Ngerasa Berkepribadian Introvert? 8 Jurusan Kuliah Ini Mungkin Cocok buat Lo

Rabu, 10 November 2021 | 16:10
Dissolve

Baca buku itu kesenangan sebagian orang introvert

HAI-Online.com – Ada banyak aspek yang jadi pertimbangan saat seseorang memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi. Selain minat dan bakat, faktor kepribadian juga bisa memengaruhi mereka lho. Kok bisa?

Yup, sebagian orang memang lebih tertarik buat berkuliah dan bekerja di bidang yang nantinya nggak memerlukan interaksi dengan banyak orang setiap harinya. Meski nggak semuanya, hal ini biasanya berlaku buat mereka yang berkepribadian introvert.

Sebagai catatan, kepribadian introvert nggak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial ya, guys.

Introvert merupakan tipe kepribadian dengan ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri.

Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Namun, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert, yang yang justru mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang.

Untuk itu, HAI merangkum 8 jurusan kuliah yang mungkin cocok bagi lo yangcenderung punya kepribadian introvert, melansir dari lamanUniversitas123.

Yuk kita simak!

1. Teknik Informatika

Jurusan ini cocok bagi lo yang suka dalam bidang teknologi.Apalagijika lo suka mengotak-atik komputer. Jurusan ini pun nggak akan membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain karena lo akan dituntut untuk fokus terhadap pekerjaan.

Pada jurusan ini, lobakal belajar coding, membuat program, dan memperbaiki teknis lain berkaitan dengan komputer.

Selain itu, profesi dari lulusan ini sangat banyak dicari, apalagi di masa sekarang yang semakin canggih dan digital.

2. Sastra

Jurusan kedua yang banyak diambil oleh orang introvert adalah sastra. Ada banyak bidang sastra yang menarik untuk lo pilih,mulai darisastra Indonesia, sastra Inggris, sastra daerah, hingga sastra asing.

Selain itu, lulusan jurusan sastra nggak hanya bisa menjadi penulis. Akan tetapi, lo bisa menjadi novelis, penulis puisi, content writer, dan copywriter.

Selainitu, lo juga bisa menjadi penerjemah dokumen dan film jika mengambil sastra asing atau bahasa tertentu.

3. Desain Grafis

Jurusan ini nggak kalah populernya dengan jurusan sastra. Beberapa orang introvert biasanya suka menggambar. Nah, jika lo salah satunya, maka lo bisa memilih jurusan desain grafis.

lo bisa mengasah bakat dan skill agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Di jurusan ini, lo bisa belajar penguasaan program, belajar teknik, dan hal grafis.

Biasanya, orang yang bergelut di jurusan desain grafis akan banyak menghabiskan waktu secara sendiri. Mereka cenderung mampu mengekspor ide baru yang berkaitan dengan grafis.

Meski di beberapa momen, lo harus bekerja secara tim, tapi kebanyakan lo akan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dalam prosesnya.

4. Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah selanjutnya yang bisa dipilih adalah ilmu perpustakaan. Biasanya, orang introvert banyak yang mempunyai hobi membaca buku.

Jurusan ini mempunyai prospek kerja yang terus meningkat. Terlebih, saat ini segala informasi terus mengalami perkembangan. Cocok untuk lo yang pendiam tapi ingin membangun komunikasi yang baik.

Di jurusan ini, lo juga akan mengasah kemampuan dalam bidang informasi dan manajemen.

Baca Juga: Ramai Soal Magang Nggak Dibayar, Gimana Sih Sebenarnya Aturan Internship?

5. Seni

Jurusan seni bisa menjadi pilihan lain bagi lo dengan kepribadian introvert. Jurusan seni bisa berupa seni tari, seni rupa, seni musik, dan lainnya.

Biasanya, orang yang kuliah di jurusan ini membutuhkan banyak waktu dalam menghasilkan karya seni dengan menyendiri.

Namun, lo juga bisa keluar untuk mencari inspirasi. Biasanya, orang yang suka seni mempunyai imajinasi yang kuat dalam berkarya. Mereka akan fokus terhadap tujuan sesuai rancangan imajinasinya.

6. Jurusan Farmasi

Jurusan ini akan membuat lo menikmati beragam teori atau melakukan praktik di laboratorium. Di jurusan farmasi, lo bisa belajar tentang membuat dan meracik formula.

Selain itu, lo juga bisa mencampur dan melakukan kombinasi terhadap obat-obatan. Jurusan ini sangat cocok untuk lo yang suka tentang hal berbau kesehatan.

7. Akuntansi

Akuntansi termasuk jurusan yang banyak diambil oleh orang introvert. Hal ini karena akuntansi mempelajari metode menyusun transaksi keuangan.

Pembelajaran tersebut membutuhkan ketelitian dibandingkan dengan keterampilan komunikasi.

8. Sains

Di jurusan ini, lo akan banyak melakukan penelitian. nggak heran jika jurusan sains atau ilmu pengetahuan alam ini cocok untuk orang yang nggak suka banyak interaksi dengan banyak orang.

Lo bisa melakukan penelitian untuk menemukan hal baru agar bisa mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan.

Nah jadi itulah beberapa jurusan yang bisa jadi pertimbangan, yang mungkin cocok bagi lo yang berkepribadian introvert, guys. (*)

Editor : Al Sobry