jejak kisah aslinya.

Baca Juga: Dari BTS di Kokas Hingga Beyonce di Mangga Dua, Ini 5 Musisi yang Pernah Konser di Lokasi Unik di Jakarta

"Kami nggak ke lokasi yang asli memang nggak bisa ke sana, (coba) survei ke lokasi asli, tapi di bukunya kami ambil sedekat mungkin apa persamaannya," jelas dia lagi.

Pemilihan lokasisyuting di Gunung Kidul pun menjadi tepat karena lokasitersebut juga terkenal mengandung misteri dan mirip dengan tempatasli kejadian KKN di Desa Penari.

Nggal cuma set lokasiyang dibuat mirip denganaslinya, namun beberapa adegan yang tertuang dalam versi cerita yang viral itu juga dicoba diterjemahkan dalam bentuk visual.

Seperti bagian ular-ular yang ikut masuk dalam cerita, pada syutingnya disebutkan menggunakan sekitar 110 ekor ular yang digambarkan menari-nari di permukaan air. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya