Inilah Arti dari Lagu 'IPS' yang Jadi Trek Pembuka Album 'Terbaik Terbaik' Dewa 19

Jumat, 19 November 2021 | 20:00
YouTube/ Aquarius Musikindo

Dewa 19 - Kangen

HAI-Online.com – Terbaik Terbaik menjadi album yang membawa Dewa 19 ke arah musik baru saat itu. Album yang dirilis pada tahun 1995 ini seolah menjembatani perubahan selera bermusik band asal Surabaya tersebut dari dari pop rock ke alternatif.

Hasilnya, warna musik di album yang berisi 11 trek ini sendiri cukup beragam, mulai dari jazz, pop rock, funk, hingga ballad. Single utamanya saat itu, ‘Cukup Siti Nurbaya’ pun sukses jadi anthem song yang ikonik bahkan hingga saat ini.

Namun ada satu hal menarik pada trek pembuka album ini, yakni sebuah instrumental gitar akustik berjudul ‘IPS’ ciptaan gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan.

Menurut Andrasendiri,lagu ini sebenarnya dimasukkan ke album Terbaik Terbaik secara nggak sengaja.

“Aku sih waktu itu cuman main aja terus kalau nggak salah Dhani bilang, ‘Itu masukin aja ke album’," ungkap Andra pada Mei lalu, mengutip channel YouTube Video Legend.

Baca Juga: Sebut Teknik Drum Ini Cuma Bisa Dimainin Drummer Jago, Ahmad Dhani: Wong Aksan Bisa, Bimbim Pasti Pingsan

Cikal bakal lagu 'IPS' ini diceritakan Andra bermula saat dirinya sedang main ke rumah basis Dewa 19 saat itu, Alm. Erwin Prasetya bersama pacarnya.

Dan memang dasarnya jiwa gitaris,Andra yang saat itu melihat sebuah gitar di rumahErwin pun iseng buatgegenjrengan.

"Waktu aku main sama pacarku saat itu, Lia, main ke rumahnya Erwin terus ada gitar. Yaudah aku main-main kayak ngawur-ngawur gitu, asal-asalan tapi jadi lagu itu," beber Andra.

Namun apa sihsebenarnya arti dari singkatan 'IPS' yang mungkin jadi pertanyaan banyak orang di luar sana? 'IPS' ini nggak lain nggak bukanternyata adalah singkatan dari nama sang pacar Andra sendiri.

"IPS itu kan inisial aja. Inisial nama pacarku saat itu yang jadi istriku sekarang, Ismulia Permatasari," ungkap Andra.

Baca Juga: Berkat Andra, Ahmad Dhani Sebut Dirinya Bisa Jadi Kibordis yang Bisa Ngarang Lagu Pake Gitar

Tanpadiduga, keisengan Andra tersebut justru berbuah satu trek yang menjadi pembuka album Terbaik Terbaik Dewa 19 meskipun awalnya ia sendiri nggak yakin.

Namun motor Dewa 19, Ahmad Dhani menganggap lagu ini cocok sebagai salah satu trek di album 'Terbaik Terbaik' sehingga dimasukkanlahinstrumental berdurasi 1:09 menit ini.

“Yaudah akhirnya dimasukin ke album itu.Jadi kayak intro buat Cukup Siti Nurbaya," pungkas Andra.

(*)

Baca Juga: Lagu 'Kirana' Ciptaan Erwin Prasetya Dijadiin Single Album 'Pandawa Lima', Lilo Sebut Ahmad Dhani Musisi Berjiwa Besar

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya