Ini Dia 7 Rekomendasi Film Dokumenter Musik yang Nggak Ngebosenin

Kamis, 31 Maret 2022 | 12:05
Metal: A Headbanger’s (2005)

Metal: A Headbanger’s (2005)

HAI-ONLINE.com - Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa film dokumenter itu cenderung membosankan dan membuat ngantuk.

Faktanya, film dokumenter menjadi salah satu genre yang unik dan menarik untuk ditonton karena mendokumentasikan suatu kenyataan, lho.

Nah, tapi lo juga harus tahu kalau nggak selamanya film dokumenter itu membosankan. Ada beberapa film dokumenter yang bercerita soal musik, festival musik, bahkan band legendaris.

Film tersebut dikemas dengan deretan aksi panggung yang keren, lagu-lagu paling dahsyat, hingga terdapat nilai historis di dalamnya.

Ini dia 7 rekomendasi film dokumenter musik yang layak lo tonton dan jadi koleksi pribadi.

Hype (1996)

Film dokumenter yang disutradarai oleh Doug Pray ini mengadaptasi jenis musik grunge yang banyak diminati pada awal tahun 90an.

Dengan berfokus pada perkembangan popularitas musik grunge di Amerika, film ini menyertakan tampilan aksi konser dan interview dari pentolan musisi atau band grunge seperti TAD, Mudhoney, Nirvana, Soundgarden, The Melvins, Pearl Jam, dan masih banyak lainnya.

Tentunya film ini dikemas dengan sangat menarik, mulai dari grunge yang hanya musik garasi, hingga saat ini telah menjadi pop culture, dan juga menceritakan sebuah label rekaman kecil semacam Sub Pop records yang saat ini telah berhasil menjadi label yang berpengaruh di dunia musik.

Selama menonton film ini, lo akan ditemani dengan lagu-lagu klasik grunge yang melegenda lho!

Baca Juga: Olivia Rodrigo Bocorin Dua Lagu dengan Aransemen Baru di Film Dokumenternya: Ada yang Berasa Punk Rock!

Heima (2007)

Sesuai dengan judulnya Heima yang memiliki arti dalam Bahasa Inggris yaitu at home, film dokumenter ini menceritakan soal tur Sigur Ros keliling Iceland di tahun 2006 lalu.

Selain menampilkan tur mereka, terdapat juga kegiatan seru dari Sigur Ros ketika bermain di coffee shop.

Buat lo yang suka menikmati indahnya pemandangan, film ini cocok untuk ditonton! Melalui film ini, lo banyak disuguhkan pemandangan alam Iceland dan juga tampilan gambar dengan nuansa soft sehingga nyaman untuk dilihat.

Selain itu, film Heima ini diiringi oleh musik Ros yang bisa membuat bulu kuduk lo berdiri, hehehe!

The Beatles Anthology (2003)

Dari judulnya saja sudah The Beatles Anthology pasti lo tau kan pemain film ini siapa? Yaps, The Beatles! Berbeda dari film sebelumnya, dokumenter ini berupa serial yang dibagi kedalam beberapa bagian.

Awalnya, dokumenter ini dirilis di TV selama beberapa musim, lalu dilanjut dengan bentuk VHS dan Laserdisc. Hingga akhirnya pada 2003 dokumenter ini dirilis dalam bentuk DVD yang bisa lo beli.

Kalau lo penggemar berat The Beatles, wajib nih nonton series dokumenter ini karena sejarah panjang The Beatles akan lo ketahui.

Mulai dari awal mula mereka terbentuk, menjalani karier sebagai musisi, sampai akhirnya mendapat posisi sebagai salah satu band terbesar di dunia.

Woodstock (1970)

Kalau lo mencari film dokumenter tentang festival musik terbesar dan bersejarah di dunia, film Woodstock jawabannya! Melalui film ini, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam cerita yang ada di festival bersejarah tersebut mulai dari aspek musik, lingkungan, venue, hingga kehidupan di belakang panggung dan proses pembuatannya.

Dengan menonton film dokumenter ini, lo akan banyak belajar sejarah soal Woodstock karena melihat bagaimana puluhan ribu orang yang hadir dibuat terkesima dengan aksi musisi yang manggung.

Musisi itu ada Jimi Hendrix, Joan Baez, Joe Cocker, dan masih banyak lagi.

Tak hanya film dokumenter, film ini hadir dalam versi Director’s Cut yang berjudul “3 Days of Peace and Music” berdurasi 225 menit.

Glastonbury (2006)

Nah, kalau tadi sudah bahas festival musik terbesar dan bersejarah di dunia, sekarang kita bahas festival musik terbesar di Inggris.

Festival musik tersebut diprakarsai oleh sekumpulan kaum hippie di tahun 70-an yang sampai saat ini masih terus berjalan tiap tahun. Sebagai sutradara, Julien Temple mencoba memaparkan sejarah Glastonbury dari 1970 sampai 2005.

Film ini berhasil menceritakan Glastonbury dari berbagai aspek, seperti alasan orang-orang datang kesana, rela bermandi di lumpur, dan juga menampilkan musisi yang pernah tampil di sana.

Metal: A Headbanger’s (2005)

FYI, film ini sempat menggemparkan dunia musik beberapa waktu lalu lho! Film yang disutradarai oleh pecinta metal, yaitu Sam Dunn dan Scott McFayden berhasil memasukkan berbagai elemen musik ke dalam film ini.

Mereka berdua mengemas film ini menjadi sangat kompleks dan rapih dengan menyajikan asal mula musik metal, kulturnya, kontroversi yang beredar di sekitarnya, hingga alasan orang mencintai musik jenis metal ini.

Tak hanya itu, mereka juga menjabarkan musik metal dari yang paling awal hingga berbagai subgenre dan menghadirkannya dengan memakai chart tipe family-tree.

Dokumenter ini juga dilengkapi dengan wawancara bersama musisi metal terkenal, seperti Alice Cooper, Tom Araya, Kerry King, dan masih banyak lainnya.

American Hardcore (2006)

Film ini cocok untuk lo penggemar musik hardcore punk! Sekadar informasi, film ini ternyata diambil dari sebuah buku berjudul American Hardcore: A Tribal History yang ditulis juga oleh penulis film ini, lho! Berbagai band-band pionir genre hardcore punk seperti Bad Brains, Black Flag, Minor Threat, turut hadir di film ini.

American Hardcore menceritakan bagaimana hardcore punk muncul dan berevolusi dari tahun 1980 sampai 1986. Selain itu, berbagai aksi musik hardcore punk hadir secara terang-terangan di sini sehingga membuat pergerakan hardcore sukses tergambar dengan jelas.

Itu dia 7 rekomendasi film dokumenter yang nggak akan ngebosenin, kira-kira favorit lo yang mana nih?

(Ariella Kinari)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya