Cowok Perlu Merawat Kulit Ketiak Biar Nggak Hitam dan Rusak, Begini 4 Caranya!

Minggu, 19 Desember 2021 | 11:17
Asadove

Cowok Perlu Merawat Kulit Ketiak Biar Nggak Hitam dan Rusak, Begini 4 Caranya!

HAI-Online.com- Ada waktunya bulu ketiak cowok itu dicukur biar kalo masanya tumbuh nggak lebat-lebat amat sampai menjuntai, iya dong?
Nah, pada saat selesai mencukur itulah baru ketahuan mana nih kulit ketiak yang hitam dengan yang normal/ berwarna sewajarnya mengikuti warna kulit dasar.
Sayangnya nih, beberapa cowok kadang kurang perhatian dan sembarangan dalam merawat kulit ketiaknya.
Padahal, jika bagian itu terekspos misalnya saat berenang, olahraga atau memakai baju kutungan, orang lain yang melihatnya malah bisa jadi muak lantaran mata mereka disuguhi pemandangan kulit ketiak yang tidak sehat.
Baca Juga: Celana Dalam Ternyata Bisa Menjadi Sarang Kutu, Ini 4 Langkah Pencegahannya
Untuk itu, cowok juga perlu merawat kulit ketiaknya agar tidak hitam yang disebabkan daki dan kotoran, atau karena disebabkan iritasi pas cukuran.
1. Lakukan Eksfoliasi
Pertama, dalam rutinitas mandi yakni membersihkan kulit tubuh kita seluruhnya termasuk kulit di area ketiak. Biasanya cowok menganggap sudah cukup lah mencuci ketiak dengan sabun biasa, padahal tidak.
Ketiak adalah salah satu area tubuh yang paling rentan berkeringat, sehingga pembentukan sel-sel kulit mati dan kotoran juga lebih banyak di sana.

Sama seperti perawatan kulit wajah, selesai mencukur rambut ketiak, lakukanlah eksfoliasi secara rutin untuk merontokkan sel-sel kulit mati yang menghitam akibat menumpuk di permukaannya.

Gunakan scrub tubuh yang lembut untuk membuat kulut mati ketiak mengelupas sebanyak dua kali seminggu.

2. Pakai Pelembap Ketiak

Usai melalukan pencukuran, terkadang terjadi juga pengelupasan kulit yang dapat membuat ketiak jadi kering dan kusam.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan ketiak agar tetap sehat dan tidak rusak.

Kamu bisa mengoleskan body lotion sebagai pelembap di area ketiak setiap hari setelah mandi. Disarankan saat mandi sore atau mandi sebelum istirahat tidur malam.

Perlu diketahui juga, keringat tidak sama dengan merawat kelembapan ya karena kandungan kelenjar keringat mmbanyak ion dan garamnya.

3. Ganti Deodorannon-alkohol

Penggunaan produk yang ceroboh bisa menjadi salah satu alasan utama untuk semua masalah ketiak.

Selain membersihkan ketiak secara rutin, kita juga perlu memeriksa apa yang kita gunakan pada lengkungan ketiak.

Deodoran dengan kandungan alkohol tinggi ternyata dapat menggelapkan kulit ketiak, membuat kulit ketika menjadi sangat kering dan sering kali dapat menyebabkan iritasi.

Jadi, jangan pakai deodoran dengan kandungan alkohol tinggi dan beralihlah ke produk bebas alkohol. Selain itu, saat menyemprotkan deodoran spray, pastikan jaraknya 15 cm.

Baca Juga: Predator Helios 500 Resmi Dirilis Sambil Pamer Kecanggihan Streaming Selama 36 Jam Non Stop!

4. Rehat

Memiliki ketiak yang indah bukanlah hal yang instan. Kita harus berusaha terus-menerus namun juga perlu menyelingi dengan "break time" alias rehat.

Rehat yang dimaksud adalah mengistirahtkan ketiak dari bahan-baham kimia. Misalnya saat tidur biarkan ketiak tidak memakai deodoran, kamu dapat menganntinya dengan parfum malam.

Pagi harinya lakukan olahraga ringan agar tubuh termasuk ketiak mengeluarkan keringat, jangan lupa rehidrasi dan reionisasi biar kulit juga sehat dari dalam.

Selanjutnya, kita juga perlu mengembangkan rutinitas perawatan ketiak yang tepat seperti yang sudah dibahas di atas yaitu rutinitas CTM (cleansing, toning, dan moisturizing) untuk perawatan ketiak dan lakukan pengelupasan (eksfoliasi) kulit sebanyak dua kali seminggu. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya