Karakter Gay di Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Jadi Penyebab Gagal Diputar di Arab Saudi

Sabtu, 23 April 2022 | 12:00
Marvel Studios

Doctor Strange

HAI-ONLINE.COM - Doctor Strange in the Multiverse of Madness garapan Marvel ini nggak akan diputar di Arab Saudi dan beberapa negara lain di Arab karena ada karakter gay.

Menurut sumber, dilansir dari Variety, Jumat (22/4/2022), Lembaga Sensor Arab Saudi nggak mengeluarkan izin untuk merilis film di kerajaan, karena perubahan yang mereka minta tidak disetujui Disney.

Sekuel terbaru yang disutradarai Sam Raimi ini dibintangi Benedict Cumberbatch, serta menampilkan pahlawan baru America Chavez yang diperankan bintang Xochitl Gomez.

Karakter mereka dalam film tersebut dilaporkan gay, sesuai dengan bagaimana dia digambarkan dalam komik Marvel.

Sekuel Doctor Strange yang akan dirilis 6 Mei mendatang ini, awalnya dijadwalkan akan rilis di Arab Saudi dan negara Teluk lainnya pada 6 Mei. Namun wilayah tersebut, film-film yang berisi atau tentang seks, homoseksualitas, dan masalah agama, secara rutin dipotong untuk mematuhi aturan sensor.

Dalam hal ini, Disney nggak mau atau nggak bisa melakukan edit yang diminta oleh lembaga sensor.

Baca Juga: Gokil! Fans Ilustrasikan Iron Man Versi Tom Cruise di Doctor Strange 2

Selain Doctor Strange in the Multiverse of Madness, penonton lokal juga nggak bisa nonton Eternal, setelah Disney menolak untuk mengedit foto yang menyertakan ciuman sesama jenis, dan “West Side Story”, karena menampilkan karakter transgender.

Namun ini bukan menjadi masalah yang khusus untuk Saudi. Pasalnya penjualan tiket lanjutan dari sekuel Doctor Strange nggak tersedia di Saudi, Kuwait, dan Qatar, namun dijual di Uni Emirat Arab.

Ini menunjukkan bahwa film tersebut akan di rilis di sana, karena lembaga sensor di Emirates baru-baru ini menjadi longgar. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya