Asian Games 2022 Resmi Ditunda Karena Melonjaknya Kasus Baru Covid-19 di China

Sabtu, 07 Mei 2022 | 06:49

Asian Games 2022 Resmi Ditunda Karena Melonjaknya Kasus Baru Covid-19 di China

HAI-Online.com- Penyelenggaraan Asian Games 2022yang bakal berlangsung di Kota Hangzhou, China pada September nanti resmi ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan karena melonjaknya kasus baru Covid-19.

Ajang olahraga itu dijadwalkan bakal dihelat selama 15 hari, mulai dari 10 - 25 September 2022. Akan tetapi sekarang telah diputuskan untuk ditunda karena China tengah mencoba menghentikan kebangkitan besar infeksi Covid-19 di beberapa bagian negara itu.

Baca Juga: Masih Sakit dan Performa Turun, Marc Marquez Dipuji Bos Repsol Honda
Hangzhou terletak kurang dari 200 km dari kota terbesar Shanghai, yang telah mengalamilockdownselama berminggu-minggu sebagai bagian dari pendekatan tanpa toleransi Partai Komunis yang berkuasa terhadap penanganan virus tersebut.

Dilansir dariAFP,Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah membuat sebuah pernyataan pada Jumat (6/5/2022) kemarin, bahwa keputusan untuk menunda Asian Games diambil oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan ukuran kompetisi.

Dalam pernyataan itu diungkap, bahwa tanggal baru untuk penyelenggaraan Asian Games 2022 di Hangzhou akan diumumkan menyusul dalam waktu dekat.

OCA mengatakan bulan lalu bahwa Hangzhou, sebuah kota berpenduduk 12 juta di Cina timur, telah selesai membangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.

Pada saat itu, mereka mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk tetap mengadakan acara di bawah agenda pengendalian virus yang belajar dari pengalaman sukses pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang diadakan pada Februari lalu dalam gelembung aman Covid yang ketat.

Dari situ Hangzhou siap menjadi kota ketiga di China yang menjadi tuan rumah kompetisi kontinental setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Beberapa acara juga tadinya akan diadakan di kota-kota provinsi lainnya termasuk Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Baca Juga: Cowok Butuh Skincare yang Lebih Intens Dibanding Cewek, Ini Alasannya!

Akan tetapi, imbas dari penundaan Asian Games tahun ini pun membuat agenda Asian Youth Games, yang dijadwalkan akan diadakan pada Desember 2022 di kota Shantou, China jadi ikut dibatalkan juga, padahal ajang tanding mahasiswa ini telah ditunda satu kali.

Dikutip dari Kompas.com, pertandingan Universitas Dunia yang dijadwalkan akan dimulai bulan depan di Chengdu dan sudah ditunda dari tahun lalu, juga diperkirakan akan ikut ditunda. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya