6 Hal yang Lo Perlu Tahu Sebelum Pakai WhatsApp Aero yang Lagi Ramai

Kamis, 06 Januari 2022 | 17:05
Tangkapan layer laman whatsaero.com

Meski punya banyak fitur yang nggak dimiliki versi official-nya, WhatsApp Aero itu aman, nggak, sih?

HAI-Online.com – Belakangan ini WhatsApp Aero jadi salah satu topik yang lagi ramai dibicarain netizen. Banyak yang penasaran apa itu WhatsApp Aero hingga nyari tahu cara download-nya.

Apa sih bedanya WhatsApp Aero dengan versi WhatsApp yang umum digunakan?

WhatsApp Aero sendiri merupakan aplikasi versi modifikasi dari WhatsApp yang dimiliki oleh Meta atau kerap disebut WhatsApp MOD. Aplikasi ini mirip dengan WhatsApp MOD lain, yakni WhatsApp GB (WA GB) atau WhatsApp Plus.

Bisa dibilang, WhatsApp Aero bukan aplikasi resmi yang berada di bawah naungan Meta, seperti aplikasi WhatsApp biasa.

WhatsApp Aero dibuat oleh seorang pengembang perangkat lunak asal Turki, Hazar Bozkurt. Nggak cuma itu, secara pengalaman pengguna, WhatsApp Aero juga memiliki fitur tambahan yang nggak dimiliki aplikasi WhatsApp orisinil.

Sejauh ini, download WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di perangkat Android.

Melansir laman resminya, whatsaero.com, WhatsApp versi ini memiliki sejumlah keunggulan yang nggak dimiliki versi official-nya, mulai dari fitur ganti tema sampai message scheduling.

Baca Juga: Apa Itu WhatsApp GB? Inilah Penjelasan dan Bahaya Penggunaannya

Namun apakah WhatsApp Aero ini aman digunakan?

Biar nggak penasaran, simak nih 6 hal yang perlu lo tahu dari WhatsApp Aero yang lagi ramai ini.

1. Nggak tersedia di Google Play Store

Download WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan lewat pihak ketiga, yakni di situs WhatsApp Aero dengan mengunduh file APK. Setelah diunduh, WhatsApp Aero juga nggak dapat secara otomatis diinstall ke ponsel Android karena bakal terdeteksi sebagai aplikasi yang berasal dari sumber nggak dikenal.

Biasanya, pengguna perlu untuk mengatur perizinan di ponsel Android terlebih dahulu supaya bisa menginstal aplikasi dari sumber nggak dikenal. Setelah WhatsApp Aero terpasang, aplikasi bakal muncul di halaman layar ponsel dengan ikon mirip WhatsApp asli.

2. Bisa nyembunyiin status online WA

Fitur pertama WhatsApp Aero adalah memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan beragam status yang ada di WhatsApp.

Misalnya, menyembunyikan status online yang biasa muncul di bawah nama pengguna ketika berada di ruang obrolan atau status pesan telah dibaca.

WhatsApp Aero juga akan menyembunyikan bahwa pengguna telah melihat Status WhatsApp pengguna lain, menyamarkan mikrofon biru yang menandakan voice note (pesan suara) telah didengar, tanda sedang merekam voice note, dll.

Baca Juga: Foto Profil WhatsApp Doi Tiba-Tiba Ngilang? Bisa Jadi Lo Lagi Diblokir, Cek 4 Tandanya!

3. Ada fiturmessage scheduling

WhatsApp Aero juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pesan balasan ke daftar kontak agar terkirim secara otomatis. Jadi, pengguna dapat membuat pesan terlebih dahulu kemudian mengatur jadwal pengiriman pesan tersebut.

Pengguna WhatsApp orisinil nggak akan dapat melihat pesan dan Status di WhatsApp yang statusnya sudah terhapus. Namun, berbeda cerita dengan di WhatsApp Aero.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur agar pesan dan Status tetap dapat terlihat meski sudah terhapus.

4. Punya tema dan emoji yang lebih banyak

WhatsApp Aero juga memiliki banyak tema yang bisa digunakan pengguna untuk mengganti tampilan. Pengguna dapat mengunduhnya lewat perpustakaan milik WhatsApp Aero.

Selain itu, pengguna juga dapat mengganti emoji bawaan WhatsApp dengan emoji yang bersumber dari berbagai platform lain, misal iOS, Facebook, dan sebagainya.

5. Bisa nge-hide gambar dan video tersimpan

Selain fitur di atas, WhatsApp Aero juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan gambar, foto, video, atau GIF, yang telah tersimpan di galeri pesan WhatsApp. Jadi, file media tersebut hanya bisa dilihat di WhatsApp Aero saja, nggak di galeri.

Ada pula fitur lain seperti mengatur jenis font yang akan dipakai pada satu kolom obrolan. Kemudian, pengguna juga bisa mengirim dokumen atau file dengan beragam format yang nggak didukung WhatsApp official.

Baca Juga: Begini Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghapus Chat History

6. Keamanannya nggak terjamin

Meski WhatsApp Aeromengeklaimnggak menyimpan datapengguna di servernyaserta dilindungi enkripsiend-to-end WhatsApp,tapi keamanannya masih dipertanyakan. Sebab, aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga, seperti aplikasi WhatsApp Mod lainnya.

Pihak WhatsApp sendiri bakal memberi sanksi bagi pengguna yang memakai WhatsApp Aero dan sejenisnya.

Mengutip laman resmi WhatsApp, perusahaan mengatakan akan memblokir akun pengguna yang memakai WhatsApp MOD, termasuk WhatsApp Aero. Sanksi ini diberikan karena aplikasi itu dinilai telah melanggar aturan layanan WhatsApp. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya