Nggak Kalah Ngebut sama US, Jerman Juga Punya 'The Big Teutonic 4'!

Selasa, 03 Mei 2022 | 19:35
Summer Breeze Festival

The Big Teutonic 4, Kreator, Sodom, Destruction, dan Tankard

HAI-ONLINE.COM -Apa yang terlintas di benak lo ketika dengar istilah genre ‘thrash metal’? Pasti band-band seperti Metallica, Slayer, Megadeth, dan Anthrax. Atau band Bay Area Thrash selain ‘The Big 4’ tadi seperti Exodus, Overkill, Testament, dan Death Angel?

Nah tapi jangan salah sob! geliat musik bertempo cepat ala punk yang menyatu dengan sound metal yang agresif nggak cuma ada di Amerika, Eropa juga punya skena musik thrash metal yang nggak kalah gawat!

Terlebih khususnya di Jerman dengan ‘Teutonic Thrash Metal’ yang menjadi pengaruh besar lahirnya Death Metal dan Black Metal.

Baca Juga: Bakar Bufthaim Meninggal Dunia, Formasi Rotor di Album Legendaris 'Behind the 8th Ball' Telah Tiada

Untuk itu, simak nih 4 band yang masuk ke dalam ‘The Big Teutonic 4’ berikut ini.

1. Kreator

Kreator adalah grup band thrash metal asal Essen, Jerman yang memulai karir di tahun 1982. Bernama Tormentor di awal berdirinya, band ini memainkan musik yang terpengaruh dari Slayer dan Venom.

Secara musik, mereka sedikit berbeda dengan Bay Area Thrash Metal dari segi brutalitas dan speed.

Secara speed, Kreator bisa diadu dan bahkan untuk beberapa lagu bisa dibilang lebih cepat dariband-band lain, dan untuk gitar, berbeda dari Sodom dan Destruction yang hanya punya 1 gitaris, Kreator punya dua gitaris yang membuat musiknya lebih melodius namun tetap agresif.

Style ini juga yang sangat berpengaruh dalam menciptakan genre Melodic Death Metal 90an yang bermarkas di Gothenburg, Swedia dengan band-band seperti In Flames, At the Gates, dan Dark Tranquillity.

Beranggotakan Mille Petrozza pada vokal dan gitar, Jürgen 'Ventor' Reil pada drum, Speesy Giesler pada bass, Sami Yli- Sirniö pada gitar, Kreator telah membuat 16 album dan hampir selalu konsisten dalam jalur musik thrash metal kecuali di album Renewal, Cause for Conflict, Outcast dan Endorama yang dirilis di dekade 1990-an karena mereka telah mengeksperimenkan musiknya ke arah elemen industrial, gothic, dan avant garde.

Baca Juga: Rayakan Empat Dekade Karier, Kreator Makin Penuhi Kebencian di Album Terbaru 'Hate Über Alles'

2. Sodom

Setelah Kreator, ada Sodom yang merupkan band thrash metal yang terbentuk pada tahun 1981 di Gelsenkirchen, Jerman.

Nama Sodom diambil dari film klasik berjudul ‘Sodom and Gomorrah’. Sampai sekarang Sodom telah menelurkan 16 album penuh sepanjang karirnya.

Musik Sodom pada awalnya terinspirasi dari band-band speed metal seperti Motorhead, Tank, Accept, dan Venom dan setelah menggarap dua buah demo, akhirnya mereka mendapat kontrak dengan record label Steamhammer.

Bersama dengan Kreator dan Destruction, Sodom turut menciptakan sound yang mampu membawa musik metal ke tingkat yang lebih ekstrem yitu black metal dan death metal.

Vokalis Tom Angelripper juga dijuluki sebagai versi Jerman dari Lemmy Kilmister karena memiliki suara mirip vokalis Motorhead itu namun lebih gahar dan sama-sama seorang bassist.

3. Destruction

Baca Juga: Bullet for My Valentine Siap Rilis Single Baru 'Omen' Jumat Ini!

Selanjutnya, ada Destruction, band thrash metal Jerman yang terbentuk di tahun 1982 di Weil am Rhein.

Bernama awal Knight of Demon, band ini terinspirasi dari band-band seperti Iron Maiden, Mercyful Fate, Motorhead, dan Venom. Band ini memiliki formasi yang sama dengan Sodom yaitu vokalis-bassist, 1 gitaris, dan drummer.

Beranggotakan Schmier pada bass dan vokal, Randy Black pada drum, dan Damir Eskic pada gitar, band ini telah menelurkan 15 album selama perjalanannya. Dan mirip dengan Kreator, band ini tetap konsisten dalam jalur Thrash Metal namun sempat berubah di era 90an, lalu kembali ke jalur yang benar di tahun 2000an dengan kembalinya Schmier sebagai frontman.

Senada dengan Kreator dan Sodom, lirik dari lagu-lagu Destruction bertemakan kematian, politik, kekerasan, dan anti-fasisme yang dibalut dengan musik thrash metal yang kencang dan gahar.

4. Tankard

Tankard adalah band thrash metal asal Frankfurt yang dibentuk di tahun 1982. Musik Tankard sedikit berbeda dari 3 band ‘The Big Teutonic 4’ lainnya karena nggak seagresif Kreator, Sodom, dan Destruction namun mereka memainkan thrash metal yang lebih menyenangkan mirip seperti Anthrax di ‘The Big 4’ versi US.

Secara lirik Tankard pun juga berbeda dari ‘The Big Teutonic 4’ lain. Band ini lebih berfokus pada lirik seputar alkohol, bersenang-senang, dan pesta pora.

Saat ini Tankard beranggotakan Andreas Gerre pada vokal, Frank Thorwarth pada bass, Olaf Zissel pada drum, dan Andreas Gutjahr pada gitar dan telah menelurkan 18 album sepanjang karirnya di dunia musik thrash. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya