Inilah 12 Tren 2022 yang Diprediksi Bakal Booming Menurut Instagram

Kamis, 16 Desember 2021 | 19:35
businessinsider.com

Instagram Reels

HAI-Online.com – Jelang pergantian tahun, Instagram untuk pertama kalinya merilis laporan yang berisi prediksi hal-hal yang bakal menjadi tren di tahun berikutnya lewat '2022 Instagram Trend Report’.

Dalam laporan tersebut, Instagram merilis sejumlah hal yang diperkirakan bakal jadi tren pada 2022, mulai dari digital thrift shop, konser live stream, penggunaan kosmetik berbahan "aman", video game, hingga rumah eco-friendly.

"Laporan ini adalah panduan kalian untuk tren mendatang sebagaimana didefinisikan oleh Gen-Z. Tren inilah yang akan membentuk budaya pada tahun 2022," tulis Instagram dalam blog resminya.

Dalam menyusun laporan ini, Instagram menggunakan survei dari YPulse, sebuah lembaga riset dan insight khusus untuk Gen Z dan Milenial. Per Oktober 2021, YPulse menyurvei 1.200 pengguna media sosial mingguan berusia 13-24 tahun yang berbasis di Amerika Serikat.

Nah, dari hasil survei tersebut, Instagram menyajikan laporan prediksi tren 2022 dari sejumlah kategori, seperti kecantikan dan mode, belanja, musik dan tari, kreator dan selebriti, pendidikan, kesehatan, gaming, dan lainnya.

Simak nih daftar tren 2022 versi Instagram yang dirangkum merangkum laporan 2022 Instagram Trend Report.

Baca Juga: Demi Mendalami Karakter Yuni, Arawinda Kirana Sampe Bikin Akun Instagram 'Palsu', Apa Sih Maksudnya?

Make up berbahan aman

Di kategori kecantikan (beauty), Instagram memprediksi bahwa kaum muda bakal lebih menjadi pemilih saat membeli produk perawatan kulit (skincare).

Dari hasil survei, satu dari tiga kaum muda disebutkan tertarik untuk membeli dan belajar lebih lanjut soal make up dan skincare yang "aman" di 2022.

Misalnya, penggunaan skincare berbahan dasar tanaman (plant-based), vegan makeup, dan menggunakan lebih sedikit produk skincare.

Gaya pakaian yang lebih berani

Di kategori fashion (mode), kaum muda diprediksi akan lebih berani dalam gaya berpakaian mereka di tahun 2022. Gen Z maupun milenial bakal menggunakan fashion sebagai sarana kegembiraan, optimisme, dan ekspresi diri.

Menurut survei YPulse, sebanyak 50 persen remaja dan orang dewasa muda (young adult) bakal menjajal bold fashion, seperti dark academia, goblincore, dan fashion nostalgic (vintage).

Tren digital thrift shop

Di kategori belanja, membeli barang dari toko loak (thrift shop) bakal menjadi tren di 2022.

Sebanyak 23 persen atau hampir satu dari empat anak muda diprediksi bakal lebih memilih untuk membeli pakaian dari thrift shop, bukan dari toko online ritel ternama.

Sekitar 27 persen atau lebih dari satu dari empat orang diprediksi disebut akan berbelanja langsung melalui feed media sosial mereka, khususnya dari fitur belanja yang ada di dalam aplikasi media sosial.

Instagram menyebutkan, perilaku membeli barang dari thrift shop sebenarnya membantu keberlanjutan global (global sustainability), yakni dengan menggunakan kembali pakaian bekas atau preloved.

Di samping itu, sebanyak 24 persen anak muda yang disurvei juga diprediksi bakal lebih berkontribusi dalam keberlanjutan pakaian (clothing sustainability), yakni dengan menjual pakaian bekas mereka melalui toko online atau media sosial.

Baca Juga: Instagram 2022 Bakal Mengaktifkan Chronological Feed untuk Kenyamanan Penggunanya

Lebih banyak dance challenge

Sepanjang tahun 2021, TikTok menjadi salah satu media sosial yang kerap melahirkan tantangan tarian (dance challenge) yang baru dan unik.

Pada 2022, lebih dari satu dari tiga remaja disebutkan tertarik untuk melihat lebih banyak dance challenge.

Musik yang nampilin lebih banyak visual

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang-orang lebih banyak berdiam di rumah akhirnya ikut melahirkan tren konser musik secara virtual.

Pada 2022, satu dari empat kaum muda juga masih diprediksi bakal menghadiri konser virtual. Sementara 24 persen pengguna Instagram disebut juga tertarik dengan pengalaman musik visual di tahun depan.

Instagram mencatat, 41 persen dari responden berusia 13-24 tahun yang disurvei ternyata adalah anggota kelompok penggemar (fandom) dari suatu band atau penyanyi.

Kreator layaknya selebritas

Di era yang serba online ini, Instagram menyebut kreator menjadi salah satu pihak yang berhasil memengaruhi dan menetapkan "selera" orang-orang secara online.

Bahkan kreator media sosial disebut sudah tumbuh menjadi sekelas selebritas kelas atas.

Instagram mencatat, empat dari lima kaum muda setuju bahwa selebritas yang lahir dari media sosial (misal selebgram) lebih memiliki pengaruh ke budaya dibandingkan selebritas "sebenarnya" (aktor, aktris, dan lainnya)

Selain itu, satu dari empat kaum muda juga meyakini bahwa influencer media sosial adalah penyebar paling penting, terlepas dari jumlah pengikut mereka.

Menilai ulang soal pendidikan dan karier

Instagram mengungkapkan, pada tahun 2022, Gen Z akan lebih memikirkan ulang tujuan pendidikan dan karier yang mereka inginkan.

Di bidang pendidikan, sebanyak 90 persen Gen Z meyakini bahwa pendidikan terpenting berasal dari pengalaman langsung di dunia nyata. Selain itu, mengingat mahalnya biaya kuliah, mereka mulai mempertimbangkan mengambil jalan alternatif.

Soal karier, 63 persen Gen Z setuju bahwa pandemi Covid-19 membuat mereka mempertimbangkan ulang pekerjaan idaman mereka. Sebanyak, 71 persen di antaranya lebih memilih memiliki bekerjaan yang bermakna meski dengan gaji yang lebih sedikit.

Baca Juga: Member BTS Kompakan Bikin Akun Instagram Pribadi, Username Jungkook Paling Aneh!

Lebih banyak eksperimen di dapur

Instagram memprediksi, kaum muda bakal lebih bereksperiman di dapur mereka sendiri. Misalnya dengan mencoba memasak resep yang rumit atau memasak menggunakan teknik yang rumit.

Sebanyak lebih dari satu dari empat kaum muda mencoba membuat sesuatu yang baru seperti memanggang roti dan kue aneh yang dibuat oleh kreator di media sosial.

Kesehatan

Di kategori kesehatan, kaum muda juga masih akan melanjutkan tren olahraga di rumah.

Selain olahraga, kaum muda juga mencari cara untuk terus menjaga kebugaran dan kesehatan mental, serta mengembangkan kreativitas mereka (menggambar, melukis, menulis musik, dan lainnya).

Karena pandemi membuat orang lebih banyak di rumah, Instagram juga melihat responden membuat rumah mereka menjadi lebih sustainable (keberlanjutan) dan eco-friendly (ramah lingkungan).

Video game

Bermain video game boleh jadi merupakan salah satu pelipur lara andalan banyak orang selama pandemi.

Pada tahun 2022, video game juga masih akan terus digemari. Sebanyak 40 persen kaum muda ingin melihat lebih banyak video game.

Sebanyak tiga dari sepuluh responden juga diprediksi melihat siaran langsung orang lain ketika bermain game.

Tren meme saham

Instagram juga melihat kaum muda mengandalkan meme sebagai salah satu media untuk menghibur diri.

"Meme, mereka adalah yang terbaik. Aku hidup untuk tertawa," kata salah satu responden survei.

Instagram mencatat, satu dari lima kaum muda tertarik pada astrologi dan meme saham pada tahun 2021. Pada tahun 2022, tren dua hal itu akan lebih meningkat lagi.

Dari hasil survei, tren budaya internet populer yang diharapkan lebih banyak dilihat oleh kaum muda di tahun 2022 adalah humor absurd dan cryptocurrency.

Baca Juga: Tren Tipu-Tipu Challenge Add Yours di IG Story, Jangan Serius Ikutan Sebar 9 Data Pribadi Kamu di Instagram Ya!

Aktivisme online terus berlanjut

Selama pandemi, orang-orang mengandalkan media sosial untuk menyebarkan aktivisme terkait suatu isu. Pada 2022, tren aktivisme secara daring juga masih terus berlanjut.

Bahkan, Instagram mengungkapkan kaum muda nggak segan meluangkan waktu, memberikan atensi, serta mengeluarkan uang mereka untuk aktivisme secara online tersebut. (*)

Tag

Editor : Alvin Bahar