5 Alasan Kucing Suka Gigitin Pemiliknya, Salah Satunya Ngajak Main!

Jumat, 19 November 2021 | 20:01
world life expectancy

ras kucing dragon li

HAI-Online.com – Meskipun kelihatan innocent dan menggemaskan sebagai peliharaan, kucing bisa menggigit siapa pun yang ada di dekatnya, termasuk pemiliknya sendiri.

Namun tahu nggak sih bahwa gigitan kucing punya makna yang berbeda-beda? Bisa aja saat menggigit, si kucing sedang pengen diajak main. Di sisi lain, kucing yang suka menggigit bisa aja sedang mengalami sakit.

Biar lebih jelas, simak nih 5 arti di balik kucing yang suka menggigit pemiliknya, melansir channel YouTube X SCIENCE.

1.Ngajak main

Saat lagi ingin bermain, kucing akan menjadi sangat aktif. Alhasil, kucing sering mengungkapkan ekspresinya ke lo buat ngajak main bareng.

Dengan mengajak bermain, secara otomatis lo akan memberikan perhatian kepadanya. Karena kucing nggak bisa menyampaikan ajakan untuk bermain, si anabul mengungkapkannya dengan cara menggigit.

Nggak cuma itu, kucing yang mengajak pemiliknya bermain juga bisa mengungkapkan ekspresinya dengan cara berguling-guling, menggosokkan kepalanya ke kakimu, dan menjilat bagian tubuh lo.

Baca Juga: Lebih Susah Dilatih daripada Anjing, Ini 4 Cara yang Bisa Dicoba biar Kucing Kalian Nurut

2. Baru tumbuh gigi

Serupa dengan anak anjing, anak kucing juga mengalami masa tumbuh gigi yang terjadi pada usia muda. Gigi kucing akan mulai muncul pada usia 10 minggu dan mengalami masa pertumbuhan hingga usia enam bulan.

Saat pertumbuhan gigi anak kucing tengah berlangsung, mereka ingin menguji giginya pada segala hal apa pun yang bisa digigit, termasuk anggota tubuh pemiliknya.

Jika anak kucing nggak memiliki induk atau saudara kandung yang menemaninya, dia akan lebih liar dalam menggigit objek yang bisa digigit.

3. Lagi nggak sehat

Saat merasakan adanya gangguan kesehatan, beberapa kucing akan berisik dan kesakitan. Perilaku ini biasanya sering terjadi pada kucing yang sudah tua.

Saat sedang sakit, hewan, termasuk kucing, cenderung bersikap defensif atau mempertahankan dirinya dari gangguan apa pun.

Ketika ingin mendekati atau menyentuhnya, lo mungkin akan memperhatikan jika kucing selalu mencoba untuk menggigit. Hal ini karena ada bagian dari tubuhnya yang mungkin mengalami gangguan kesehatan.

Untuk memastikan kesehatan kucing, segera bawa kucing lo ke dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: 4 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Tempat Gelap, Salah Satunya karena Stres

4. Ketakutan

Beberapa kucing mempunyai sifat yang sedikit pemarah saat sedang nggak ingin diganggu atau me time. Terkadang, kucing yang mempunyai sifat seperti ini akan memberitahumu kapan waktunya berhenti untuk berinteraksi dengannya.

Beberapa kucing mungkin menyukai perhatian yang berlebihan, tapi ingat bahwa nggak semua kucing dapat disentuh setiap saat.

Saat kucing sedang merasa takut dan tiba-tiba lo menyentuhnya, dia bisa saja menggigitmu sebagai bentuk pertahanan dirinya.

5. Lagi happy

Beberapa kucing akan menggigit sesuatu karena mereka ingin mengungkapkan perasaannya. Kucing mungkin bakal melihat lo sebagai teman yang suka mengajaknya bermain setiap saat.

Selain menggigit, terkadang anak kucing juga kerap menjilat bagian tubuh pemiliknya yang berada di dekatnya. So, gigitan dan jilatan ini biasanya merupakan ungkapan rasa bahagia dan kasih sayang kucing kepada pemiliknya.Wah, makin gemes deh sama si sobat bulu yang satu ini.

(*)

Baca Juga: UI Gelar Ospek Virtual, Kucing Kampus Juga Diajak Jadi Panitia

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya