Mengenang Kematian The Rev, M Shadows: Meski Berat, Kita Harus Move On

Selasa, 19 April 2022 | 14:35
Screenshot YouTube

Vokalis Avenged Sevenfold, M Shadows

HAI-ONLINE.COM -Kehilangan seorang personel adalah salah satu hal yang paling ditakuti sebuah band, apalagi dikarenakan faktor kematian.

Inilah yang dirasakan unit heavy metal Avenged Sevenfold pada penghujung tahun 2009 ketika harus rela melepas kepergian drummer mereka, mendiang Jimmy ‘The Rev’ Sullivan yang meninggal di usia yang cukup muda, 28 tahun.

HAI

Mendiang drummer Avenged Sevenfold, Jimmy 'The Rev' Sullivan

Melansir dari podcast Tuna on Toast with Stryker, M Shadows selaku vokalis band yang bisa disingkat A7X ini memaparkan bagaimana ia dan para personel band yang tersisa bisa ‘move on’ secara professional sepeninggal drummer yang nggak jarang juga mengisi vokal itu.

“Ya, itu sangat berat, bayangin seberapa pahit lo kehilangan seorang bandmate terlebih seorang sahabat ketika orang-orang akan merayakan pesta tahun baru. Dan melihat sesuatu yang sangat mengejutkan melihat dia meninggal di usia semuda itu, dengan bakat sebesar itu, dan dia adalah sahabat gue, membayangkan gue nggk bisa ketemu dia lagi, itu gila,” kenang Shadows.

Namun ia lalu menjelaskan bagaimana bandnya bisa bangkit dari keterpurukan dan terus melakukan bidang apa yang mereka tekuni karena mereka nggak punya pilihan lain.

“Bukan berarti ini baik-baik saja atau bagaimana, kita harus menyembuhkan luka ini, kita harus move on cepat atau lambat, lalu dalam waktu sebulan kita berpikir bagaimana menyelesaikan album yang sudah kita kerjain bareng dia (The Rev), akan sangat buruk jika nggak segera kita selesaikan,”

Baca Juga: 5 Kabar Terkini Album Terbaru dari Avenged Sevenfold, Makin Mewah dengan Orkestra yang Digarap di Eropa

Lalu akhirnya di tahun 2010, album yang harus selesai itu akhirnya dirilis dan diberi tajuk ‘Nightmare’ yang beberapa part drumnya diisi oleh mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy yang memang idola dari The Rev. ‘So Far Away’ menjadi tribute untuk mendiang sang drummer dan terlihat jelas dalam lirik serta video klip yang menampilkan seberapa dekat mereka sebagai personel dan sahabat.

Selain itu, di album ini kita juga bisa mendengar persembahan terakhir dari The Rev lewat lagu ‘Fiction’ yang seharusnya dinyanyikan olehnya namun masih setengah dan akhirnya harus diselesaikan M Shadows. Seakan tahu ajal akan menjemputnya lirik terakhir yang dinyanyikan The Rev adalah “I hope it’s worth it, here on the highway yeah, i know you’ll find your own way, when i’m not with you.”

Kini formasi penggebuk drum Avenged Sevenfold diisi oleh Brooks Wackerman yang dulunya adalah drummer Bad Religion dan session player banyak musisi terkenal salah satunya proyek Tenacious D milik Jack Black.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya