Ketahui Mood Kucing dari Macam-Macam Pose Tidur Mereka

Senin, 28 Februari 2022 | 21:05
Pixabay

Kucing bengal

HAI-Online.com – Tahukah kalian bahwa pose atau posisi tidur kucing itubisa menggambarkan mood atau suasana hatimereka?

Seperti yang kita tahu, pose tidur kucingitu macem-macem, mulai dari meringkuk dengan melengkungkan tubuhnya, telentang dan memperlihatkan perutnya, mendekam, miring, hingga tidur dengan mata setengah terbuka.

Ternyata, tiap pose ini punya arti tersendiri yang merepresentasikan suasana hati mereka lho.

Buat lebih jelasnya,simak niharti 5 pose tidur kucing,sebagaimana dirangkum dari Newsweek:

  1. Meringkuk atau melingkar
Terkadang kucing akan tidur melingkar atau meringkuk dengan menyatukan kaki belakangnya bertemu dengan kepalanya ketika mereka kedinginan.

Kucing liar yang hidup di jalanan atau hutan, akan mengambil pose tidur ini untuk dua maksud. Pertama, untuk menghangatkan tubuhnya. Dan kedua, untuk melipat tubuhnya menjadi kecil agar nggak terlihat oleh predator.

Menurut dr. Lori Teller dari Texas A&M University, dalam pose ini kucing juga sering menutup matanya dengan kedua kaki depannya.

"Kucing mengambil posisi ini jika dirinya merasa sangat nyaman atau kelelahan, dan seolah memberi tanda agar tak ada yang mengganggu karena mereka berniat tidur lelap,"tutur Teller.

Baca Juga: 7 Hewan yang Jadi Simbol Kematian dan Nasib Buruk, Apa Sebabnya?

  1. Tidur dengan mata setengah terbuka
Terkadang dalam berbagai macam pose, kucing akan terlelap dengan mata setengah terbuka. Dalam pose ini, kucing mengalami dua fase kesadaran, yaitu setengahnya tertidur, dan setengahnya lagi terjaga waspada.

Kucing akan tidur dalam kondisi begini jika ia merasa lingkungan di sekitarnya nggak terlalu aman, sehingga mereka merasa harus tetap waspada terhadap bahaya musuh atau predator.

  1. Mendekam
Ketika mendekam, kucing biasanya akan melipat kaki dengannya ke depan tubuhnya.

Vicki Jo Harrison, Presiden The International Cat Association (TICA), menyatakan bahwa kucing akan memilih tidur dalam posisi ini ketika mereka mengantuk, namun setengah kesadarannya ingin tetap terjaga dan waspada.

Jadi ketika terjadi ancaman, posisi tubuhnya memudahkan mereka untuk segera beraksi bangun juga berlari.

"Kucing yang tidur mendekam biasanya merasa nyaman berada di sekitar pemiliknya, meski mereka tetap waspada dan siaga," ujar Harrison.

  1. Tidur miring
Kucing yang tidur miring atau menyamping biasanya berada dalam mood yang tenang dan bahagia. Mereka percaya dengan lingkungan di sekitarnya dan merasa sangat rileks.

"Pose tidur miring memiliki arti kucing sangat tenang dan damai sehingga kucing bisa tidur pulas dan lama,"jelas Harrison.

Baca Juga: Nggak Cuma Minta Makan, Ini Beberapa Alasan Kucing Suka Ngikutin Kita

  1. Tidur telentang
Kucing yang tidur telentang dengan memperlihatkan perutnya terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Apa arti dari pose ini? Dr. Lori Teller menegaskan bahwa ketika kucing tidur dalam posisi ini berarti kucing berada dalam mood terbaiknya, dan kucing percaya penuh pada lingkungan di sekitarnya.

Perut adalah organ sensitif bagi kucing. Jadi ketika mereka mau memperlihatkan organ ini terbuka dan bebas untuk disentuh, berarti kucing sudah sangat nyaman dan percaya pada kalian.

Waspadai perubahan posisi tidur kucing

Berbagai macam pose tidur kucing bisa menunjukkan kondisi mood kucing.Terus, adakah posisi tidur yang harus kita khawatirkan?

Ketika kucing menunjukkan perubahan kebiasaan tidurnya, maka kalian harus waspada. Karena bisa jadi, kucing tengah mengalami gangguan kesehatan.

Dr. Jacqueline Brister dari Embrace Pet Insurancememaparkanbahwa perubahan kebiasaan tidur kucing atau kucing yang jadi berkurang waktu tidurnya alias sering terjaga, adalah salah satu tanda kucing tengah terganggu suatu penyakit.

"Semisal kucing yang mengalami gangguan organ dalam, mereka akan tidur dalam posisi yang melindungi organ yang tengah sakit. Atau mereka akan dalam posisi yang seolah-olah tak mau disentuh sama sekali,"jelas Brister. (*)

Baca Juga: 4 Fungsi Kumis pada Kucing, Salah Satunya sebagai Perlindungan Diri

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Newsweek

Baca Lainnya