6 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Pariwisata, Nggak Cuma Jadi Guide Lho!

Rabu, 06 Maret 2024 | 10:09
Wikimedia

Ilustrasi Pemetaan Destinasi Wisata

HAI-Online.com – Kalian punya hobi traveling atau bepergian ke tempat-tempat baru? Nah mungkin pariwisata bisa jadi jurusan yang bisa pilih geluti saat mendaftar kuliah nanti!

Namun sebenarnya kuliah pariwisata itu gunanya apa dan bagaimana prospek kerjanya, sih?

Buat kalian yang memiliki keinginan untuk kuliah pariwisata tapi masih nggak yakin apakah nanti bisa mudah mendapatkan pekerjaan atau nggak, sebaiknya jangan khawatir.

Prospek untuk bekerja di industri pariwisata terbuka sangat lebar. Terutama karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tujuan pariwisata terbesar di dunia.

Merangkum laman Batam Tourism Polytechnic, setidaknya ada 6 prospek kerja menjanjikan bagi lulusan pariwisata. Yuk kita simak bareng-bareng!

Baca Juga: Inilah 10 Jurusan Bergengsi buat Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

1. Pengelola tempat wisata

Saat ini, ada banyak tempat wisata yang tentu membutuhkan pengelola untuk mengembangkan bisnis. Pengelola tempat wisata sendiri masih terbagi menjadi beberapa bagian lagi.

Beberapa pekerjaan terkait dengan pengelolaan tempat wisata meliputi:

  • Kebersihan lokasi
  • Konsep wisata
  • Tata letak objek wisata
  • Pengelolaan lahan terkait dengan bisnis di sekitar lokasi wisata seperti penginapan, restoran, dll
  • Promosi tempat wisata
  • Penjualan merchandise resmi
  • Layanan pengunjung
  • Event organizer
Nah dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kalian bisa mengintegrasikan pengelolaan tempat wisata dengan internet. Beberapa hal yang bisa kalian lakukan termasuk mengelola website dan media sosial tempat wisata tersebut.

Nantinya kalian akan bisa mengimplementasikan ide-ide segar untuk mengembangkan tempat wisata yang kalian kelola.

2. Tour guide

Salah satu pekerjaan paling populer berkaitan dengan pariwisata adalah menjadi tour guide. Pekerjaan ini menuntut kalian untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan mendalam mengenai tempat-tempat wisata.

kalian bisa fokus ke satu wilayah saja, atau kalian juga bisa menawarkan jasa tour guide ke seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri.

Penguasaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat penting di bidang ini. Dengan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik, kalian akan bisa melayani wisatawan nggak hanya domestik, tapi juga mancanegara.

Baca Juga: Tingkatkan Kecerdasan Berbisnis, Binar Academy Buka 2 Program Baru untuk Kejar Prospek Pekerjaan Kritis di Indonesia

3. Trip organizer

Pergi berwisata membutuhkan perencanaan yang matang untuk memaksimalkan waktu sehingga wisatawan bisa berlibur sepuas mungkin. Sering kali, orang ingin berwisata tapi nggak punya waktu atau nggak memiliki cukup informasi untuk menyusun itinerary sendiri.

kalian bisa mengambil kesempatan ini untuk menjadi trip organizer. Sebagai trip organizer, kalian perlu menyusun itinerary secara efektif dan menyusun rencana anggaran. kalian juga perlu memikirkan mengenai penginapan dan tempat makan. Setelah kalian memiliki itinerary yang matang, kalian bisa membagikan rencana trip ini dan mengajak orang untuk berwisata bersama.

Ada beberapa keuntungan dari trip bersama seperti ini. Pertama, wisatawan bisa menghemat budget karena biaya untuk transportasi dan lain sebagainya bisa ditanggung bersama. Kedua, mereka akan terbantu dengan itinerary yang kalian susun.

Selain itu, peserta trip yang berasal dari tempat dan latar belakang berbeda bisa saling berkenalan satu sama lain sehingga perjalanan pun menjadi lebih seru.

4. Konsultan pariwisata

Selain menjadi trip organizer, kalian juga bisa menjadi konsultan pariwisata. Biasanya konsultan pariwisata banyak dicari oleh orang-orang yang hendak bepergian ke luar negeri. Selain memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata untuk dikunjungi, kalian juga bisa membantu wisatawan menyusun rencana perjalanan mereka.

Rencana perjalanan yang kalian susun bisa termasuk rekomendasi tempat menginap, rekomendasi tempat makan, rekomendasi tempat belanja, dan tips-tips bermanfaat mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya jangan dilakukan.

Kalian juga bisa membantu wisatawan mengurus dokumen-dokumen yang mereka butuhkan seperti passport, visa, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Prospeknya Nggak Cuma Jadi Dokter Hewan! Inilah Seluk Beluk Jurusan Kedokteran Hewan

5. Travel writer dan influencer

Beberapa tahun belakangan, profesi ini makin populer. Banyak orang membagikan pengalaman perjalanannya di berbagai media seperti blog dan website. Selain itu, kalian juga bisa menyusun buku panduan wisata.

Meski banyak orang yang lebih suka mencari informasi di internet, buku panduan pariwisata ternyata tetap memiliki pembacanya sendiri. Biasanya buku-buku ini dibawa bepergian oleh traveler dan dianggap sebagai kitab suci selama perjalanan mereka.

Apapun media yang kalian pilih, usahakan untuk memberikan informasi secara lengkap dan akurat. Kalau kalian menuliskan pengalaman wisatamu secara online, pastikan untuk meng-update secara berkala sehingga orang yang membaca selalu mendapatkan informasi yang bisa diandalkan.

Lengkapi panduan wisatamu dengan foto-foto, jadwal keberangkatan kereta, harga makanan di berbagai tempat, dan hal-hal lain yang dibutuhkan selama perjalanan.

6. Perhotelan

Bisnis pariwisata sangat erat kaitannya dengan bisnis perhotelan. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya hotel-hotel dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Tentunya, hotel di sekitar tempat wisata nggak hanya digunakan untuk kebutuhan turis menginap. Namun juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti wedding, bulan madu, dan bahkan sampai kebutuhan bisnis seperti seminar.

Pilihan profesi di bidang perhotelan juga sangat beragam dari mulai room service sampai kitchen staff, sehingga peluang lulusan pariwisata untuk bekerja di bidang perhotelan juga sangat luas.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, dari Jurnalis sampai YouTuber

Nah jadi itulah sederet prospek kerja yang bisa kalian dapatkan jika mengambil jurusan Pariwisata. (*)

Editor : optimization

Baca Lainnya