Yuk Biasakan 5 Cara Sederhana Ini untuk Meningkatkan Gaya Hidup Sehat Sepanjang 2022

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:03

Ikat tali sepatu olahragamu dan Biasakan 5 Cara Sederhana Ini untuk Meningkatkan Gaya Hidup Sehat Sepanjang 2022

HAI-Online.com – Soal kesehatan, sebaiknya kamu jangan mau diem atau jalan di tempat. Lakukan lagi kegiatan yang bisa membuat gaya hidup sehat kamu lebih meningkat. Caranya nggak susah, cukup sederhana seperti ini.

Orang bijak pernah bilang, apa pun perubahan yang dipilih dan dilakukan seseorang, perjalanan menuju ke kebiasaan kesehatan yang lebih baik hampir selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil.

Nah, dalam survei global terbaru yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition dan The Council for Responsible Nutrition (CRN) melalui OnePoll yang melibatkan sebanyak 13.000 orang responden, juga menemukan hal yang sebelas dua belas, yakni sebanyak 89% respondennya menyatakan bahwa mereka mengambil langkah-langkah kecil untuk improve kesehatan mereka.

Baca Juga: Minat Lari dan Gowes Meningkat, Herbalife Kembali Gelar Virtual Duathlon 2021

Sebagai hasil dari perubahan positif yang mereka lakukan tersebut, lebih dari setengah responden juga bilang bahwa mereka sekarang dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah, dan 48 persennya telah berhasil mengecilkan ukuran pinggang mereka.

Wih, sudah dapat sehat bonus juga bentuk badan yang ideal. Pastinya, kamu jadi mau tahu langkah apa sih untuk memulai perubahan demi meningkatan kesehatan secara holistik?

Nah, berikut ini adalag lima cara dari Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley agar kamu dapat mulai meningkatkan kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya;

1. Makan pakai pertimbangan nutrisi

Istock

Ngintip Tren Honbap, Budaya Makan Sendirian Bukan Cuma untuk Jomlo, yang Berpasangan Juga Lakukan Ini di Korea

Nggak asal seduh mi instan dan mengambil centong nasi panas di dapur ya, meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat bisa dimulai dari apa yang kamu lakukan di dapur, tetapi mungkin caranya memerlukan beberapa ide untuk menginspirasi.

Nah, saat ini belajar pinya resep baru itu lebih mudah dari sebelumnya. Kamu cuma tinggal googling "saraoan sehat" atau "makan siang sehat", maka ada ratusan ribu situs web dan video instruksional yang menawarkan tutorial hebat, dan kamu dapat menemukan resep untuk hampir semua bahan yang sesuai dengan selera atau diet apa pun, apakah itu paleo, vegetarian, atau vegan.

"Dari internet kamu dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat," kata Dr. Kent Bradley.

2. Hindari makanan cepat saji (Junk Food)

Makan buah

Selain makan makanan sehat, penting juga untuk mengurangi, atau bahkan menghilangkan makanan cepat saji atau junk food dari daftar makanan kamu.

"Kita terlalu sering membeli makanan ringan atau mengantre di drive-thru makanan cepat saji, saat kita belum menyiapkan makanan yang sehat, lezat, dan mengenyangkan di rumah. Cara itu yang diambil," katanya lagi.

Padahal, kesuksesan dalam mempersiapkan menu makan sehat itu dapat dimulai dengan membuat daftar sebelum pergi berbelanja. Membuat daftar belanja akan membuat kamu bisa memutuskan secara bijak apa saja yang akan dibeli di toko atau mini market. Oleh karena itu, luangkan beberapa menit untuk merencanakan setidaknya beberapa makanan untuk seminggu ke depan, mungkin dengan merujuk beberapa ide yang dilihat dalam mesin pencarian.

Baca Juga: Waktunya Anak Muda Nongkrong dan Makan Hidangan Meksiko di Taco Bell PIK

Dengan melakukan ini, kamu nggak cuma cenderung akan makan lebih sehat selama seminggu, tetapi kamu juga akan menghemat uang dengan menghindari membeli makanan cepat saji.

3. Mengkonsumsi vitamin atau suplemen

Minum Suplemen dan vitamin

Mengkonsumsi suplemen harian dapat membantu memastikan asupan nutrisi lengkap. Suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi sepanjang tahun dan beberapa suplemen dapat mendukung kekebalan tubuh.

"Suplemen juga dapat mendukung gaya hidup kamu. Dengan mengkonsumi sebelum melakukan aktivitas olahraga untuk membantu mencapai rekor pribadi. Selain itu dengan mendapatkan cukup protein dapar memeprbaiki otot setelah sesi angkat berat, atau hanya mencari keringat untuk jaga kesehatan secara keseluruhan," jelasnya.

Berdasar hasil survei, banyak responden berencana untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan suplemen ke dalam makanan mereka dan hanya 69% responden yang merasa pumya pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh vitamin dan suplemen.

Baca Juga: Terus Mengedukasi Pola Hidup Sehat untuk Masyarakat, PDUI Lanjutkan Kolaborasi Bareng Le Minerale 4. Rutin berolahraga

Punya teman olahraga

Memulai rutinitas kebugaran atau aktivitas olahraga pada saat ini mungkin masih menakutkan. Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kebugaran.

Situs gratis seperti HerbalifeNutritionFitness.com dapat memberikan latihan dan tips untuk membantu menjaga latihan dengan tetap menyenangkan dan aman sehingga dapat menghindari cedera dan tetap konsisten.

Berikutnya, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup lari atau jalan kaki di luar ruangan. Dengan bergabung suatu grup, kamu tidak hanya akan bertemu orang baru saja tetapi berolahraga dengan teman atau orang yang berpikiran sama akan membantu kamu tetap bertanggung jawab dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

"Yang paling penting, apapun yang kamu mau lakukan, pilih aktivitas yang disukai dan menyenangkan sehingga kamu bisa konsisten melakukannya," ujarnya.

5. Prioritaskan tidur

Fadel hidayat

Kurangtidur

Nah, jadwal tidur juga memainkan peran besar dalam pemeliharaan berat badan dan mental alertness.

Kurang tidur malah dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat kamu.

Di sisi lain, mendapatkan lama tidur yang tepat yaitu yang dijelaskan ahli adalah antara 7-9 jam semalam, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori ekstra itu sepanjang hari.

“Dimana pun posisi kamu berada dalam perjalanan pemeliharaan kesehatan dan kebugaran kamu saat ini, ketahuilah bahwa melakukan perbaikan gaya hidup sehat selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil," ujar Dr. Kent lagi memgingatkan.

Baca Juga: Tidur Lebih Awal Bisa Mencegah Kecanduan Masturbasi dan Bikin Lebih Bahagia

Terlepas apakah saat ini kamu telah memutuskan untuk membuat perubahan melalui pilihan pola diet, pilihan olahraga, atau pengaturan menu makanan, pemberian suplemen dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kamu.

"Kalo kamu membutuhkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana vitamin dan suplemen dapat membantu kebutuhan kamu, kamu dapat menghubungi atau berkonsultansi dengan ahli yang kamu kenal,” tutupnya.

Siap meningkatkan gaya hidup sehat versi kamu di 2022, mulai sekarang yuk. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya