4 Ide Konten Buat Introvert yang Mau Jadi Kreator, Nggak Perlu Tunjukin Wajah

Selasa, 09 November 2021 | 12:24
Dok. Shutterstock

Ilustrasi peralatan fotografi

Hai-Online.com –Kreator kontenatau content creatorsaat ini menjadi profesi yang enggak bisa lagi dipandang sebelah mata. Profesi ini semakin dibutuhkan seiring dengan meningkatnya penggunaan platform digital.

Selain bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, seorangcontent creator juga bebas mengeksplorasi beragam jenis konten dengan kreativitas yang dimiliki.

Meski stres tetap ada ketika target jumlah konten yang dibuat belum tercapai, pekerjaan yang membebaskan kreativitas cenderung lebih bikin happy.

Di dunia kerja, profesicontent creatorjuga berhasil menduduki posisi pertama sebagai pekerjaan paling diminati.

Baca Juga: Makin Gampang Vlogging, Sony Luncurkan Kamera Mirrorless ZV-E10

Dikutip dari survei Jobstreet berjudul Mengupas Tren Talent Global (2021), profesicontent creatordandigital marketingmengalami peningkatan pencarian hingga 66 persen selama pandemi Covid-19.

Meski identik dengan penggunaan kamera dan kemampuan berbicara, profesicontent creatorenggak hanya cocok dilakoni oleh paraekstrover saja.

Sebaliknya, di platform video seperti Youtube, cukup banyakcontent creatoryang sukses mendulang penggemar tanpa harus menunjukan wajah di kamera.

Baca Juga: Kesadaran Masyarakat akan Asuransi Meningkat, Allianz Indonesia Aktif Berikan Edukasi

Nah, bagi lo yang kepengin menjadicontent creatortapi enggakpedeuntuk tampil di depan kamera, berikut empat ide konten yang bisa dicoba sebagai latihan dan portofolio. Yuk, simak!

Tutorial masak

Tutorial memasakmerupakan salah satu jenis video yang banyak dicari orang, terutama bagi mereka yang baru bisa memasak. Berbeda dengan buku resep yang hanya berisikan tulisan, video tutorial masak bisa diikuti penonton dari rumah.

Dengan menonton video, penonton pun bisa tahu apakah masakan mereka sudah matang atau belum. Dengan begitu, risiko masakan gagal atau gosong pun bisa diminimalisir.

Nah, berhubung video masak lebih banyak berfokus pada tata cara memasak, lo engga perlu repot menampilkan wajah selama proses rekaman.

Lo bisa mencoba mengambil angle dari atas sehingga yang tampil di kamera hanya tangan dan proses memasak yang dilakukan. Beberapa hal yang perlu lo miliki adalah tripod yang punya kaki cukup tinggi dan kamera dengan resolusi tinggi.

Pelajari bagaimana supaya bisa merekam video dengan angle terbaik dan cara mengedit supaya konten memasak enggak terlalu panjang dan membosankan.

Instrumen musik

Kalau lo kurang terampil dalam memasak, membuat video tutorial musik bisa dipertimbangkan. Lo bisa membuat video cover lagu dengan menggunakan instrumen musik yang lo punya di rumah, misalnya organ atau gitar.

Baca Juga: Guru dan Murid Terpapar Covid-19, SMAN 3 Semarang Hentikan PTM dan Balik ke PJJ

Namun sebelum meng-cover lagu, pastikan lo sudah melakukan observasi terkait lisensi terlebih dahulu. Sebab, baik Youtube maupun Google memiliki aturan tersendiri dalam mengunggah karya orang lain. Dengan cara ini, kamu dapat terhindar dari risiko terkena copyright.

Untuk membuat video cover, lo bisa menggunakan kamera smartphone sebagai media rekaman. Arahkan kamera sejajar dengan instrumen musik dan gunakan ring lightberbentuk tripodsebagai pencahayaan tambahan.

Agar hasil rekaman terlihat lebih ciamik, lo bisa melakukan sedikit improvisasi atau kreasi pada video. Bisa dengan menambahkan footage video, memberikan efek editing, atau melakukan improvisasi pada instrumen yang digunakan.

Lakukan beberapa kali take video supaya lo bisa memilih versi mana yang paling oke untuk diunggah. Lo juga bisa investasi alat musik yang berkualitas dan kemampuan editing supaya sound yang dihasilkan enak buat didengar.

Baca Juga: Kesadaran Masyarakat akan Asuransi Meningkat, Allianz Indonesia Aktif Berikan Edukasi

Lakukan beberapa kali take video supaya lo bisa memilih versi mana yang paling oke untuk diunggah. Lo juga bisa investasi alat musik yang berkualitas dan kemampuan editing supaya sound yang dihasilkan enak buat didengar.

Video hewan peliharaan

Salah satu ide konten lainnya adalah merekam binatang atau hewan peliharaan. Selain enggak perlu memperlihatkan wajah, konten jenis ini juga memiliki banyak penggemar.

Untuk membuat konten satu ini, lo bisa merekam tingkah lucu atau mendokumentasikan kegiatan mereka sehari-hari.

Agar konten lebih bervariasi, lo juga bisa mendokumentasikan bagaimana cara memberi makan, membawa binatang peliharaan ke klinik, hingga cara melatih hewan agar bisa melakukan trik-trik lucu.

Salah satu contoh Youtuber yang sukses dengan video ini adalah Lucky Hakim Channel dengan 804 ribu subsribers dan The Golden Family dengan 2,09 juta subscribers.

Baca Juga: Inilah Lagu Pertama yang Ahmad Dhani Buat Pas SMA, Udah Bayangin Dinyanyiin Chrisye!

Video eksplorasi

Ide konten satu ini pasti cocok buat lo yang suka bereksplorasi ke berbagai tempat. Di Indonesia, salah satu konten eksplorasi yang banyak ditonton adalah eksplorasi malam hari atau eksplorasi horor.

Sementara di siang hari, konten yang banyak ditonton adalah konten eksplorasi wilayah-wilayah yang jarang didatangi, seperti hutan, rumah terlantar, atau mengunjungi lokasi wisata yang sedang hits di internet.

Jika masih kurangciamik, lo juga bisa membuat video dokumentasi yang berkaitan dengan satu tema tertentu. Misalnya membuat video eksplorasi ke wilayah pegunungan.

Lo bisa menceritakan bagaimana tahapan yang perlu dilalui sekaligus membuat dokumentasi video berisi pemandangan alam. Lo enggak perlu menampilkan muka.

Fokus aja merekam keindahan dan suasana lokasi yang dikunjungi. Jangan lupa, editing-nya mesti estetik juga supaya penontonnya enggak bosan.

Mengingat kontenoutdoormembutuhkan peralatan yang lebih lengkap, ada baiknya untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut dari jauh-jauh hari.

Untuk memaksimalkan penyimpanan, lo bisa membawaMicroSD berkapasitas besar, powerbank, dan USB jika diperlukan.

Dok. Lazada

Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari

Untuk berbelanja berbagai macam keperluan tersebut, lo bisa memesan semuanya secaraonline, salah satunya melaluiLazada. Di bulan ini,Lazadamenghadirkan Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari, yang akan berlangsung hanya 1 hari penuh di tanggal 11 November yang akan datang.

Dalam festival belanja nanti,Lazadaakan memberikan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia. Kamu bisa menikmati harga super low untuk semua barang-barang berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan.

Kamu juga bisa dapat potongan harga langsung hingga Rp 1,1 juta lewat Bonus Dadakan yang bisa dikumpulkan setiap hari di aplikasi Lazada, mulai tanggal 4 sampai 11 November.

Jelang acara puncak,Lazadajuga mengadakanLazada11.11 Super Showdi 10 November 2021. Acara tersebut disiarkan secara langsung lewat channel LazLive di aplikasi Lazada, platform media sosial Lazada seperti YouTube Live, TikTok Live, Facebook Live, dan bisa dinikmati juga di siaran tv nasional, yaitu melalui SCTV, RCTI, dan Indosiar pada pukul 19.30-23.59 WIB, dengan hadiah Grand Prize 1 unit mobil dan jutaan voucher belanja.

Untuk menikmati berbagai penawaran menarik ini, lo bisa langsung mengunjungi laman Lazada diLazadaIndonesiaatau melalui aplikasi LazadauntukIOSdanAndroid. Selamat berkreasi! (*)

Editor : Yohanes Enggar

Baca Lainnya