Tips Lari Maraton dengan Prokes Saat Ikutan Run Challenge Maybank Marathon Anywhere 2021

Selasa, 07 Desember 2021 | 17:34
Rush runner community

Tips Lari Maraton dengan Prokes Saat Ikutan Run Challenge Maybank Marathon Anywhere 2021

HAI-Online.com - Ajang lari Maybank Marathon Anywhere 2021 dari seluruh kategori bakal segera digelar pekan ini. Semua peserta wajib menuntaskan run challenge sesuai kategori yang sudah dipilih untuk diselesaikan dalam satu periode waktu (single continuous run).

Pelari dapat menyelesaikan tantangan lari virtual ini pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 atau Minggu, 12 Desember 2021, dengan waktu pelaksanaan yang juga dapat ditentukan oleh masing-masing pelari.

Menurut Widya Permana, selaku Project Director Maybank Marathon, ajang lari ini bakal pengobat rindu para pecinta lari dan seklaigus juga menjadi mencerminkan konsistensi penyediaan wadah untuk tetap berkompetisi di era pandemi seperti saat ini. Dimana pelari bisa berlari sesuai jadwal di mamapun dan kapanpun waktu tantangan diambil.

Baca Juga: Maybank Marathon Anywhere 2021 Digelar Virtual, Ikuti Challenge Run-nya Akhir Tahun Ini

“Semangat ajang Maybank Marathon Anywhere 2021 tidak mengenal usia. Siapa pun dapat bergabung untuk merasakan pengalaman berpartisipasi dalam ajang marathon dan menjadikan pencapaian tersebut sebagai momentum perwujudan aspirasi diri.

"Maybank Marathon ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat pehobi olahraga lari untuk memenuhi kerinduan menghadapi run challenge," kata Widya dalam siaran tertulis yang HAI terima, Selasa (7/12/2021).

Nah, tidam sembarang lari, ajang ini bakal menguji kemampuan running peserta sesuai kemampuan dan targetnya di pendaftaran.
Untuk pelari yang bakal menempuh jarak masing-masing, tentu pilihan rute menjadi dalah satu yang ditentukan peserta.
Meski tanpa pengawasan para marshal, lari virtual ini tetap bisa dilaksanakan dengan prokes dan sekaligus tetap bisa menyelesaikan tantangan ke garis finish denganseterongditempuh dalam satu periode waktu.
Nah, buat kamuyang siap menantany diri di ajang lari maraton dengan tetap menjalankan prokes, simak empat tips untuk mempersiapkan diri sebelum menempuh jarak larinya.
1. Periksa kondisi kamu
Jangan mengklaim sehat atas perasaa , umtuk kamu yang bakal berlari maraton, melakukan pemeriksaan kesehatan seperti medicalcheck-upternyata penting untuk dilakukan sebelum memutuskan jadi salah satu peserta.
Konsultasikan ke ahli medis tentang kondisi kesehatan kamu untuk bisa maksimal menjaeab tantangan lari.
Kalo hasil kesehatan dan konsultasi menunjukkan rekomendasi yang baik, maka persiapkan dori dan perlengkapan untuk bisa dilakukan setelahnya.
Baca Juga: Nggak Ada Libur Nataru, Pelajar SD-SMA Wajib Ikut Kegiatan Pembentukan Karakter, Bolos Kena Tindakan!
2. Disiplinkan Latihan
Masih ada waktu untuk memanaskan "mesin" berlari kamu, yaitu kaki, dan tentu seluruh tubuh yanh akan diajak mengejar jarak tempuh.
Nah, kamu bisa mulai melakukan pemanasan sejauh lima atau 10 kilometer di dekat rumah. Persiapan ini akan membantu kamu untuk meraih jarak half marathon atau full marathon.
Jika pilihan kategori lari kamu masih ditahap pemula, latihan 2-3 km setiap hari akan membantu kamu siap berlari untuk jarak 5K atau 10 KM di run challenge nanti.
Latihan persiapan, pemanasan dan lari ini jila dilamukan dengan disiplin akan membangun memori otot kamu untuk bisa bertahan dalam tantangan lari esok hari.
3. Latih juga ketahanan fisik
Melatih kemampuan otot menempuh jarak yang akan dituju itu baik, apalagi jika sudah benar form berlarinya, maka hal itu akan mempermudah pelari untuk sampai di garis finish.
Namun akan lebih maksimal lagi, jika didukung dengan latihan ketahanan fisik seperticross trainingberupa berenang atau bersepeda serta olahraga intensitas tinggi atau rendah.
Tujuan dari kombinasi latihan fisik ini adalah untuk meningkatkan ketahanan tubuh atauendurancepelari untuk mendapatkan kemampuan berlari yang lebih seimbang.
4. Latihan menjaga jarak aman dan bermasker
Yap, dalam kondisi pandemi seperti ini menjaga ketahanan fisik juga butuh didukung dengan protokol kesehatan berolahraga.
Jika jarak yang diambil lebih dari 10KM, bawalah bekal dalam hydrobag berupa air mineral, camilan pemambah kalori, hand sanitizer dan masker ganti agar run challenge kamu tetap dapat menangkis penyebaran Covid-19.
Jika bertemu dengan sesama pelari di tengah race, kamu bisa menaikkan masker ke hidung dan menjaga jarak aman. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya