Review Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Rasa Flagship yang Harganya Lebih Irit

Rabu, 02 Februari 2022 | 12:35
Sobry/HAI

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Rasa Flagship yang Harganya Lebih Irit

HAI-Online.com- Semakin ke sini, orang-orang semakin mengejar sesuatu yang berstatus flagship, termasuk juga untuk gadget di tangan mereka.
Nah, di awal tahun 2022 ini Samsung memberikan jalan keluar untuk para penggemar hp seri flagship-nya, yaitu Galaxy S2 FE 5G.
Seperti namanya, smartphone ini merupakan turunan dari seri Galaxy S21 yang merupakan hp flagship terbaru mereka namun dengan tambahan status barunya: FE (Fan Edition) menjadikan smartphone ini lebih mudah dijangkau penggemar.
Selain bisa lebih cepat memilikinya karena harganya yang jadi lebih irit_bisa hemat Rp 2-3 jutaan dari S21 plus, tambahan 5G dibelakang S21 FE juga bikin pembeli semakin yakin untuk memilikinya dan menggunakannya di tahun ini sampai tahun-tahun berikutnya karena ponsel ini udah mendukung jaringan teknologi generasi kelima untuk berinternet cepat.
Kalo begitu, pengalaman apa saja yang menjadi highlight Galaxy S21 FE 5G bisa terasa flagship-nya?
Menurut pengalaman HAI setelah menggunakan S21 FE 5G selama lebih dari tigapekan, desain dan bobot ponsel Fan Edition ini paling terasa beda.
Meski berbahan dasar polikarbonat, bodi belakang S21 FE punya kelebihan desain warna yang lebih soft matte gitu, enak digenggam sehari-hari dan ringan.
HAI

S21 FE 5G

Suatu kebetulan HAI mendapat warna putih yang begitu unboxing bungkusnya, kesan minimalis namunflagshipudah bisa terasa mirip saat membuka hp merek Amerika.
Sebenarnya ada juga pilihan warna lain yang ceria tapi lembut di bodi S21 FE ini
kayak warna olive, ungu BTS atau hitam matte yang elegan.
Namun jujur, warna putih ini berkesan. Sekali lagi, meski nggak berbahan kaca seperti bodi kakaknya, polikarbonat ini yang membawa efek ke bobot S21 FE jadi lebih ringan dari seri-seri yang udah pernah diluncurkan Samsung sebelumya, bobotnya cuma 177 gram dengan dimensi155.7 x 74.5 x 7.9 mm yang secara keseluruhan enak digenggam-dipakai untuk keseharian.
Namun buat kalian yang terbiasa mobile gaming, ringan dan tipisnya smartphone ini perlu dibiasakan karena bisa saja pas lagi push rank ada kemungkinan hp ini "terbang" sanking ringannya, untungnya nggak kejadian karena tonjolan desain pada bodi 3 kamera utama di belakangnya menahan jari kiri kita sehingga tetap menjaga S21 FE dalam genggaman.
Soal muka,Galaxy S21 FE 5G dibekali layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate-nya 120 Hz, dengan touch sampling rate 240 Hz, Eye Comfort Shield dan pakai AI based blue light control juga yang udah bikin nyaman buat visual nonton, main medsos, dan gaming yang berkualitas.
Selanjutnya kesan flagship juga terasa di S21 FE ini karena bodinya bersertifikat IP68 yang bikin di tahan air (30 menit) dan debu. Jadi nggak kaleng-kaleng, bisa diajak renang atau nggak bikin kaget saat hp kecipratan.
Nah, yang bikin sedikit kaget dari bawaan S21 FE 5G adalahSamsung tidak menyertakan kepala charger dalam box penjualanya. Jadi, saat membeli, kita cuma bakal mengeluarkan ponsel, kabelUSB Type-C dan sim ejector, tanpa headset dan kepala charger.
Meski begitu,Galaxy S21 FE ini sudah mendukung pengisian daya yang super cepat sampai dengan 25W untuk mengisi ulang baterai berkapasitas 4.500 mAh.
Baca Juga: Udah 10 Tahun Lebih, Gitaris Slipknot Jim Root Belum Mau 'Unboxing' Gitar Barunya Oh ya, gimana soal performanya, rasa flagship itu bakal terasa kom di S21 FE karena bagaimana pun ponsel seharga Rp 8 jutaan (RAMdan penyimpanan 8/128 GB) inidibekalichipset Exynos 2100 dengan fabrikasi 5nm yang setara dengan hp flagship regular series S21.

Jadinya, bisa banget diterima dengan lapang dada oleh kamu yang sedikit irit namun berjiwa flagship.
Soal kualitas kamera bagaimana? Galaxy S21 FE yang dibekali tiga kamera utama di belakang udah cukup mumpuni buat kamu beraktivitas atau ngonten. Mirip kakaknya, tiga kamera yang didesia memanjang itu punya bawaan kamera utama 12 MP (f/1.76 dengan OIS) PDAF, kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, 123 derajat), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4 dengan OIS).

Nah, kamera telefoto ini punya kemampuan zoom hingga 30x denganoptical zoomsebanyak 3x). Kalo pencahayaan kamu cukup saat mengambil gambar, hasil bidikan kamu nggak akan oecah begiru diperbesar. Itu udah flagship dong.

Belum lagi, kamera depan 32 MP (f/2.2wide) juga cukup memuaskan kualitas selfie kamu untuk dibagikan ke teman-teman. Begitu juga waktu mau membuat video, beberapa fiturnya udah cukup flagship untuk membuat konten yang nyaman diperlihatkan ke khalayak dengan kualitas video rekaman sampai 4K.

Nah, buat kamu yang aktof bikin konten agak banyakan lagi, kamu bisa pilih varian Samsung Galaxy S21 FE 5G dengan RAM dan penyimpanan 8/256 GB yang harganya dipatok Rp 9 juta. Tuh, ngak nyampe dua digit, kamu udah bisa dapet hp kualitas flagship. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya