9 Daerah Terdingin di Indonesia, Paling Rendah Bisa Sampai 9 Derajat Celsius!

Sabtu, 01 Januari 2022 | 11:35
ediginting.com

Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

HAI-Online.com – Meski tergolong negara beriklim tropis hinggacuacanya cenderung panas karena nggak mengalami musim dingin, Indonesia memiliki sejumlahdaerah bersuhu dingin.

Suhu dingin tersebut bukan disebabkan oleh faktor musim, melainkan berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

Nah, HAI bakal bagiin nih 9 daerah yang punya suhu udara terdingin di Indonesia, yang bahkan bisa mencapai 9 derajat celsius!

Baca Juga: Berlaku Januari 2022, Ini Aturan Baru Sekolah yang Boleh Tatap Muka 100 Persen

  1. Kota Mulia
Kota terdingin di Indonesia adalah Kota Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Kota dengan luas daratan 883 km2 ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kota Mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya dengan total penduduk mencapai 24.649 jiwa.

Suhu udara di Kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celsius ketika malam hari. Bahkan, suhu di Kota Mulia bisa mencapai titik beku. Hal itu karena lokasinya yang nggak terlalu jauh dengan pegunungan Jaya Wijaya.

  1. Waghete - Papua
Selain Kota Mulia, daerah terdingin di Indonesia berikutnya juga ada di Papua, yakni Waghete. Waghete merupakan kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua.

Saat siang hari, suhu di kota Waghete dapat mencapai 15 derajat celsius. Sedangkan di malam hari, suhu di kota itu bisa mencapai hingga 10 derajat cesius.

  1. Mamasa - Sulawesi Barat
Mamasa merupakan kabupaten yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Barat. Terletak di ketinggian 1.900 mdpl, Mamasa masuk jajaran daerah terdingin di Indonesia.

Pemandangan di kabupaten Mamasa sangat indah dengan tanaman hijaunya. Nuansa sejuk makin terasa dengan mengunjungi daerah agrowisata dan perkampungan tradisional di sana.

  1. Ruteng - Nusa Tenggara Timur
Wira Nurmansyah

Kota Ruteng

Berikutnya ada Ruteng di Pulau Flores. Secara administratif, Ruteng merupakan kecamatan yang terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah NTT terkenal dengan pemandangan yang indah.

Salah satunya adalah Ruteng yang juga sering disebut sebagai Praha-nya Indonesia. Sebab, di Ruteng, banyak bangunan dengan desain modern di tengah ketinggian wilayahnya yang mencapai 1200 mdpl.

Selain memiliki pemandangan indah, Ruteng juga memiliki Gua Liang Bua. Tempat ditemukannya sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresiensis.

  1. Berastagi - Sumatera Utara

Berastagi merupakan salah satu obyek wisata populer jika berkunjung ke Sumatera Utara. Terletak di Kabupaten Karo, wilayah Berastagi diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang terdapat air terjun Sikulikap.

Daerah ini juga memiliki desa kuno, seperti desa Lingga dan Tongko. Berastagi, kabupaten Karo terletak di ketinggian 1.300 mdpl di atas permukaan laut. Berastagi juga termasuk jajaran daerah terdingin di Indonesia.

  1. Gayo Lues - Aceh

Sebagai provinsi paling barat di Indonesia, sejumlah daerah di Aceh juga memiliki suhu udara yang dingin. Salah satunya adalah Kabupaten Gayo Lues yang terletak pada ketinggian 1.000 mdpl.

  1. Batu - Jawa Timur

Kota Batu di Jawa Timur termasuk ke dalam daftar daerah terdingin di Indonesia. Kota Batu sebelumnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang, namun kini telah berdiri menjadi kota administratif sendiri.

Kota Batu terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.700 mdpl. Dengan letak ketinggian itu, suhu di kota Batu tergolong dingin namun terasa segar ditambah pemandangan yang mempesona.

  1. Baturaden - Jawa Tengah

Daerah Baturaden merupakan kecamatan di Kabupaten Banyumas. Daerah ini memiliki ketinggian 980 meter di atas permukaan laut.

Wilayah Baturaden juga berada di sebelah selatan Gunung Slamet. Dengan wilayah tersebut, Baturaden selalu memiliki suhu yang sejuk sejak siang dan dingin pada malam hari.

Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Beberapa diantaranya adalah air terjun dengan nama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit jika kita mandi dengan air tersebut.

  1. Ciwidey, Bandung - Jawa Barat

Yang terakhiradalah daerah Ciwidey di Kabupaten Bandung. Daerah ini terkenal dengan tempat wisata Kawah Putih.

Dengan ketinggian mencapai 1.200 mdpl, Ciwidey masuk jajaran wilayah terdingin di Indonesia. Suhu udara rendah masih dapat dirasakan saat sinar matahari tengah terik-teriknya maupun saat masuk musim kemarau. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "9 Daerah Terdingin di Indonesia, Suhunya Bisa Sampai 9 Derajat Celsius"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya