Turkiye Diyanet Foundation dan Kementerian Pendidikan Turki Buka Beasiswa SMA, Lengkap Tunjangannya

Rabu, 02 Maret 2022 | 19:35
(Dok. TDF)

TDF International Imam Hatip High School Scholarship Program 2022.

HAI-ONLINE.com - Kementrian Pendidikan Turki bersama Turkiye Diyanet Foundation (TDF) luncurkan Program Beasiswa TDF 2022, buat kalian yang butuh beasiswa SMA lengkap dengan tunjangan di Turki.

Melansir Kompas.com, pendaftaran beasiswa ini kembali dibuka untuk siswa SMP yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMA di tahun ajaran 2022/2023, dengan batas waktu pendaftaran hingga 15 Maret 2022.

Dengan Program Beasiswa TDF, siswa berkesempatan untuk melanjutkan SMA di Anadolu Imam Hatip High School. SMA Anadolu Imam Hatip berada di bawah Kementerian Pendidikan Nasional Turki, pendidikan menengah umum dengan sistem kelas-kelas sains, sosial, bahasa, olahraga, seni, serta kelas tentang ilmu-ilmu Islam.

Beasiswa ini terbuka untuk siswa muslim dari luar Turki dengan tujuan memajukan pendidikan bagi warga muslim dunia, meningkatkan kolaborasi budaya dengan negara penerima beasiswa, serta pertukaran pengetahuan tentang agama.

Walau pelajaran tentang pendidikan Islam masuk dalam kurikulum wajib, kurikulum umum yang diberikan sama seperti yang didapat oleh siswa SMA sekolah umum, sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana dan seterusnya.

Selain seluruh biaya pendidikan dan hidup ditanggung, siswa juga mendapat tempat tinggal di asrama hingga tiket pulang pergi ke negara asal setiap tahunnya, sehingga bisa bertemu keluarga tanpa keluar biaya.

Baca Juga: Rayakan 25 Tahun, Closehead Umumkan Tur dan Lagu Terbaru: Ini Menjadi Pencapaian Terbesar Kami

Cakupan beasiswa

  1. Gratis biaya sekolah dan perlengkapannya seperti baju seragam, buku, dan tunjangan beasiswa.
  2. Dapat tempat tinggal di asrama siswa dengan fasilitas makan tiga kali sehati, wifi, air hangat, ruang rekreasi, serta kantin.
  3. Tiket pesawat pulang pergi setiap tahun ke negara asal.
  4. Asuransi kesehatan selama menjalani pendidikan.
  5. Pemberian baju khusus untuk menghadapi musim dingin yang diberikan setahun sekali.
  6. Dibiayai kegiatan Summer Camp untuk mengisi masa liburan ke resor di luar kota dan melakukan aktivitas seperti berenang, olahraga dan rekreasi.
  7. Bebas mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti mendalami Al-Quran, Metematika, Bahasa Arab, Bahasa Turki, Bahasa Inggris dan lainnya.
Ketentuan umum pelamar Pelamar untuk Program Beasiswa Sekolah Menengah Anatolia Imam Hatip harus memenuhi ketentuan berikut:

  1. Bukan merupakan warga negara Turki.
  2. Tanggal dan tahun lahir tidak kurang dari 01 Januari 2006.
  3. Lajang (belum menikah).
  4. Lulus dari sekolah (menengah atau menengah) yang setara dengan kelas 8 di Turki dengan capaian yang baik (70 persen).
  5. Tidak dikenakan sanksi atas tindakan disipliner apapun selama menempuh pendidikan di negaranya.
  6. Tidak pernah mengulang atau diskors dari sekolah lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan sekolah menengah.
  7. Tidak menyelesaikan sekolah dasar di Turki.
  8. Tidak memiliki masalah kesehatan mental atau fisik atau hambatan untuk belajar di Turki.
  9. Keluarga siswa berdomisili di luar Turki.
  10. Bukan pengungsi dan tidak tinggal bersama keluarga di Turki. Melainkan tinggal di negaranya sendiri di mana ia adalah warga negara negara tersebut (Warga Negara Indonesia).
Pendaftaran beasiswa

Untuk informasi lebih rinci tentang beasiswa seperti cakupan, syarat, proses seleksi, daftar dokumen yang diperlukan, hingga pendaftaran kalian bisa mengunjungi link: https://diyanetburslari.tdv.org/en/uluslararasi-imam-hatip-lisesi-programi/#

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beasiswa SMA di Turki 2022, Sekolah Gratis dan Tunjangan Lengkap".

(Tanya Audriatika)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya