Layanan Keuangan Digital OVO Semakin Lengkap, Tapi Literasi Finansial Pengguna Belum Merata

Selasa, 30 November 2021 | 17:11

Pata pembicara Literasi Finansial OVO

HAI-Online.com - Sebagai platform pembayaran, rewards, dan layanan keuangan digital terkemuka di Indonesia, OVO selama 4 tahun berjalan terus mendorong percepatan transaksi digital lewat layanan keuangan yang terlengkap.

Hal ini sejalan dengan catatan Bank Indonesia (BI) pada Januari 2021, dimana nilai transaksi penggunaan uang elektronik mencapai Rp 20,7 triliun alias jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 30,7 persen.

Angka tersebut juga mengindikasikan bahwa uang elektronik saat ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Namun, minat masyarakat yang tinggi itu belum berbanding lurus nih dengan literasi keuangan masyarakat di Indonesia.

Jika berbasis dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), baru 38 persen masyarakat kita yang paham mengenailembaga dan produk keuangan. Artinya belum merata. Padahal, literasi keuangan merupakan hal penting dalam kemajuan ekonomi Negara.

Baca Juga: Allianz Indonesia Ajak Kaum Muda Melek Literasi Keuangan di FinExpo BIK 2021

Menyadari tantangan dalam hal literasi dan inklusi keuangan yang ada di Indonesia, OVO berkomitmen untuk menjadi peranan sentral dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan melalui akselerasi transformasi digital di Indonesia.

"Kami terus mengembangkan bisnis tidak hanya sebagai platform pembayaran digital saja, tetapi kini juga memperluas proposisi untuk menyediakan rangkaian layanan keuangan terlengkap, seperti investasi, proteksi dan pinjaman," jelas Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO.

Menurutnya, upaya tersebut akan melengkapi setiap kebutuhan masyarakat Indonesia dalam beetransaksi digital.

Hadirnya transformasi pembayaran digital OVO juga menjadi penghubung layanan keuangan lainnya baik secara online maupun offline lewat kolaborasi dengan berbagai pihak.

Hal ini pula yang menjadikan OVO sebagai platform pembayaran digital yang paling populer, dimana OVO berhasil ‘memikat hati’ 9 dari 10 masyarakat Indonesia, dimana angka tersebut keluar dari 71 persen pengguna aktif yang kini tersebar lebih dari 430 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Adaptasi Kondisi Pandemi, Kampus Prasetiya Mulya Hadirkan Prodi S1 Financial Technology

Selain itu, OVO memiliki lebih dari 1,2 juta merchant QRIS, yang didominasi oleh sektor UMKM mulai dari warung, kedai, pedagang kaki lima, hingga usaha-usaha yang sudah ternama.

Pencapaian yang diraih OVO sejalan dengan dampak/efek ganda positif yang dihadirkan oleh OVO tidak hanya bagi para pengguna, tetapi juga bagi merchant yang bergabung.

Berbagai proses dan upaya OVO dalam mengakselerasi transformasi digital di segala lapisan, baik masyarakat, UMKM dan mitra, menciptakan siklus pertumbuhan yang positif, seperti contohnya sebanyak 70 persen pelaku UMKM mengalami peningkatan transaksi harian dengan rata-rata peningkatan transaksi sebesar 30 persen.

Rata-rata pendapatan per bulan pun meningkat 27 persen bagi 68 persen responden yang mengalami peningkatan pendapatan bulanan setelah bergabung dengan OVO.

“Kami percaya semua dampak positif yang dihasilkan oleh OVO melalui akselerasi transformasi pembayaran digital di Indonesia ini dapat membantu peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia serta mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Bisnis Jualan dan Belanja di JakCloth Bisa Untung Lho, Secara Kemenparekraf Beri Subsidi Brand Sampai Rp 50 juta!

"Melalui semangat kolaborasi OVO dengan merchant, mitra, dan pemangku kepentingan, OVO menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia untuk setiap kemudahan, keamanan dan kenyamanan bertransaksi digital, tidak perlu lagi untuk berpindah-pindah aplikasi,” lanjut Karaniya.

Saat ini layanan dan ekosistem OVO terus berkembang lebih luas dengan menggandeng berbagai mitra yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga ke pelosok nusantara.

Yang terbaru OVO menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia, Lotte Mart, dan Mitra Bukalapak agar bisa melakukan isi ulang saldo (top up) secara offline di berbagai gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

OVO juga menyediakan OVO | Invest, layanan investasi hasil kerjasama dengan berbagai mitra ternama, seperti Bareksa, Manulife Aset Manajemen Indonesia, Syailendra dan Bahana TCW Investment Management, yang tersedia pada aplikasi OVO dan memberikan beberapa pilihan produk reksa dana berbasis konvensional maupun syariah.

Kemudian ada juga OVO | Proteksi yang telah dikategorikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat mulai dari asuransi kesehatan hingga kendaraan.

Soal lengkapnya layanan di OVO ini, Annisa Steviani, selaku Certified Financial Planner, mengatakan sebaiknya pengguna tidak hanya memggunakan satu layanan digital dalam transaksinya melainkan mencoba juga hal baru untuk kemajuan finansialnya.

Ia berpandangan bahwa selain perusahaan tekfin, masyarakat tentu sangat berperan dalam meningkatkan literasi keuangan dan transformasi digital untuk mendorong dan memulihkan perekonomian diri dan negara.

Menurut Annisa, masyarakat perlu diberikan edukasi mengenai literasi keuangan sehingga transformasi digital bisa dilakukan secara maksimal.

Baca Juga: Survei OVO: 43 Persen Orang Habiskan THR di Bulan yang Sama, Untuk Apa?

“Beberapa tips yang bisa dilakukan agar lebih memahami literasi keuangan diantaranya adalah masyarakat perlu mengetahui keamanan transaksi yang akan dilakukan. Selain itu, masyarakat juga perlu mengetahui kemudahan serta manfaat dari pengelolaan uang di era digital," ujarnya.

Kemudian, Annisa melanjutkan juga masyarakat perlu tahu informasi tentang produk apa yang akan diambil seperti contohnya kehalalan produk tersebut.

"Yang terakhir, masyarakat perlu open minded untuk menerima budaya atau pemahaman baru yang mencakup keamanannya, kemudahan dalam transaksi digital, serta pengetahuan mengenai layanan keuangan yang ditawarkan seperti kehalalan produk investasi dan asuransi. Tentunya ini perlu dilakukan secara terus menerus melalui kolaborasi berbagai pihak dan pemangku kepentingan,” tutup Annisa. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya