5 Adegan Film Action Menantang yang Ternyata Dibuat Murni Tanpa CGI

Selasa, 03 Mei 2022 | 15:05
Warner Bros.

Joker dan Batman dalam film The Dark Knight

HAI-ONLINE.com - Buat lo penggemar film action modern pasti nggak asing lagi kan sama scenes mobil terbang, meledak, ataupun gedung pencakar langit yang meledak?

Yaps, faktanya adegan tersebut biasanya dibuat dengan bantuan Computer Generated Imagery (CGI) agar terlihat nyata.

Namun, ternyata ada beberapa film adegan action modern yang menggunakan efek praktis tanpa bantuan CGI, tetapi tetap memiliki kesan menakjubkan lho! Kira-kira film apa saja ya? Yuk kita simak!

  • Tenet (2020)

Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini berhasil menjadi film blockbuster Hollywood pertama yang tayang saat pandemi Covid-19.

Film Tenet bercerita tentang karakter protagonis yang berusaha mencegah terjadinya perang dunia ketiga dengan menjelajah waktu.

Melalui film ini, lo akan melihat adegan ledakan dan bencana yang melibatkan pesawat terbang. Uniknya, scenes ini ternyata dilakukan secara nyata tanpa CGI.

Selaku sutradara, Nolan membeli Boeing 747 yang sudah pensiun dan menabrakkannya ke sebuah gedung demi film ini.

Menurut Nolan dan timnya, justru aksi yang dilakukan secara nyata ini lebih murah dibandingkan membuat dengan bantuan CGI.

  • Dunkirk (2017)

Selain Tener, Christopher Nolan ternyata sukses membawa film Dunkirk menjadi nominasi Oscar 2017.

Film yang menceritakan tentang perang ini berhasil mendapat pujian karena kualitas visual dan suara yang baik sehingga memberikan kesan nyata, terutama pada adegan perkelahian pesawat Spitfires di Selat Inggris.

Lagi-lagi dilakukan secara nyata, Nolan meminjam pesawat Spitfires dari Imperial war Museum dan meminta pilot dari Royal Air Force untuk menerbangkannya.

Adegan tersebut menerbangkan pesawat sebanyak 12 kali di atas Selat Inggris untuk mensimulasikan pertempuran.

Dengan begitu, film ini membuktikan aksi tersebut bisa dilakukan secara nyata dan hanya menggunakan efek praktis untuk terlihat nyata. Keren sekali ya?!

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Terbuka Pemuda Indonesia Mencapai Angka 14 Persen, Siniar Obsesif Musim 5 Menghadirkan Konten Tentang Dunia Kerja

  • The Dark Knight (2008)

Seperti yang kita ketahui bahwa Christian Nolan lebih menyukai membuat adegan secara nyata dan efek praktis dibandingkan CGI, inilah film pertama yang ia terapkan.

Adegan truk terbalik berhasil dimainkan secara nyata di film ini.

Dengan mengambil resiko adegan berbahaya, Nolan menggunakan piston yang ditempatkan secara hati-hati untuk meluncurkan truk secara terbalik.

Tak sia-sia, hasilnya pun berhasil dan semua selamat dalam melakukan adegan ini.

  • Mad Max: Fury Road (2015)

Film action post-apocalyptic berjudul “Mad Max: Fury Road” telah meraup ratusan juta dolar dan memenangkan beberapa Oscar akibat adegan yang disajikan dibuat secara nyata, tanpa CGI dan green screen.

Hal itu dibuktikan dengan salah satu adegan ketika pahlawan mencoba melarikan diri melintasi gurun dengan truk minyak dan timbulah pasukan preman yang berusaha menghentikannya.

Adegan tersebut memerlukan stuntman yang benar-benar memanjat ke ujung tiang yang menempel pada mobil yang bergerak dan berayun maju mundur dengan kecepatan tinggi, lalu melompat dari tiang ke truk. Untuk memenuhi adegan ini membutuhkan waktu persiapan sekitar 8 minggu dengan jumlah 150 stuntman.

  • Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004)

Siapa diantara kalian yang penggemar Harry Potter? Pasti lo akrab dengan adegan menakjubkan di The Prisoner of Azkaban, yaitu ketika Harry secara tidak sengaja menggelembungkan Bibi Marge yang kejam.

Nyatanya adegan tersebut mengharuskan Pam Ferris, pemeran Bibi Merge, mengenakan kostum seberat 23 kilogram yang terdiri dari karet tiup sehingga bisa digelembungkan satu lapis dalam satu waktu, bahkan termasuk wajahnya!

Tak hanya itu, adegan tersebut membutuhkan proses yang sangat teliti karena melibatkan kabel tersembunyi dan 38 setelan wol dengan ukuran berbeda. Wah penuh perjuangan banget ya ternyata!

Itu dia 5 adegan film action yang dilakukan secara nyata tanpa bantuan CGI. Mereka berhasil membuktikan bahwa tanpa bantuan CGI pun adegan tersebut berhasil! Buat lo yang penasaran, cepetan tonton yuk!

(ariella kinari)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya