Sebelum Elkan Baggott, Ada Juga Pemain Timnas Indonesia dengan Tinggi Badan Lebih dari 190cm Lho

Selasa, 21 Desember 2021 | 19:47
Dok. Tribunnews

Wahyu Wijiastanto

HAI-Online.com - Elkan Baggott makin menjadi buah bibir warganet usai mencetak gol pertamanya di Piala AFF 2021 ketika Indonesia bertemu dengan Malaysia, Minggu (19/12) lalu.

Salah satu yang bikin warganet bicarain Elkan adalah karena tinggi badannya yang begitu menjulang dibanding pemain timnas lain.

Pemain keturunan Inggris-Indonesia ini kabarnya memang punya tinggi badan 194 cm.

Pemain sepak bola di Indonesia yang bertubuh jangkung memang nggak banyak, apalagi yang tingginya menembus 190 cm.

Tapi sebelum Elkan Baggott, juga ada pemain Timnas lain dengan badan jangkung kayak gini. Ia adalah Wahyu Wijiastanto. Doi tinggi badannya 191cm.

Emang masih kalah tinggi dari Elkan. Tapi tetep aja langka bro untuk pemain sepak bola Indonesia dengan tinggi segitu!

Berikut kiprah dari Wahyu Wijiastanto saat ini.

Berkat perjalanannya di Persiba Bantul, Wahyu Wijiastanto pemain yang berposisi sebagai palang pintu ini, namanya menggema hingga Tim Nasional Indonesia.

Ia menghabiskan waktu bersama Laskar Sultan Agung sekitar empat tahun medio 2009-2012, dan satu tahun pada 2014-2015 setelah sempat hengkang ke Semen Padang.

Buto sapaan akrabnya mengaku paling berkesan bermain bersama Persiba Bantul, lantaran ia mendapat pengalaman luar biasa setelah dirinya menginjakan kaki di sana.

Baca Juga: Kacau! Korea Utara Makin Brutal Perlakukan Warganya Yang Nonton K-Pop

Edward Chong adalah satu dari beberapa sebab kepindahannya ke Persiba Bantul dari Persis Solo.

Ternyata, pelatih itu adalah idola dari pemain dengan postur 190 sentimenter ini.

"Coach Edward itu adalah orang yang paling berjasa di hidup saya, sampai saya masuk timnas juga berkat beliau," ujar Buto pada Tribunjogja.com, Jumat (12/2/2021).

Nama Wahyu Wijiastanto juga kerap menjadi langganan Timnas Indonesia junior dan Timnas Senior, pada 2006-2007 dan 2011-2013.

Kala itu di Timnas ia bersama pemain top lainnya seperti, Fery Rotinsulu, Tony Sucipto, Zulkifli Syukur, Ahmad Bustomi, Fandi Mochtar, dan beberapa lainnya.

Ketertarikannya bermain untuk Persiba Bantul juga ia utarakan, jika saat itu tim yang bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul ini selalu memiliki target yang tinggi.

"Saya suka dengan Persiba karena waktu itu mau target lolos ISL (Indonesia Super League), belum lagi saya punya kesempatan main bareng pemain-pemain bagus di Bantul," tambah Buto.

Dari sana, semangat Buto menggebu, di tahun keduanya berseragam Persiba Bantul, ia berhasil membawa Persiba Bantul promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2011.

Baca Juga: Reza Eks Noah dan Daftar Para Anak Band Hijrah, Masih Hafal Muka-Mukanya?

Momentum itupun menjadi laga yang paling berkesan baginya, lantaran saat itu tim kebanggaan Paser Bumi ini hanya perlu skor imbang untuk lolos ke Divisi utama, namun hingga akhir babak pertama Buto dan kolega tertinggal tiga angka, 0-3.

Namun pada saat-saat terakhir di babak kedua, Persiba Bantul mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3, dan lolos ke Divisi Utama.

Berkat perjalanannya itu, Nil Maizar kepincut dengan bek raksasa dari Bantul, untuk masuk skuadnya di Timnas Indonesia untuk ikut Piala AFF 2012. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul "Wahyu Wijiastanto, dari Persiba Bantul untuk Timnas Indonesia"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya