30 Tahun Bareng, Ahmad Dhani: Saya dan Andra Playmakernya Dewa 19

Rabu, 20 April 2022 | 17:30
Instagram @andra_photo

Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan yang 30 tahun menjadi personel Dewa 19

HAI-ONLINE – Sejak debut albumnya berjudul ’19’ dengan lagu hits ‘Kangen’ di tahun 1992, terhitung telah 30 tahun band Dewa 19 berkarir di dunia musik dan kadar legend-nya nggak usah diragukan lagi.

Selama 3 dekade tentunya bukan perjalanan yang mulus-mulus aja bagi Ahmad Dhani cs, pasang surut kesuksesan, pergantian personel terutama vokalis Ari Lasso ke Once Mekel di akhir 90an yang sempat membuat publik kaget.

Namun, buktinya Dewa 19 yang saat itu menanggalkan nomor 19 nya menjadi Dewa merilis album ‘Bintang Lima’ di tahun 2000.

Album ini menggambarkan judulnya dan terbukti sangat meledak di pasaran, laku jutaan keping, dan melebihi pencapaian album-album terdahulu.

Namun sekali lagi, di tahun 2011 Dewa 19 harus kehilangan sosok vokalis yaitu Once Mekel.

Seakan nggak bisa move on dari suara emas dua mantan vokalisnya, Andra Ramadhan sempat mengatakan dalam sebuah interview kalau susah untuk menggantikan penyanyi sekaliber Once Mekel dan Ari Lasso.

Baca Juga: Didatangi Ahmad Dhani, Ari Lasso Bakal Ikut Tur 30 Kota Dewa 19?

Diketahui Andra Ramadhan adalah satu-satunya personel Dewa 19 selain Ahmad Dhani yang nggak pernah meninggalkan band asal Surabaya ini.

Selama 30 tahun lebih mereka bermain musik bersama di Dewa 19. Dalam jumpa pers 30 tahun Anniversary Dewa 19, musisi yang kerap disapa Pakdhe ini menerangkan pengalaman band ini berganti personel.

Kompas.com

Dewa 19 bersama Ello dan Virzha dalam konferensi pers 30 tahun band

"Menurut saya, 30 tahun (usia lagu Kangen) ini wajib dirayakan karena tidak mudah. Khususnya saya sama Andra yang sudah benar-benar 30 tahun, saya sama Andra playmakernya Dewa 19," ujar Ahmad Dhani dalam jumpa pers di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (19/04/2022).

Lalu vokalis Ahmad Band dan TRIAD itu mengenang masuknya personel Dewa 19 yang lain yaitu bassist Yuke Sampurna dan drummer Agung Gimbal.

"Kalau sama Yuke sudah 20 tahun ya. Gila lama juga ya, Yuk, dan Agung sudah menjadi drummer sejak 2007, 15 tahun berarti," ujar Dhani.

Baca Juga: Nggak Milih Rilis 'Juliette' Versi Once dan Virzha tapi Malah Ello, Ahmad Dhani: Kayak Jodoh-jodohan Lah!

Sebelumnya posisi bass diisi oleh almarhum Erwin Prasetyo dari tahun 1992-2002 dan digantikan Yuke Sampurna yang sebelumnya mengisi The Groove dan menjadi session player Yovie Nuno, sementara Agung Gimbal menjadi drummer Dewa 19 terlama karena sudah 15 tahun menjadi personel resmi.

Ayah dari Al, El, dan Dul ini juga mengakui dampak nyata yang diberikan sahabat sekaligus mantan vokalisnya, Ari Lasso sejak terbentuknya band sampai tahun 1998 ketika ia memutuskan keluar.

Vokalis pertama Dewa 19 ini sampai sekarang masih erat hubungannya dengan Dewa 19. "Selama perjalanan itu Ari Lasso resign tahun 1998. Terus 1999 ganti Once. Ari Lasso itu dari awal ya. Ari lasso memang nggak 30 tahun bersama Dewa 19, tapi dia berhak merasakan bermusik selama 30 tahun ini. Ari Lasso cuma 6 tahun di Dewa, tapi dampaknya jelas," pungkas Ahmad Dhani. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya