Kamu Nggak Suka Keramaian, Kunjungi 5 Kota Tersepi di Indonesia

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:15

Suasana perkebunan di pagar alam

HAI-Online.com- Kebanyakan orang ketika pergi ke suatu tempat, mereka bakal mencari lokasi pusat keramaian. Di sana dapat ditemukan kehidupan beragam dan hati menjadi tidak kesepian.

Namun, ada beberapa dari kita yang justru suka sebaliknya. Pergi menyambangi suatu tempat namun mencari ketenangan dengan cara menghindari keramaian.
Nah, dengan luasnya kepulauan di Indonesia, ternyata ada beberapa kota yang masuk ke dalam list berpendudung sedikit alias kepadatan penduduknya sepi.
Baca Juga: Tenang Bikin Cover Lagu, Eventori Ajak Musisi dan Kreator Cover Singer Urus Hak Cipta dan Royalti
Nah, kamu yang mau mencoba tinggal di kota yang sepi, HAI punya daftarnya:
1. KotaSubulussalam
Tahukah kamu,di Indonesia masih ada daerah yang luasnya dua kali Jakarta namun penduduknya sepi. Kota itubernama Subulussalam yang terletak di Provinsi Aceh.
Kota ini tercatat punya kepadatan penduduk yang renggang hanya mencapai 67 jiwa/kilometer perseginya.
Secara total, kota ini hanya dihuni oleh 93.457 jiwa. Padahal kota ini punya luas sekitar 1.391 kilometer persegi atau dua kali lipat luas DKI Jakarta.
2. Tidore Kepulauan

Sekarang kita tilik wilayah Timur Indonesia yang berada di Provinsi Maluku Utara, Kota Tidore Kepulauan.
Yap, kota ini juga punya kepadatan penduduk yang sepi yakni sebanyak 71 jiwa/kilometer persegi.
Terkenal sebagai Kota rempah-rempah, kawasan ini dihuni oleh 111 ribu jiwa dengan luas wilayahnya mencapai 1.550 kilometer persegi.
Baca Juga: 6 Kota Terpanas di Indonesia Menurut BMKG, Suhunya Bisa Mencapai 36 Derajat Celcius

3. Palangkaraya

Yang ini mungkin agak akrab didengar telinga. Pasalnnya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah inj juga dikenal sebagai salah satu kota tersepi di Indonesia dengan kepadatan penduduk hanya 93 jiwa per kilometer.

Dengan luas wilayah mencapai 2.853 kilometer persegi, kota ini hanya cuma dihuni oleh 266.020 jiwa.

4. Dumai

Bukan singkatan dari dunia maya, ya! KotaDumai yang ada di Provinsi Riau ini menjadi salah satu kota yang paling sepi di Indonesia lantarankepadatan penduduknya cuma mencapai 174 jiwa per kilometer persegi.

Namun, dengan luas wilayah 2.039 kilometer persegi, kota yang berpenduduk 308.812 jiwa ini dikenal sebagai salah satu kota terkaya di Indonesia.

5. Pagar Alam

Sebuah nama kota di SumatraSelatan ini memiliki kepadatan penduduk 211 per kilometer persegi.

Dengan luas hampir sama dengan DKI Jakarta, yaitu 633 kilometer persegi, kota ini memiliki penduduk sebanyak 189.761 jiwa.

Meski seluas DKI, namun tidak ada gedung pencajar langit di kota ini hanya ada rumah-rumah kecil berbaris rapi di sana memagari kawasan alam teh yang indah. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya